Connect with us

KOTA KUPANG

Pertemuan Konsultasi IAD Se-NTT Diwarnai Lomba Wastra Nusantara, Ceramah Public Speaking dan Bazar

Published

on

Ketua, Wakil Ketua, para Ketua Bidang dan Anggota IAD Wilayah NTT berpose bersama saat Pertemuan Konsultasi IAD Wilayah NTT dengan IAD Daerah se-NTT di Aula Lopo Sasando, Kamis (11/5/2023).

KUPANG, PENATIMOR – Pertemuan Konsultasi Ikatan Adhyaksa Dharma Karini (IAD) Wilayah NTT dengan IAD Daerah se-NTT berlangsung meriah dan sarat dengan nuansa budaya.

Suasana di Aula Lopo Sasando, Lantai 2 Kantor Kejati NTT, sejak pagi hingga sore, ramai dengan aneka kegiatan yang dilakukan keluarga besar IAD.

Kegiatan yang dibuka oleh Kajati NTT Hutama Wisnu, SH.,MH., selaku Pengawas IAD Wilayah NTT ini, merupakan pertemuan konsultasi periode pertama di tahun 2023, setelah tiga tahun kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan akibat pandemi Covid-19.

Sejak pembukaan kegiatan, sudah ditampilkan tari-tarian saat Kajati selaku Pengawas IAD Wilayah NTT memasuki ruang acara.

Kajati juga kemudian berkesempatan meninjau bazar yang digelar IAD. Dia didampingi oleh Wakajati, unsur pimpinan utama Kejati NTT, dan para Pengawas IAD Daerah.

Ketua IAD Wilayah NTT Ny. Rofiqoh Hutama Wisnu, juga berkesempatan memberikan pengarahan, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi koordinasi, konsultasi, dan tanya jawab.

Adapula ceramah tentang public speaking dengan narasumber I Gusti Ayu Rini Pietriani S.Sos., MI.Kom., selaku pakar komunikasi publik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Kegiatan pertemuan konsultasi pun ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama narasumber.

Pada momentum ini juga digelar lomba fashion Wastra Nusantara dengan mengusung tema “Kartini NTT”, dan juga lomba spontanitas yaitu menebak judul lagu nasional dengan mendengarkan sebagian nada lagu.

Termasuk parade Wastra Nusantara oleh Ketua, Wakil Ketua, para Ketua Bidang IAD Wilayah NTT, serta para Ketua IAD Daerah se-NTT.

 

Kegiatan lomba ini ditutup dengan pengumuman pemenang, penyerahan hadiah lomba dan cinderamata, foto bersama juri, serta salam jabat sekaligus penukaran doorprize.

Kajati NTT Hutama Wisnu selaku Pengawas IAD Wilayah NTT, dalam sambutannya, mengungkapkan rasa bangganya akan soliditas dan kekompakan semua peserta yang hadir dari seluruh IAD se-wilayah NTT.

Pertemuan Konsultasi IAD se-NTT menurut Kajati, selain sebagai ajang silaturahmi dan wadah koordinasi untuk kemajuan organisasi, juga membawa manfaat bagi semua peserta, lewat aneka kegiatan yang menambah wawasan dan pengetahuan anggota.

“Ada ceramah public speaking, dan seluruh pengawas IAD Daerah se- NTT juga harus ikut kegiatan ini,” kata Kajati.

Orang nomor satu korps Adhyaksa di NTT ini juga mendukung kegiatan ini, dalam upaya peningkatan pengembangan muatan lokal, salah satunya yaitu Lomba Wastra Nusantara dan Bazar yang di dalamnya juga ikut menjual hasil dari UMKM binaan IAD Daerah se- NTT guna menekan lajunya inflasi di NTT.

Sebelumnya, Ketua IAD Wilayah NTT Ny. Rofiqoh Hutama Wisnu, dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan Pertemuan Konsultasi merupakan salah satu program kerja IAD Wilayah, dan di dalam kegiatan tersebut juga sudah mencakup beberapa program kerja, yakni pelaksanaan Bazar dan Ceramah Public Speaking, sehingga secara langsung program-program kerja sudah terlaksana.

Selain itu, Ny. Rofiqoh juga menyampaikan rencana supervisi ke beberapa IAD Daerah yang mana supervisi juga merupakan program kerja IAD.

Sementara, Ketua Pertemuan Konsultasi IAD Wilayah NTT Ny. Annisya Raja, juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan koordinasi, konsultasi, dan konsolidasi untuk kemajuan organisasi antara ketua dan anggota di semua setiap tingkat kepengurusan IAD se-Wilayah NTT.

Sehingga, diharapkan akan memupuk silaturahmi dan membina anggota dalam memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan dalam berorganisasi, serta untuk dapat menambah wawasan dan
pengetahuan seluruh anggota IAD di wilayah NTT.

Ketua Panitia Ny. Melani Ridwan Angsar, melaporkan, sesuai dengan pedoman pelaksanaan pertemuan konsultasi program kerja IAD, kegiatan ini akan diisi dengan ceramah public speaking yang diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan serta kepercayaan diri anggota IAD tentang cara berkomunikasi yang baik dan tepat di depan umum, serta di lingkungan organisasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh 118 peserta yang terdiri dari Ketua IAD Daerah dan 3 orang pengurus, dan anggota perwakilan IAD Daerah se-Wilayah NTT, serta pengurus dan anggota IAD Wilayah NTT, terkhusus untuk IAD Daerah yang berada di daratan Timor membawa 5 orang anggota.

Panitia juga mengadakan kegiatan lomba peragaan busana Wastra Nusantara NTT dengan dewan juri yang diketuai oleh Shirley Manutede, dengan anggota Conny Sahetapy, dan Soraya.

Harapannya, melalui lomba ini dapat meningkatkan kecintaan dan kebanggaan akan produk kain tenun NTT sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan.

“Kami juga menyelenggarakan bazar untuk membantu memasarkan produk kerajinan khas daerah maupun makanan khas daerah dalam mendukung program kerja pembinaan dan pemberdayaan UMKM yang diikuti seluruh IAD Daerah se-wilayah Nusa Tenggara Timur,” pungkas Ny. Melani Ridwan Angsar. (bet)

Berikut ini para pemenang Lomba Wastra Nusantara

1. Ketua IAD Daerah Kota Kupang Ny. Diana Banua Purba
2. Ketua IAD Daerah TTU Ny. Neda Roberth Lambila
3. Sekretaris 1 IAD Wilayah NTT Ny. Melani Ridwan Angsar
4. Ketua IAD Daerah Ngada Ny. Yoni
5. Ketua IAD Daerah Kab. Kupang Ny. Shanti Ilham
6. Mewakili Ketua IAD Daerah Sumba Timur Ny. Dorkas Samuel Raga

Juara Favorit

1. Ketua IAD Daerah Sikka Ny. Nining Fatoni
2. Mewakili Ketua IAD Daerah Sumba Barat Ny. Inko dede Ardi
3. Ketua IAD Daerah Sabu Raijua Ny. Sisy Eko

Pemenang Lomba Spontanitas

1. Ny. Selfi Teru/IAD Daerah Sikka
2. Ny. Syalom/IAD Daerah Alor
3. Ny. Berkat/IAD Daerah TTS
4. Ny. Megawati/IAD Daerah Rote Ndao
5. Ny. Lilik Frengky/IAD Daerah Kab. Kupang
6. Ny. Sabrina Haryanto/IAD Daerah Lembata

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Diduga Terlibat Pengeroyokan, Oknum Sipir Rutan Kupang dan Rekannya Ditangkap Polisi, Terancam 5 Tahun Bui

Published

on

Tim Jatanras Polres Kupang Kota berhasil menangkap seorang oknum sipir rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Kupang dan rekannya yang diduga terlibat kasus tindak pidana pengeroyokan.
Continue Reading

HUKRIM

Pesan Penting Kajati NTT Saat Melantik 3 Kajari dan 3 Koordinator

Published

on

Pelantikan pejabat baru Kajari Sikka, Kajari Belu, dan Kajari TTU di Aula Lopo Sasando Kejati NTT pada Kamis (20/6/2024) pagi.
Continue Reading

KOTA KUPANG

Ribuan Atlet Siap Berlaga di Kejati NTT Taekwondo Open Tournament 2, Ada 120 Atlet Timor Leste

Published

on

Dudy Hasmin Baranuri, S.E.
Continue Reading