Connect with us

EKONOMI

Pemkot Kupang Jalin Kerja Sama dengan PT. Taspen Life

Published

on

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menandatangani kerja sama dengan PT. Taspen Life yang diwakili Direktur Operasi, Indra, di Ruang Garuda, Balai Kota Kupang, Selasa (16/10).

Kupang, penatimor.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT. Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life).

Penandatanganan kerja sama tersebut berlangsung di Aula Garuda Lantai 2 Kantor Wali Kota Kupang, Selasa (16/10).

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore, mengatakan, penandatanganan kerja sama ini sangat baik untuk kesejahteraan masyarakat Kota Kupang, dan suatu peluang bagaimana ASN bisa menyadari kelanjutan kesejahteraan di kemudian hari.

Dia meminta pihak Taspen Life untuk bisa memberikan penjelasan melalui sosialisasi, agar para ASN bisa memahami tujuan dari Taspen Life dan mengerti apa yang harus dibuat, karena ini perlu dikembangkan.

“Kita ingin membantu saudara-saudara, terutama bagi tenaga PTT yang ingin mendapat jaminan hidup. Berdasarkan peraturan Permen menggarisbawahi usia 35 tahun untuk mengikuti CPNS dan lebih dari 35 tahun tidak bisa ikut tes lagi. Oleh karena itu, tenaga PTT di-save dan dibantu. Kita ingin dapat gambaran berapa yang harus di-save, berapa lama tahun dan bulannya. Agar tenaga PTT harus ikut, untuk mendapat keuntungan,” kata Jefri.

Orang nomor satu di Pemkot Kupang itu, mengatakan, ada tenaga PTT yang bekerja 10 sampai 20 tahun, tapi belum memiliki pegangan hidup di kemudian hari.

Oleh karena itu Pemkot Kupang siap membantu tambahan penghasilan, tapi dibayarkan kepada Taspen Life.

“Kita sangat senang membantu mereka, termasuk penghasilannya rendah, ikut Taspen Life. Kalau mampu jelaskan secara baik maka saya yakin para ASN bisa ikut. Khusus yang PTT setelah pensiun bisa hidup dari sini,” ujarnya.

Wali Kota melanjutkan, Taspen Life merupakan suatu terobosan luar biasa yang otomatis membayar jika ada kecelakaan dan lainnya, karena sudah ada data yang jelas.

“Sekarang dunia globalisasi sudah semakin maju, kalau tidak membuat kreatifitas, kita akan tertinggal, termasuk membantu ASN,” katanya.

Sementara itu, Direktur Operasi PT. Taspen Life, Indra, mengatakan, penandatangan perjanjian kerja sama terkait keinginan Pemkot Kupang untuk memberikan peningkatan kesejahteraan bagi ASN di lingkup Pemkot Kupang, melalui kesadaran berasuransi.

“Kita tahu bahwa asuransi itu adalah suatu usaha dari seseorang untuk menghindari risiko karena kecelakaan, hilangnya pekerjaan atau memasuki masa pensiun. Ini cukup bagus. Apalagi saat kita dengarkan kata pak Wali untuk mengikutsertakan ASN, termasuk juga keinginan pak Wali agar Taspen Life juga meng-cover tenaga PTT. Sebagaimana UU ASN Nomor 5 tahun 2015, tenaga PTT merupakan salah satu bagian dari ASN, namun agak berbeda dengan ASN yang mendapat full fasilitas kesejahteraan, sedangkan PTT untuk masa tua tidak di-cover oleh negara,” jelas dia.

Indra melanjutkan, di beberapa daerah, ada yang peduli dengan tenaga PTT melakukan usaha mandiri dengan cara mengikutkan tenaga PTT di dalam program asuransi jiwa, termasuk PT. Taspen Life.

Dia menjelaskan, Taspen Life memberikan jaminan pada layanan dimana peserta tidak perlu mengajukan permohonan tapi berdasarkan database, Taspen Life akan secara otomatis membayarkan klaim untuk pensiun normal.

Tapi jika peserta mengalami kejadian, maka pihak Taspen Life akan mengembangkan layanan terintegrasi terpadu dengan PT. Taspen (Persero).

Peserta bisa mengajukan klaim melalui PT. Taspen (Persero) dan secara otomatis bisa mendapatkan hak dari Taspen (Persero) dan Taspen Life.

Kelebihan Taspen Life, lanjut Indra, dari kemudahan layanan dan keterbukaan informasi. Dimana peserta melalui aplikasi my taspen life dengan android, sudah bisa melihat saldo setiap harinya.

“ASN kapan saja bisa melihat. ASN bisa top up saldo sewaktu-waktu dari M-Banking atau internet banking. Uniknya lagi Taspen Life satu-satunya asuransi jiwa yang sudah terintegrasi datanya dengan data kependudukan,” imbuhnya.

Ditambahkan, PT. Taspen Life semacam bayi raksasa yang peminatnya tidak hanya BUMN tapi juga perusahaan-perusahaan swasta. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Langkah Strategis Yohanis Praing untuk Percepatan Modal Inti Bank NTT

Published

on

Plt. Dirut Bank NTT, Yohanis Landu Praing saat rapat konsinyering pada tanggal 20-21 Mei 2024 di Jakarta.
Continue Reading

EKONOMI

J&D Production Raih Penghargaan EO Terlengkap di KADIN NTT Awards 2024

Published

on

KADIN NTT AWARD. Kepala OJK NTT Japarman Manalu yang didampingi Ketua KADIN NTT Bobby Lianto dan Ketua HIPMI Kota Kupang Yusak Viktor Benu, menyerahkan KADIN NTT Award 2024 kepada CEO J&D Production Jack Kalla di Hotel Harper Kupang pada Selasa (21/5/2024) malam.
Continue Reading

EKONOMI

Jejak Emas Fransisco Bessi: 12 Tahun Mengawal Keadilan dan Dunia Usaha, Terima Kadin NTT Award 2024

Published

on

KADIN NTT AWARD. Ketua Kadin NTT, Bobby Lianto menyerahkan Kadin NTT Award 2024 kepada Fransisco Bernando Bessi pada malam penganugerahan di Hotel Harper Kupang, Selasa (21/5/2024).
Continue Reading