Connect with us

UTAMA

NTT Paling Rentan Terjadi Karhutla

Published

on

Ilustrasi kebakaran hutan (NET)

Jakarta, penatimor.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis daerah-daerah yang paling rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam sepekan ke depan.

Dalam konferensi pers pada Rabu (31/7), Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Wisnu Widjaja memaparkan peta kemudahan terjadinya Karhutla periode 31 Juli-4 Agustus 2019.

“Wilayah dengan potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini ditinjau dari analisis parameter cuaca,” kata Wisnu.

Daerah-derah dengan kategori sangat mudah terbakar itu adalah Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, NTB, NTT, Jawa.

Dia menjelaskan bahwa selama Juli 2019, curah hujan di wilayah tersebut umumnya di bawah normal, utamanya terjadi di Indonesia bagian selatan, Sumbagsel, Kalimantan, Sulawesi Tenggara, Bali, NTT, NTB dan Jawa.

“Pada Agustus curah hujan wilayah tersebut umumnya diprakirakan kembali di bawah normal,” katanya.

Berdasarkan jumlah hotspot per provinsi hasil pemantauan satelit Terra, Aqua dan NPP, posisi Riau terjadi peningkatan tajam dalam satu bulan terakhir.

Bila pada Juni jumlahnya cuma 14 titik, di bulan Juli meningkat menjadi 104 titik hotspot. Angka akumulasi ini juga tertinggi dibanding provinsi lainnya.

Sedangkan berdasarkan rekapitulasi titik panas terbanyak sepanjang 2019, Riau juga berada di urutan teratas dengan jumlah hotspot 3.418 titik, disusul NTT (1.660), Kalbar (1.134), Kalteng (1.100) dan Kepulauan Riau (793).

Riau juga menempati luasan areal terbakar paling luas, yakni 27683.47 hektare, terpaut jauh dengan Kaltim (5753.07 ha), Kepri (4969.85 ha), Kalbar seluas (2273.97ha). (jim)

Advertisement


Loading...

HUKRIM

Istri Mantan Wali Kota Kupang Diperiksa 7 Jam di Kejati NTT

Published

on

Kepala Seksi Penyidikan Bidang Pidsus Kejati NTT, Salesius Guntur, SH., memeriksa Albertina Resdyana Ndapamerang sebagai saksi dalam perkara dugaan korupsi pengalihan aset tanah Pemkab Kupang di Jalan Veteran, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Jonas Salean Ancam Cabut Plang Penyitaan Jaksa, Segera Laporkan ke Kejagung dan Komnas HAM

Published

on

Mantan Wali Kota Kupang Jonas Salean saat menolak surat penyitaan aset tanah dari penyidik Kejati NTT, Selasa (20/2/2024) siang.
Continue Reading

HUKRIM

Jaksa Sita Tanah Pemda yang Dikuasai Mantan Wali Kota Kupang dan CV NAM di Jalan Veteran

Published

on

Penyidik Bidang Pidsus Kejati NTT melakukan penyitaan terhadap aset tanah Pemda Kabupaten Kupang di Jalan Veteran Fatulili, Kota Kupang, Selasa (20/2/2024) siang.
Continue Reading