Connect with us

EKONOMI

Nilai Tukar Petani NTT Turun 0,36 Persen

Published

on

Ilustrasi/ foto: net

Kupang, Penatimor.com – Nilai Tukar Petani (NTP) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada bulan Januari 2019 mengalami penurunan 0,36 persen jika dibandingkan dengan NTP Desember 2018.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT, Maritje Pattiwaellapia sampaikan ini kepada wartawan di kantornya, Jumat (1/2/2019).

Menurut Maritje, NTP bulan Januari 2019 didasarkan pada perhitungan NTP dengan tahun dasar 2012 (2012=100).

“Penghitungan NTP ini mencakup 5 subsektor, yaitu subsektor padi dan palawija, hortikultura, tanaman perkebunan rakyat,peternakan dan perikanan,” ungkap Maritje.

Dia menjelaskan, pada bulan Januari 2019, NTP NTT sebesar 106,63 dengan NTP masing-masing subsektor tercatat sebesar 110,61 untuk subsektor tanaman padi-palawija (NTP-P); 104,07 untuk sub sektor hortikultura (NTP-H); 101,43 untuk subsektor tanaman perkebunan rakyat (NTP-TPR); 108,76 untuk subsektor peternakan (NTP-Pt) dan 108,80 untuk subsektor perikanan (NTP-Pi).

“Terjadi penurunan sebesar 0,36 persen pada NTP Januari 2019 jika dibandingkan dengan NTP Desember 2018,” terangnya.

Walaupun tidak signifikan, lanjut dia, namun dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan/daya beli dan daya tukar (term of trade) petani dipedesaan menurun dibanding bulan sebelumnya.

“Hal ini disebabkan pendapatan petani meningkat tidak sebanding dengan peningkatan harga barang konsumsi dan biaya produksi,” paparnya.

Maritje menambahkan, di daerah perdesaan terjadi inflasi pada bulan Januari 2019 sebesar 0,60 persen. Faktor pemicunya adalah adanya peningkatan konsumsi masyarakat pada seluruh sub kelompok konsumsi seperti bahan makanan, makanan jadi, perumahan, sandang, kesehatan, pendidikan dan transportasi. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

BI Sayangkan Bocornya Surat Rahasia ke Bank NTT, Hanya Pembinaan, Tak Pengaruhi Dana Nasabah

Published

on

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTT, Stefanus Donny H. Heatubun saat menggelar jumpa pers sekaligus berdialog dengan awak media di Lantai 3 Gedung Kantor Bank Indonesia Perwakilan NTT, Selasa (17/1/2023) sore.
Continue Reading

EKONOMI

Pelabuhan Tenau Kupang Raih Penghargaan Green Port, Gubernur VBL Beri Apresiasi

Published

on

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menerima kunjungan General Manager PT Pelindo Tenau Kupang, Agus Setiawan Nazar dan juga jajaran Pengurus Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tenau Kupang pada Jumat (13/1/2023).
Continue Reading

EKONOMI

Resmikan KCP Oesapa, Bank NTT Beri Bantuan Peduli Stunting dan Bak Sampah

Published

on

Kepala Bank NTT Cabang Kupang Soni Pelokila dan Kepala KCP Oesapa Mieke Buyung Umar saat melakukan tandatangan komitmen target PCP Bank NTT dan KCP Oesapa.
Continue Reading