Connect with us

HUKRIM

Berpusat di GMIT Paulus Kupang, Kapolda Salurkan Ratusan Paket Sembako dan Makanan Siap Saji

Published

on

Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif menyerahkan paket bantuan sembako kepada Sekretaris Majelis Jemaat GMIT Paulus Kupang, Herry Mesakh.

KUPANG, PENATIMOR – Pembagian bantuan sosial berupa sembako dan makanan siap saji sudah menjadi komitmen Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH.,M.Hum., sejak beberapa waktu lalu.

Pekan ini, Polda NTT dan jajaran serta Polres Kupang Kota kembali menggelar kegiatan Polri berbagi kasih kepada warga masyarakat di Kota Kupang dan sekitarnya.

Ada 500 paket sembako dan makanan siap saji yang disiapkan Polda NTT dan Polres Kupang Kota dan didistribusikan kepada warga masyarakat.

Pembagian bansos pada Kamis (5/8/2021) tidak lagi dipusatkan di Polda NTT namun ke rumah ibadah. Pekan ini mengambil lokasi di halaman gedung gereja GMIT Paulus Kelurahan Naikoten I Kota Kupang.

Kapolda NTT didampingi Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P. Tarung Binti, SIK., mendistribusikan paket sembako dan makanan kepada warga terdampak pandemi seperti tukang ojek, petugas pemulasaran jenazah, petugas kebersihan dan pedagang kecil.

Sistem pembagian pun tidak lagi terpusat, namun mobil operasional dari Polsek Kelapa Lima, Oebobo, Alak dan Maulafa serta Polres Kupang Kota diterjunkan mengangkut bantuan sosial dari Gereja Paulus Naikoten I ke kelompok sasaran.
Petugas kepolisian kemudian menyebar ke berbagai kelompok masyarakat membagikan Sembako dan makanan siap saji.

Sebagian makanan pun disiapkan mobil dapur umum Satuan Brimob Polda NTT dan sebagian makanan lagi disiapkan sejumlah warung yang diborong Kapolda NTT.

Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH., M.Hum., mengakui kalau pihaknya sudah menjadikan kegiatan Polri peduli kasih ini sebagai kegiatan rutin yang dilakukan setiap dua minggu.

“KIta distribusikan makanan dan sembako kepada warga masyarakat yang sangat membutuhkan dan berdampak dari penyebaran virus covid 19 ini,” ujar jenderal polisi bintang dua ini.

Selain bantuan sosial juga diikuti dengan pelayanan kesehatan gratis dengan lokasi berpindah-pindah.

“Hari ini pelayanannya dari gereja, dua minggu lagi akan kita lakukan di masjid, pura dan gereja Katolik dengan sasaran kelompok masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” tambah Kapolda NTT.

Polri juga menggandeng TNI dalam menyalurkan bantuan sosial sembako dan makanan siap saji ini.

“Ini merupakan aksi nyata yang kita lakukan. Sekecil apapun sumber daya yang ada maka kita manfaatkan guna membantu masyarakat,” tandas Kapolda NTT.
Bakti sosial ini merupakan arahan Kapolri sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat.

“Kita peduli kepada sesama dengan aksi nyata yang tepat sasaran. Kita menyasar kelompok masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” ujar Kapolda NTT.

Kapolda berharap apa yang disumbangkan dan didistribusikan oleh Polda NTT bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Wujud kepedulian kami kepada masyarakat,” tambah Kapolda NTT.

Kapolda NTT mengajak pihak lain yang peduli baik kalangan pengusaha atau pihak yang berkecukupan agar bisa melakukan gerakan yang sama membantu warga yang membutuhkan.
Wakil Ketua Majelis GMIT Paulus Naikoten I, Kota Kupang, pendeta Bobby Mengi, STh menyampaikan apresiasi dan salut dengan tindakan sosial Polda NTT dan Polres Kupang Kota.

“Ini menjadi gerakan masif untuk membantu sesama. Terima kasih bapak Kapolda NTT dan jajaran serta Kapolres Kupang Kota karena sudah berbagi kepada masyarakat yang tepat,” ujarnya.

Bakti sosial Polri ini juga diakuinya mengandung pesan dan ajakan agar semua pihak terus berbuat baik.

“Hanya orang yang memiliki keberanian yang bisa memberikan pelayanan kepada sesamanya,” tambah pendeta Bobby Mengi.

Ia menilai kalau tindakan yang dilakukan Kapolda NTT dan Kapolres Kupang Kota memberi spirit baru karena dalam keadaan seperti ini, Polri terus berbagi.

Selain itu, tokoh agama ini juga mendukung penuh langkah sosial yang dilakukan Polda NTT apalagi dibagikan kepada tim pemulasaran jenazah, petugas dinas kebersihan dan pedagang kecil serta tukang ojek.

Sementara itu sejak pagi hari, mobil dapur umum Satuan Brimob Polda NTT dikoordinir Iptu Marsel yang juga Kasi Logistik Satuan Brimob Polda NTT sudah menyiapkan ratusan kotak makanan yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Ada lima anggota Brimob dipimpin Bripka Jeny Tangkere yang mengolah makanan dan diisi dalam kotak kemudian dibagikan. Selain itu,mobil dapur umum ini juga menyiapkan minuman siap saji yang merupakan water treatment berkapasitas 100 liter.

Ratusan kotak makanan lain di pesan Kapolda NTT melalui Direktur Reskrimsus Polda NTT, Kombes Pol Johannes Bangun dari sejumlah warung makan di Kota Kupang kemudian dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Sementara sembako disiapkan Polda NTT dan Kapolres Kupang Kota dan dibagikan kepada warga di berbagai kelurahan di Kota Kupang.

Marthina (35), ibu rumah tangga yang sehari-hari merupakan petugas kebersihan di Kota Kupang mengaku sangat terbantu dengan sembako dan makanan dari Polda NTT.

“Sangat membantu bagi keluarga saya dan anak-anak. Selain dapat sembako, saya dan keluarga juga dapat makanan gratis,” ujar Marthina yang sudah beberapa tahun direkrut DInas Kebersihan Kota Kupang menjadi petugas kebersihan di Kota Kupang.

Ia berharap bantuan ini juga terus dilakukan pihak lain dengan sasaran kepada warga yang benar-benar kurang mampu dan terkena dampak dari pandemi covid 19 maupun pemberlakuan PPKM.

Dua pekan kedepan, kegiatan yang sama akan dilakukan lagi di masjid dengan kelompok sasaran yang berbeda dan di lokasi yang berbeda pula. (ima)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Diduga Terlibat Pengeroyokan, Oknum Sipir Rutan Kupang dan Rekannya Ditangkap Polisi, Terancam 5 Tahun Bui

Published

on

Tim Jatanras Polres Kupang Kota berhasil menangkap seorang oknum sipir rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Kupang dan rekannya yang diduga terlibat kasus tindak pidana pengeroyokan.
Continue Reading

HUKRIM

Kajati Jateng Lantik 11 Kajari Baru, Ada 1 Putra NTT

Published

on

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jateng Ponco Hartanto melantik 11 Kajari baru di Semarang, Kamis (20/6/2024).
Continue Reading

HUKRIM

Resmi Kajari di SOLO RAYA, Roberth Lambila Komit Bawa Semangat Baru Penegakan Hukum

Published

on

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Ponco Hartanto, S.H., M.H., saat melantik Dr Roberth Jimmy Lambila, S.H., M.H., sebagai Kajari Karanganyar pada Kamis (20/6/2024).
Continue Reading