Connect with us

HUKRIM

Dua Kali Kalah di Pengadilan, Direktur BPR Christa Jaya Kupang Ajukan Kasasi

Published

on

Herry F.F. Battileo, SH.,MH.

Kupang, penatimor.com – Direktur BPR Christa Jaya Kupang Lanny M. Tadu, SE., kembali melakukan upaya hukum dengan melakukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) setelah dua kali kalah dalam perkara perdata di tingkat Pengadilan Negeri Kupang dan Pengadilan Tinggi Kupang melawan Mariantji Manafe, terkait sengketa perbankan.

Berdasarkan Relas Pemberitahuan Pernyataan Kasasi yang diterima tim kuasa hukum Mariantje Manafe tanggal 17 April 2020, menyatakan Kepaniteraan Pengadilan Negeri Kelas IA Kupang yang telah menerima Permohonan Kasasi Lanny M. Tadu, SE., atas putusan Pengadilan Tinggi Kupang Nomor: 7/PDT/2020/PT KPG pada tanggal, 26 Maret 2020.

Hal ini dikatakan oleh Herry F.F. Battileo, SH.,MH., selaku kuasa hukum Mariantji Manafe kepada media ini, Jumat (18/4/2020) petang.

Menurut Herry, keberatan pertama yang disampaikan Lanny Tadu lewat kuasa hukumnya Fransisco Bernando Bessi, SH.,MH., pada memori kasasi ke Mahkamah Agung masih mempersoalkan putusan PN Kelas IA Kupang tanggal 2 Desember 2019 Jo putusan PT Kupang tanggal 26 Februari 2020 yang belum mencerminkan keadilan sama sekali bagi Pemohon.

Untuk itu pihaknya akan segera menyiapkan kontra memori kasasi menghadapi keberatan yang diajukan pemohon tersebut.

Sebelumnya dalam amar putusan di tingkat Pengadilan Negeri Kelas IA Kupang, Direktur BPR Christa Jaya Kupang telah divonis melakukan perbuatan melawan hukum (PMH), sedangkan putusan di tingkat Pengadilan Tinggi Kupang kembali menguatkan putusan PN Kupang yang menyatakan Lanny Tadu sebagai Direktur BPR Christa Jaya Kupang telah melakukan perbuatan melawan hukum.

“Apakah “Longgar Tarik” itu diatur dalam UU Perbankan ataukah hanya merupakan kebijakan (internal) dari Direktur BPR Christa Jaya dan apakah Direktur BPR Christa Jaya Kupang terbukti melakukan perbuatan Melawan Hukum (PMH), kita lihat nanti di Mahkamah Agung,” kata Herry.

Untuk diketahui bahwa perselisihan perkara perdata antara Mariantji Manafe dan Direktur BPR Christa Jaya Kupang diawali oleh pemberlakuan kredit “Longgar Tarik” dengan transfer sejumlah dana ke rekening milik debitur Welem Dethan (alm).

Mariantji Manafe selaku ahli waris Welem Dethan (alm) diminta oleh pihak Bank Christa Jaya untuk mempertanggung jawabkan kredit tersebut.

Namun sebagai ahli waris debitur, Mariantji Manafe tidak tahu menahu tentang transfer dana tersebut karena tanpa disertai bukti akad kredit sebagai dasar hukum transaksi pencairan yang telah dilakukan pihak BPR Christa Jaya.

Sementara pihak Christa Jaya memberikan alasan bahwa transaksi itu adalah bagian dari kredit “Longgar Tarik” yang diberlakukan pihaknya.

Atas hal tersebut Direktur BPR Christa Jaya Kupang Lanny Tadu akhirnya resmi digugat perdata oleh Mariantji Manafe, melalui kuasa hukumnya dari Kantor Advokat Herry F.F. Battileo dan rekan pada tanggal, 21 September 2019.

Upaya hukum perdata yang dilakukan Mariantji Manafe itu telah membuahkan hasil kemenangan di tingkat Pengadilan Negeri Kelas IA Kupang dan ditingkat Pengadilan Tinggi Kupang.

Kini perselisihan antara ke dua belah pihak itu berlanjut lagi ke tingkat Kasasi Mahkamah Agung untuk membuktikan suatu kepastian hukum tetap (inkcraht). (*/wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Lakalantas Beruntun di Atambua: Truk TNI dan Mobil Mantan Presiden Timor Leste Tabrakan

Published

on

Para pihak bersepakat menyelesaikan persoalan ini secara kekeluargaan.
Continue Reading

HUKRIM

Kinerja Gemilang Kejati NTT Tahun 2024: Pengelolaan Anggaran Efisien, Penegakan Hukum Optimal

Published

on

Kajati Zet Tadung Allo yang didampingi oleh Wakajati NTT N. Rahmat R, S.H., M.H., beserta para pejabat utama menyampaikan capaian kerja dalam jumpa pers di Aula Lopo Sasando Kantor Kejati NTT, Senin (22/7/2024).
Continue Reading

HUKRIM

Kajati NTT Zet Tadung Allo Naik Pangkat “Bintang Dua” di Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64

Published

on

Kajati NTT Zet Tadung Allo, S.H.,M.H.
Continue Reading