Connect with us

NASIONAL

Desak Debat Terbuka Calon Ketua PSSI, Boni Jebarus Minta Digelar di NTT

Published

on

Boni Jebarus

KUPANG, PENATIMOR – PSSI akan melaksanakan Kongres Luar Biasa PSSI pada 16 Februari 2023 yang berisi agenda utama pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Exco.

Hingga hari terakhir batas waktu pendaftaran calon, sudah ada lima orang yang mendaftar.

Ada dua nama beken yang digadang-gadang paling berpeluang memimpin PSSU yaitu La Nyalla Mattalitti dan Erick Thohir.

Proses ini pun menjadi pergunjingan publik, khususnya terkait sikap Komite Pemilihan (KP) PSSI untuk tidak melakukan debat terbuka antarcalon.

Boni Jebarus selaku Direktur Kajian Isu Strategis Asprov PSSI NTT pun angkat bicara soal hal tersebut.

Menurut Boni, debat terbuka antarcalon merupakan hal penting yang harus dilakukan, agar publik dapat mengetahui visi dan misi para calon, sekaligus mengetahui komitmen dan integritas calon untuk menakhodai federasi sepak bola Indonesia ini ke depan.

“Bagi saya debat terbuka antar calon merupakan hal yang sangat penting dan strategis, sehingga publik juga ikut mengetahui kapasitas dan kualitas calon, termasuk visi dan misi calon,” tandas Boni Jebarus.

Dengan debat terbuka, lanjut Boni, para calon dapat juga meyakinkan publik, sehingga nantinya calon juga dapat mendengar dan mempertimbangkan aspirasi publik.

Boni bahkan berencana meminta kepada Ketua Asprov PSSI NTT untuk dapat mengusulkan agar debat terbuka antarcalon bisa dilakukan di NTT.

“Karena ini ini adalah Kongres Luar Biasa, sehingga bagi saya debat terbuka antarcalon harus dilakukan,” tegasnya.

“Saya pikir NTT sangat siap sebagai tempat diselenggarakannya debat terbuka antarcalon. Bisa dilakukan di Kupang atau Labuan Bajo,” lanjut dia.

Boni beralasan, dengan debat terbuka maka para calon dapat juga menyerap aspirasi publik sehingga nantinya bisa membawa sepakbola Indonesia semakin maju dan lebih baik ke depan.

“Jadi nantinya publik juga bisa menekan para Asprov atau vouters untuk memilih Ketua Umum PSSI yang tepat, dan tentunya tidak memilih karena adanya transaksi,” tegas Anggota DPRD NTT dua periode itu.

Harapannya, Ketua Umum PSSI yang terpilih nanti harus lebih baik dari ketua sebelumnya, yaitu Mochamad Iriawan.

Diberitakan sebelumnya, posisi Ketua Umum PSSI kini menjadi perbincangan menjelang Kongres Luar Biasa induk organisasi sepak bola Indonesia.

La Nyalla menjadi orang pertama yang menyerahkan berkas pencalonan sebagai Ketua Umum PSSI, yakni pada Jumat (13/1/2022) siang.

Pria yang kini menjabat sebagai Ketua DPD RI itu menyerahkan berkas-berkas di kantor PSSI didampingi sejumlah pendukung termasuk Presiden Klub Persiba Balikpapan Gede Widiade.

Dua hari setelah La Nyalla, Erick kemudian turut menyambangi kantor PSSI di GBK Arena.

Pada hari Minggu (15/1/2022) Erick datang ditemani beberapa sosok tenar di kalangan sepak bola nasional seperti Direktur Persib Bandung Teddy Tjahjono, serta anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani.

Kalangan selebritas yang terkait dengan sepak bola dalam negeri turut pula mengiringi langkah Menteri BUMN seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, serta Kaesang Pangarep.

Pada hari yang sama dengan kedatangan Erick, Ratu Tisha Destria yang pernah menjadi Sekretaris Jenderal PSSI mengajukan diri sebagai calon Wakil Ketua Umum PSSI.

Mochamad Iriawan yang merupakan Ketua Umum PSSI saat ini tegas menyatakan tak mencalonkan diri lagi sebagai orang nomor satu di federasi sepak bola Indonesia.

Pernyataan sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu diumumkan pada konferensi pers Kongres Biasa PSSI, Minggu (15/1/2022).

Selain itu ada beberapa sosok yang kini mengisi daftar Exco PSSI juga tak berminat kembali masuk dalam daftar pengurus, seperti Iwan Budianto dan Yoyok Sukawi. (yon)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NASIONAL

Chef Arnold Terlibat dalam Gala Dinner G20, Alumni SMP Frater Kupang, Ibunya asal Rote

Published

on

Sosok Arnold Poernomo, Chef Ganteng yang Terlibat dalam Gala Dinner KTT G20. (Instagram @arnoldpo)
Continue Reading

LIFESTYLE & KESEHATAN

Kedaruratan Covid-19 Belum Berakhir, Kabupaten Kupang dan TTS jadi Fokus Vaksinasi

Published

on

Ahli Epidemiologi dr. Iwan Ariawan, MSPH., dalam acara media briefing bertajuk “SIAP Lanjutkan Prokesnya, Siap Lengkapi Vaksinasinya” pada Senin (7/11/2022) secara daring di Jakarta.
Continue Reading

NASIONAL

Kuatkan Akar Budaya Bangsa, BNPT RI Pecahkan Rekor Muri pada Gelaran Parade Budaya Nusantara

Published

on

Kepala BNPT RI Boy Rafli saat melepas Parade Budaya Nusantara "Bersatu Lebih Erat, Bersama Lebih Harmoni" dengan rute Sarinah - Bundaran HI - Sarinah di Jakarta pada Minggu (6/11/2022).
Continue Reading