Connect with us

LIFESTYLE & KESEHATAN

Sejuta Kasih dalam Puncak HUT Ke-73 IDI di Kupang

Published

on

Suasana bakti kesehatan oleh IDI Cabang Kupang di Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang pada Minggu, 22 Oktober 2023.

KUPANG, PENATIMOR – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-73 dengan penuh semangat dan dedikasi. IDI Cabang Kupang juga merayakan puncak perayaan ini dengan sebuah acara bakti kesehatan yang menghadirkan cahaya kehidupan bagi ratusan warga di Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Gelaran bakti kesehatan ini meliputi penyuluhan kesehatan serta pelayanan medis gratis, yang dilangsungkan di gereja GMIT Haumeni Nisum, Desa Oemasi, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang. Acara yang diadakan setelah ibadah Minggu ini dibuka oleh Ketua IDI Cabang Kupang, dr. Widhitomo, Sp.B, KBD.

Ketua IDI Cabang Kota Kupang menyebutkan bahwa pelayanan kesehatan dan konsultasi yang diberikan kepada warga di Kecamatan Nekamese merupakan momen puncak dalam perayaan HUT ke-73 IDI tahun 2023. Dia berharap layanan bakti kesehatan yang disediakan oleh IDI dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga.

“Sesuai dengan ilmu dan profesi, kami para dokter, bertekad untuk menerapkan ilmu kami demi kesejahteraan masyarakat. Dengan layanan kesehatan ini, kami berharap dapat membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan mereka,” ujar dr. Widhitomo.

Dokter Edwin Tambunan, SpFM., yang mewakili ketua panitia bakti kesehatan IDI Cabang Kupang, dr. Elisabeth K. Liga, SpOG, M.Kes., menyampaikan bahwa sebelumnya IDI Cabang Kupang telah mengadakan berbagai kegiatan seperti pertandingan futsal, badminton, tenis meja, dan mobile legend. Namun, acara hari ini adalah bentuk kepedulian dan kebaikan hati para dokter dalam peringatan HUT IDI ke-73.

Selama acara pelayanan kesehatan ini, tenaga medis menyiapkan obat dan vitamin, serta memberikan konsultasi kesehatan secara gratis. Warga yang memerlukan perawatan kesehatan juga diberikan obat secara gratis, sementara mereka yang tidak memiliki keluhan kesehatan mendapatkan suplemen vitamin.

Selain layanan kesehatan dan konsultasi gratis, tim IDI Cabang Kupang juga menyelenggarakan ceramah tentang gizi dan pertumbuhan anak. Dalam penyuluhan ini, dokter Salmayati, yang juga seorang ahli gizi klinik dari RSUD Prof. Dr. WZ Yohanes Kupang, menjelaskan mengenai stunting dan upaya pencegahannya, termasuk pentingnya asupan makanan bagi ibu hamil dan menyusui serta balita.

Camat Nekamese, Yermi Absalom, yang turut hadir dalam pelayanan kesehatan ini, menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas pelayanan yang diberikan oleh IDI Cabang Kupang kepada warga Kecamatan Nekamese.

“Kegiatan ini sangat positif karena masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik. Ini adalah berkat Tuhan melalui IDI bagi warga di tempat ini,” ujarnya.

Ketua majelis GMIT Haumeni Nisum, Pdt. Dessy Pandie-Kay, menyatakan bahwa pelayanan kesehatan dari IDI Kupang adalah bagian dari rencana Tuhan. Ia tidak pernah menyangka bahwa dalam rangka HUT IDI, akan ada pengobatan gratis bagi warga di Kecamatan Nekamese. Ia mengajak seluruh jemaat dan warga sekitar untuk memanfaatkan kesempatan langka ini dengan baik karena itu adalah karunia yang sangat berharga.

Pdt. Dessy juga mengungkapkan bahwa layanan dokter spesialis biasanya sangat mahal, tetapi layanan kesehatan gratis ini adalah tanda Tuhan yang membantu warga melalui IDI Kupang, sehingga warga dapat menerima perawatan secara gratis.

“Bukannya kami dapat membalas semua ini, tapi kami hanya memiliki doa, mendoakan agar pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh IDI Cabang Kupang memberkati jemaat, tetangga, dan warga sekitar, serta para dokter yang memberikan diri mereka untuk melakukan pelayanan ini dengan lindungan dari Yang Maha Kuasa,” ujar Pdt. Dessy.

Pelayanan kesehatan gratis dari IDI mencakup berbagai jenis spesialis, termasuk dokter umum, dokter spesialis kandungan, dokter bedah, dokter mata, dan berbagai spesialis lainnya. Untuk menjaga ketertiban dan kelancaran pelayanan, sistem kupon digunakan untuk membagi layanan sesuai dengan keluhan masing-masing warga. Warga yang menerima kupon juga mendapatkan hadiah dari IDI Kupang sebagai bentuk apresiasi.

Banyak warga yang antusias menyambut layanan kesehatan ini, dan mereka merasakan manfaatnya. Sebagai contoh, Elfitnes Muskanan, seorang warga yang menderita stroke ringan, merasa terbantu dengan layanan kesehatan ini.

“Saya telah lama menderita stroke dan selama ini hanya dirawat di rumah. Saya bersyukur karena ada dokter ahli yang memberikan konsultasi dan obat. Dokter juga melakukan pemeriksaan dengan sangat baik,” kata Elfitnes, yang datang dengan istrinya.

Selama beberapa tahun terakhir, Elfitnes harus menggunakan alat bantu untuk berjalan, dan kini ia mendapatkan perawatan yang dibutuhkannya.

Sifrak Bani, seorang mahasiswi semester III Undarma berusia 21 tahun, memeriksakan kesehatannya karena ada benjolan di bagian belakang. Benjolan ini sudah muncul sejak ia berusia dua bulan, dan saat memasuki SMP, benjolan tersebut sering sakit. Karena alasan finansial, ia dan orang tuanya belum bisa memeriksakan kesehatannya secara intensif.

Namun, kesempatan layanan kesehatan gratis dari IDI Cabang Kupang memberikan Sifrak kesempatan untuk memeriksakan kesehatannya. Dokter spesialis merekomendasikan agar Sifrak melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait benjolan tersebut.

“Saya mendapatkan obat dan diminta untuk pemeriksaan lebih lanjut. Saya merasa bersyukur karena ada kesempatan ini sehingga saya bisa mendapatkan informasi tentang keluhan yang selama ini saya rasakan,” ujarnya.

Perayaan HUT ke-73 IDI Cabang Kupang ini adalah bukti nyata dari cinta dan dedikasi para dokter untuk melayani masyarakat. Semoga aksi baik ini dapat terus memberikan manfaat bagi warga di seluruh wilayah. (bet)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LIFESTYLE & KESEHATAN

Pemkab Lembata Wajibkan Tes HIV/AIDS bagi Seluruh ASN

Published

on

Ilustrasi (net)
Continue Reading

EKONOMI

Racik Kopi Bersama Barista Penyandang Disabilitas: Kunjungan Alam Ganjar Menyemarakkan Kafe Inklusif di Kupang

Published

on

Muhammad Zinedine Alam mengunjungi Kafe Kopi SAa yang dikenal mempekerjakan pegawai disabilitas di Kupang.
Continue Reading

LIFESTYLE & KESEHATAN

Camping Tak Terlupakan Bersama Dojang ATC Kupang

Published

on

Para pelatih dan anggota Dojang Adhyaksa Taekwondo Club (ATC) saat melakukan camping di wilayah Sikumana, Kupang, beberapa waktu lalu.
Continue Reading