Connect with us

KOTA KUPANG

Empat Kali Panggilan, Jonas Salean Akhirnya Penuhi Panggilan Penyidik Kejati NTT

Published

on

DIPERIKSA. Jonas Salean menjalani pemeriksaan di ruang Kepala Seksi Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi, dan diperiksa penyidik Mourest Aryanto Kolobani, SH.,MH., Rabu (5/6/2024). Foto: Istimewa

KUPANG, PENATIMOR – Jonas Salean akhirnya memenuhi panggilan penyidik Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur.

Mantan Wali Kota Kupang itu tiba di kantor Kejati NTT sekira pukul 09.00 Wita, Rabu (5/6/2024), dan langsung menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

Jonas Salean menjalani pemeriksaan di ruang Kepala Seksi Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi, dan diperiksa penyidik Mourest Aryanto Kolobani, SH.,MH.

Kepala Seksi Penyidikan, Salesius Guntur, SH., yang dikonfirmasi awak media ini, mengatakan, Jonas Salean memenuhi panggilan setelah pihaknya melayangkan empat kali surat panggilan kepada politikus Partai Golkar yang sekarang aktif sebagai Anggota DPRD Provinsi NTT itu.

“Ya, tadi pak Jonas datang sekitar jam 9 pagi, dan langsung menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Saat ini pemeriksaan sedang berjalan,” kata Salesius.

Diberitakan sebelumnya, Jonas Salean diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengalihan aset Pemda Kabupaten Kupang berupa tanah kepada pihak lain yang tidak berhak di Jalan Veteran, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 5.956.786.664,40.

Pada panggilan ketiga, penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap Jonas Salean pada Jumat (31/5/2024) pagi. Namun, Jonas berhalangan hadir.

Dua surat panggilan sebelumnya juga tidak dipenuhi Jonas Salean. Dia beralasan saat itu, baru tiba di Kupang usai menjalani tugas sebagai anggota DPRD Provinsi NTT di Jakarta. Untuk itu, ia meminta pemeriksaan terhadap dirinya ditunda hingga pekan depan.

Hal ini disampaikan Jonas dalam suratnya ke Kajati NTT yang diserahkan melalui PTSP Kejati NTT.

Selain Jonas, penyidik juga memanggil istrinya, Albertina Resdyana Ndapamerang, dan telah diperiksa sebagai saksi dalam kasus yang sama.

Jonas dan Resdyana sebelumnya sudah pernah diperiksa sebagai saksi.

Sementara, Jaksa Penuntut Umum dalam surat dakwaannya terhadap Hartono Fransiscus Xaverius, SH., menyebutkan perbuatan terdakwa itu telah memperkaya Jonas Salean dan istrinya Resdyana Ndapamerang. Nilainya pun cukup fantastis, yaitu mencapai Rp2.690.697.048.

Menurut Penuntut Umum, perbuatan Hartono yang adalah mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Kupang, telah memperkaya Jonas Salean dengan bertambahnya asset tanah di atas objek tanah milik Pemerintah Kabupaten Kupang dengan terbitnya Sertipikat Hak Milik Nomor: HM 00839 – Fatululi dan Surat Ukur Nomor: 85/Fatululi/2013 seluas 420
m2 dengan nilai Rp2.050.697.048. Perbuatan Hartono juga memperkaya Resdyana Ndapamerang sebesar Rp 640.000.000.

Selain Jonas Salean dan istrinya, perbuatan Hartono juga memperkaya Petrus Krisin (terdakwa dalam penuntutan terpisah) sebesar Rp 150.000.000 dari hasil penjualan tanah. Kemudian, Yonis Oeina (Alm) sebesar Rp 150.000.000 dari hasil penjualan tanah.

Lebih lanjut diuraikan oleh Penuntut Umum dalam surat dakwaan, bahwa terdakwa Hartono Fransiskus Xaverius tidak pernah mengajukan permohonan pengukuran dan pemetaan, padahal diketahuinya bahwa permohonan dari Jonas Salean dalam proses meneliti kelengkapan dan kebenaran data yuridis dan data fisik hak milik atas tanah tidak layak dan tidak dapat dikabulkan atau diproses lebih lanjut.

Akan tetapi, terdakwa tetap memproses sampai dikeluarkannya Keputusan Kepala Kantor Pertanahan Kota Kupang Nomor: 175/HM/BPN 53.72/2013 tentang Pemberian Hak Milik atas nama Jonas Salean, SH., M.Si., atas tanah di Kelurahan Fatululi tanggal 23 Mei 2013.

Terdakwa Hartono juga disebutkan menerbitkan Sertipikat Hak Milik (SHM) Nomor: HM 00839-Fatululi dan Surat Ukur Nomor: 85/fatululi/2013 atas nama Jonas Salean SH., M.Si., padahal diketahuinya Permohonan Pendaftaran Hak Nomor: 6529/2013 tanggal 25 Juni 2013 untuk kegiatan Pendaftaran SK Hak Nomor: 175/HM/BPN 53.72/2013 tentang Pemberian Hak Milik atas nama Jonas Salean atas tanah di Kelurahan Fatululi tidak layak untuk didaftarkan dan diterbitkan Sertipikat Hak Milik dan Surat Ukur, akan tetapi terdakwa Hartono Fransiskus Xaverius tetap mendaftarkan hak dan menerbitkan Sertipikat Hak Milik Nomor HM 00839 -Fatululi serta Surat Ukur atas nama Jonas Salean.

Padahal diketahui oleh terdakwa Hartono Fransikus Xaverius, terhadap objek yang dimohonkan terdapat alas Hak Pemerintah Kabupaten Kupang melalui penunjukan kapling Nomor: 7/kwk/Dinas/KPG/1989 tanggal 17 Oktober 1989.

Penuntut Umum juga menguraikan bahwa pada tahun 2013, saat menjabat sebagai Wali Kota Kupang periode 2012-2017, Jonas Salean mengeluarkan Rekomendasi Wali Kota Kupang Nomor:Pem.034/001/ 2013, tanggal 2 Januari 2013 tanpa permohonan, menunjuk dirinya sendiri dan ditandatangani oleh dirinya sendiri, setelah diparaf oleh Ir. Thomas Jansen Gah selaku Plt. Sekda Kota Kupang dan oleh Drs. Daud Hironimus Djira selaku Kabag Tata Pemerintahan Kota Kupang.

Kemudian pada hari yang sama, Jonas mengeluarkan Surat Penunjukan Tanah Kapling Nomor: Pem.596/01/I/2013 tanggal 2 Januari 2013 atas nama dirinya sendiri dengan luas 420 M² yang dikoreksi oleh Plt Sekda Kota Kupang Ir. Thomas Ga, kemudian ditandatangani oleh dirinya sendiri selaku Wali Kota Kupang, dimana letak tanah yang ditunjuk oleh Jonas Salean terletak di atas tanah milik Pemkab Kupang dalam hal ini Kantor Catatan Sipil.

Jonas Siap Ditahan Penyidik

Jonas Salean sehari sebelumnya, kepada wartawan mengatakan dirinya siap memenuhi panggilan siap memenuhi panggilan penyidik Kejati NTT tekait kasus dugaan korupsi pengalihan aset Pemda Kabupaten Kupang di Jalan Veteran, Kota Kupang.

“Saya hormati institusi itu dan siap penuhi panggilan besok,” kata Jonas kepada wartawan, Selasa, 4 Mei 2024, sebagaimana dikutip dari nttterkini.id.

Eks Wali Kota Kupang ini dipanggil tim penyidik tindak pidana khusus (Tipidsus) Kejati NTT guna pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengalihan aset Pemda Kabupaten Kupang kepada mereka yang tidak berhak senilai Rp5, 9 miliar.

Menurut dia, kehadirannya atas panggilan besok, karena sudah berada di Kupang. Sedangkan dua kali pemanggilan sebelumnya yang tidak dipenuhinya, karena masih menjalankan tugas sebagai anggota DPRD Provinsi NTT.

“Saya tidak mangkir atas dua pemanggilan itu, tapi saya sedang menjalankan tugas kedewanan,” tegasnya.

Dia juga mengaku siap, jika besok jaksa memutuskan untuk ditahan terkait penanganan kasus ini. “Katanya besok mau ditahan. Saya siap,” tandasnya.

Dia menjelaskan sengketa tanah itu sudah diselesaikan di tingkat pengadilan secara perdata, dan telah inkrah setelah adanya putusan Mahkamah Agung (MA). “Ini masalah perdata yang sudah diputus inkrah,” ujarnya.

Sebelumnya Jonas Salean tidak memenuhi dua panggilan yang dilayangkan penyidik Kejati NTT terkait kasus ini.

Jonas Salean “Berkas Terpisah”

Sementara itu, ada fakta yang mengejutkan dalam surat dakwaan terhadap terdakwa Hartono Fransiscus Xaverius, SH., dimana Penuntut Umum menyebutkan nama Jonas Salean, SH., M.Si., sebagai pihak yang diduga turut serta melakukan perbuatan melawan hukum, bersama terdakwa Hartono Frasiskus Xaverius, dan Erwin Piga yang juga tersangka perkara ini.

Bahkan, di dalam surat dakwaan itu, Penuntut Umum dengan tegas menyebutkan Jonas Salean dalam “berkas terpisah”.

“Perbuatan tersebut dilakukan oleh terdakwa Hartono Fransiskus Xaverius, SH., bersama saksi Jonas Salean, SH.,M.Si., berkas terpisah, dan saksi Erwin Piga,” sebut Penuntut Umum saat membacakan surat dakwaan.

Dalam dakwaan itu juga, Penuntut Umum menguraikan tentang perbuatan menerima dan memproses permohonan hak atau kegiatan pemeriksaan tanah, dan juga permohonan pendaftaran hak yang dilakukan Jonas Salean.

Untuk diketahui, sidang perkara dugaan tindak pidana korupsi pengalihan aset Pemda Kabupaten Kupang berupa tanah kepada pihak lain yang tidak berhak di Jalan Veteran, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, mulai bergulir di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Kelas 1A Kupang, Jumat (31/5/2024).

Sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan itu dipimpin oleh Hakim Ketua, Sarlota Marselina Suek, SH.

Sementara, tim Jaksa Penuntut Umum terdiri atas Jermias Penna, SH., Mourest Ariyanto Kolobani, SH.,MH., dan Advan Ismail Fahmi, SH.

Di hari yang sama pula, dalam sidang berbeda, JPU juga membacakan surat dakwaan terhadap terdakwa Petrus Krisin.

Kuasa Hukum Jonas Salean Hormati Dakwaan JPU

Rian Kapitan, SH., MH., selaku kuasa hukum Jonas Salean, kepada awak media ini, mengatakan, pihaknya menghormati surat dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum. “Ya, kami hormati dakwaan dari Penuntut Umum, namun kami kuasa hukum pak Jonas berpendapat bahwa dakwaan terhadap pak Hartono yang terkait dengan nama dan peran pak Jonas Salean itu lebih kepada prosedur yang dapat diperbaiki dengan prinsip contrarius actus (lembaga yang nenerbitkan SHM dapat membatalkan SHM itu pula). Kemudian, karena itu menyangkut dengan prosedur, maka Sertipikat Hak Milik atas nama pak Jonas itu harus diuji ke Pengadilan Tata Usaha Negara oleh pihak yang merasa dirugikan bukan ke Pengadilan Tipikor,” sebut Rian Kapitan lewat pesan WhatsApp kepada awak media ini, Sabtu (1/6/2024).

“Yang berikut, terhadap kepemilikan tanah itu telah ada putusan Mahkamah Agung di tingkat kasasi yang menyatakan tanah itu sah milik pak Jonas Salean, dan pencatatan tanah tersebut sebagai asset oleh Pemkab Kupang itu adalah perbuatan melawan hukum serta Pemkab Kupang dihukum untuk mencoret tanah itu dari daftar asset barang milik daerah Pemkab Kupang,” lanjut dia. (bet)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KOTA KUPANG

Penyidik Kejati NTT Sita Aset Tersangka Korupsi Rehabilitasi Sekolah di Alor

Published

on

Tim penyidik Pidsus Kejati NTT menyita aset milik tersangka Agustinus Yacob Pisdon alias Gusti Pisdon, Selasa (23/7/2024).
Continue Reading

KOTA KUPANG

Kajati NTT Pimpin Ziarah di TMP Dharma Loka Kupang

Published

on

Kajati NTT Zet Tadung Allo, S.H., M.H., bersama Ketua IAD Wilayah NTT meletakan karangan bunga saat berziarah di TMP Dharma Loka Kupang pada Minggu (21/7/2024) pagi.
Continue Reading

KOTA KUPANG

Langkah Kecil, Dampak Besar: Kejati NTT Sambut HBA Ke-64 dengan Aksi Peduli Lingkungan

Published

on

BERSAMA. Kajati NTT Zet Tadung Allo, S.H., M.H., berpose bersama Forkompimda NTT pada kegiatan aksi peduli lingkungan di halaman kantor Gubernur NTT, Sabtu (20/7/2024) pagi.
Continue Reading