Connect with us

EKONOMI

Besok, Wagub Nae Soi Launching Bansos Rastra 2019

Published

on

Ilustrasi/ foto: net

Kupang, Penatimor.com – Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur (NTT), Josef Nae Soi dijadwalkan melaunching Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) 2019 di halaman Gedung DPRD Kabupaten Ngada, Jumat (22/2/2019) besok.

Kepala Bidang Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi NTT, Djoese Nai Buti kepada wartawan di Kupang, Kamis (21/2/2019).

Menurut Jose, demikian sapaan untukDjoese Nai Buti, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos rastra di Provinsi NTT tahun 2019 sebanyak 438.379 keluarga.

“Setelah launching akan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bansos rastra kepada KPM perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota, serta pelepasan armada distribusi bansos rastra,” ungkap.

Dia menjelaskan, beras sejahtera (Rastra) berbeda dengan beras miskin (Raskin). Kalau dulu untuk penerima raskin dikenakan biaya tebus, tetapi untuk rastra saat ini tidak ada biaya tebus, bahkan kualitas berasnya pun kelas medium.

“Pemerima Rastra adalah warga yang masuk dalam Basis Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial,” jelasnya.

Jose menyebutkan, perubahan aturan penerimaan rastra yang bebas uang tebusan hendaknya tidak berimplikasi pada peningkatan jumlah penerima setiap tahun. Karenanya, masyarakat di tingkat desa atau kelurahan agar bermusyawarah untuk menentukan siapa yang pantas menerima rastra tersebut.

“Dulunya, penerima harus menyerahkan uang tebusan Rp1.600/kg, sekarang sudah disebut bantuan sosial tanpa uang tebusan. Harus ada sosialisasi yang jelas dan baik di setiap desa agar tidak menimbulkan kecemburuan di antara masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan itu, Jose menambahkan, prestasi rastra adalah terjadinya penurunan penerima dari waktu ke waktu, bukan karena tepat waktu dalam penyalurannya. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Bazar Ramadhan Kejati NTT, 3,5 Ton Beras dan Aneka Kebutuhan Pokok Ludes Terjual

Published

on

Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi NTT, Riono Budisantoso.
Continue Reading

EKONOMI

Gandeng Bulog dan Pegadaian, IAD NTT Gelar Bazar Ramadhan, Sediakan Sembako Murah

Published

on

Plt. Kajati NTT Riono Budisantoso, SH.,MA., bersama Ketua IAD Wilayah NTT Ny. Wolse Riono Budi Santoso, saat membuka kegiatan Bazar Ramadhan 2024 di halaman kantor Kejati NTT, Selasa (265/3/2024) siang.
Continue Reading

EKONOMI

Bank NTT Raih Dua Penghargaan Bergengsi dalam TOP BUMD Awards 2024, Dirut Alex Raih TOP CEO

Published

on

Acara puncak penyerahan penghargaan TOP BUMD Awards 2024 di Jakarta, Rabu (20/3/2024).
Continue Reading