Connect with us

UTAMA

Gerindra Desak Menkumham Segera Copot Dirjen PAS

Published

on

Ilustrasi Lapas (NET)

Jakarta, penatimor.com – Wakil Ketua Umum Bidang Investigasi DPP Partai Gerindra Fauka Nurfarid meminta pengelolaan dan pengawasan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) segera dibenahi.

Hal ini menyusul tindak kekerasan di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Narkotika Nusakambangan serta pemerasan dalam bentuk fasilitas kamar, remisi, hingga pembebasan bersyarat kepada napi oleh oknum petugas.

“Menteri Hukum dan HAM harus segera mencopot Dirjen PAS. Kalau memang tidak bisa, Presiden Jokowi yang harus bertindak untuk mencopot Dirjen PAS,” kata Fauka saat dihubungi, Selasa (7/5).

Fauka menerangkan, dengan dicopotnya Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami, dinilai bisa menyelesaikan masalah yang kerap kali terjadi.

Pencopotan ini menurut Fauka, memberi efek peringatan agar pejabat baru menjaga lapas maupun rutan dengan memberikan citra positif.

“Karena kalau ini masih tetap dipertahankan, pasti akan kembali muncul masalah-masalah lain sehingga perlu ketegasan dari pimpinan,” ujarnya.

Langkah itu juga, sambung Fauka, karena masalah di depan Lapas Narkotika Nusakambangan, telah melanggar hak asasi manusia. Karena dengan jelasnya napi diperlakukan seperti binatang yang dipukul, ditendang, hingga diseret sipir.

“Di situ terlihat manusia sudah tidak ada artinya lagi untuk hidup dan mengalami perlakukan sadis. Karena itu segera ambil tindakan,” tegasnya.

Fauka menambahkan, meski Kalapas Narkotika Nusakambangan sudah dicopot, hal itu tidak menyelesaikan masalah. Karena untuk mengatasi semua itu, harus dilakukan pembenahan hingga ke tingkat pimpinan atas.

“Segera lakukan pergantian untuk menyelesaikan sejumlah masalah yang selama ini ada didalam lapas maupun rutan,” tegas dia. (tan/jpnn/R4)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Istri Mantan Wali Kota Kupang Diperiksa 7 Jam di Kejati NTT

Published

on

Kepala Seksi Penyidikan Bidang Pidsus Kejati NTT, Salesius Guntur, SH., memeriksa Albertina Resdyana Ndapamerang sebagai saksi dalam perkara dugaan korupsi pengalihan aset tanah Pemkab Kupang di Jalan Veteran, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Jonas Salean Ancam Cabut Plang Penyitaan Jaksa, Segera Laporkan ke Kejagung dan Komnas HAM

Published

on

Mantan Wali Kota Kupang Jonas Salean saat menolak surat penyitaan aset tanah dari penyidik Kejati NTT, Selasa (20/2/2024) siang.
Continue Reading

HUKRIM

Jaksa Sita Tanah Pemda yang Dikuasai Mantan Wali Kota Kupang dan CV NAM di Jalan Veteran

Published

on

Penyidik Bidang Pidsus Kejati NTT melakukan penyitaan terhadap aset tanah Pemda Kabupaten Kupang di Jalan Veteran Fatulili, Kota Kupang, Selasa (20/2/2024) siang.
Continue Reading