Connect with us

INTERNASIONAL

Filipina Kembalikan 2.400 Ton Sampah ke Kanada

Published

on

Dok. Ist

Kupang, Penatimor.com – Filipina telah mulai memulangkan puluhan peti kemas yang penuh sampah ke Kanada, setelah pertikaian lama mengenai eksport sampah yang telah menguji hubungan diplomatik di tengah ancaman dari Presiden Rodrigo Duterte.

Sebanyak 69 peti kemas dimuat pada malam ke satu kapal di Pelabuhan Subic, sebelah barat-laut Manila, dan bertolak pada Jumat untuk perjalanan selama satu-bulan ke Kota Vancouver, Kanada.

Satu pengadilan Filipina pada 2016 mengumumkan impor 2.400 ton sampah Kanada tidak sah, demikian laporan Reuters, seperti dilansir pikiranrakyat.com dari Kantor Berita Antara, Jumat, 31 Mei 2019 siang. Sampah itu diberi cap plastik untuk daur-ulang.

Kanada menyatakan sampah tersebut, yang dieskport ke Filipina antara 2013 dan 2014, adalah transaksi komersial pribadi yang dilakukan tanpa sepengetahuan pemerintah.

“Pemerintah Kanada melakukan semua langkah yang perlu guna menjamin pengangkutan yang aman dan tidak merusak lingkungan hidup, penanganan dan pembuangan sampah di Kanada,” kata Mark Johnson, Juru Bicara Kementerian Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Kanada, di dalam satu pernyataan.

Filipina telah menuduh Kanada menghentikan, sehingga menyulut kemarahan dari Duterte, presiden yang dikenal keras terhadap pemerintah Barat. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

36 Nelayan Indonesia yang Dipulangkan Pemerintah Australia Tiba di Kupang

Published

on

Sebanyak 36 nelayan Indonesia tiba di Pelabuhan Tenau Kupang menggunakan Kapal ABFC Cape Byronn.
Continue Reading

INTERNASIONAL

Kapolda NTT Sampaikan Harapan Masyarakat di Balik Panggung AMMTC Ke-17 Labuan Bajo

Published

on

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma mengungkapkan harapan dalam suara hati masyarakat saat AMMTC ke-17 yang digelar di Hotel Meruorah Labuan Bajo, Senin (21/8/2023).
Continue Reading

INTERNASIONAL

Daftar 50 Pantai Terbaik se-Dunia, Ada 1 di NTT

Published

on

Pink Beach di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto: Antara
Continue Reading