Connect with us

HUKRIM

3.240 Calon Bintara Polri di Polda NTT Jalani Pemeriksaan Kesehatan Tahap I

Published

on

Sebanyak 3.240 Calon Bintara Polri Polda NTT menjalani pemeriksaan kesehatan Tahap I di gedung hemodialisa rumah sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang.

KUPANG, PENATIMOR – Sebanyak 3.420 orang calon Bintara Polri dari 22 kabupaten/kota di NTT mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap I. Pemeriksaan kesehatan dilakukan sejak Kamis (4/5/2023) hingga Sabtu (13/5/2023).

3.420 calon bintara Polri ini terdiri dari 2.932 orang peserta pria dan 488 orang peserta wanita.

Pemeriksaan kesehatan I meliputi pemeriksaan fisik, mata, tensi, THT, gigi dan pengukuran tinggi serta berat badan.

Pemeriksaan yang dipimpin Kabid Dokkes Polda NTT, Kombes Pol dr Sudaryono ini dipusatkan di gedung hemodialisa rumah sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang.

Di hari pertama pelaksanaan pemeriksaan kesehatan pada Kamis (4/5/2023), ada 350 orang peserta yang mengikuti pemeriksaan kesehatan terdiri dari 46 orang wanita dan 304 orang peserta pria.

Para calon bintara ini berasal dari Kabupaten Sumba Barat, Sumba Timur dan Manggarai.

Saat pengumuman kelulusan, terdapat 137 peserta yang tidak memenuhi syarat kesehatan dan dinyatakan gugur. 137 orang ini terdiri dari 16 orang peserta pria dan 121 orang peserta pria.

Sebanyak 213 orang yang lolos pemeriksaan kesehatan terdiri dari 30 orang wanita dan 183 orang peserta pria.

Di hari kedua pemeriksaan kesehatan, Jumat (5/5/2023), ada 352 orang peserta berasal dari Polres Kupang dan Timor Tengah Selatan (TTS).

Pemeriksaan kesehatan ini juga diawasi pengawas internal dari Itwasda dan Bid Propam Polda NTT. Ada pula pengawas eksternal dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kupang dan pengawas lainnya.

Pemeriksaan kesehatan tahap I meliputi pemeriksaan fisik yakni tinggi dan berat badan, THT, mata, gigi, tekanan darah dan pemeriksaan fisik.

Masing-masing peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan mengikuti pemeriksaan secara bergiliran. Terdapat beberapa peserta yang sudah beberapa kali mengikuti tes tersebut dan masih antusias mengikuti tahapan seleksi tahun 2023 ini.

Panitia daerah menerapkan sistem Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BeTAH) serta clean and clear. Hasil seleksi pun dilakukan dengan pola one day service yakni seluruh hasil seleksi langsung diumumkan dan peserta bisa mengakses hasil seleksi. (bet)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Adi Roma Sanda, Mantan Ajudan Aspidsus Kejati NTT Terpilih jadi Pasukan Perdamaian Dunia

Published

on

Brigpol Adi Roma Sanda berpose bersama Aspidsus Kejati NTT Ridwan Sujana Angsar, SH.,MH., di arena Car Free Day Jalan El Tari Kupang, Sabtu (20/4/2024) pagi.
Continue Reading

HUKRIM

Kades Napan-TTU Dihukum Ringan, Pengacara Apresiasi Putusan Hakim

Published

on

Penasehat Hukum Dominikus Boimau, SH., bersama terdakwa dan keluarga usai sidang putusan.
Continue Reading

HUKRIM

Toleransi dalam Pelukan Halal Bihalal: Kisah Inspiratif dari RT 40 Sikumana

Published

on

Warga RT 040 Sikumana berpose bersama dengan senyum yang merefleksikan kebahagiaan dan harmoni yang mereka rasakan.
Continue Reading