Connect with us

UTAMA

Semua Puskesmas di Kota Kupang Sudah Terakreditasi

Published

on

Ari Wijana

Kupang, penatimor.com – Sebanyak 11 Puskesmas di Kota Kupang berhasil mendapatkan akreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang dr. Ari Wijana, mengatakan, 11 Puskesmas tersebut mendapatkan akreditasi dengan berbagai tingkatan.

Di antaranya, Puskesmas Penfui dan Puskesmas Alak berhasil mendapatkan akreditasi dasar, sementara enam Puskesmas dengan akreditasi madya, yaitu Puskesmas Kupang Kota, Manutapen, Naioni, Oesapa, Oebobo dan Puskesmas Oepoi.

Sementara Puskesmas Pasir Panjang, Bakunase dan Puskesmas Sikumana dengan akreditasi utama. Tiga Puskesmas ini juga merupakan Puskesmas rawat inap.

“Tentunya hasil ini sangat membanggakan, karena di tengah berbagai kesibukan pelayanan, tim akreditasi Puskesmas dan semua tim terus bekerja dan mendapat hasil yang baik. Semua ini sangat diapresiasi dan diharapkan akan menjadi motivasi untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Ari Wijana saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (28/2).

Yang terpenting, lanjut Ari, semua Puskesmas yang ada di Kota Kupang sudah terakreditasi, karena sesuai amanah Undang-Undang, fasilitas kesehatan yang bisa melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah yang sudah terakreditasi.

“Jadi sekarang semua Puskesmas di Kota Kupang sudah bisa melayani pasien BPJS, jika memang persiapannya baik, maka dua tahun atau tiga tahun setelah ini, bisa dipikirkan untuk reakreditasi untuk peningkatan tipe akreditasi,” katanya.

Ari mengungkapkan, bahwa semua rekomendasi tim akreditasi akan dikaji agar dapat dilengkapi dan Puskesmas yang ada bisa dinaikan status akreditasinya.

Misalnya pengadaan Ipal bagi Puskesmas yang belum memiliki Ipal, penambahan ruang rawat inap dan rekomendasi lainnya.

“Kota Kupang merupakan ibu kota Provinsi NTT, tentunya harus tampil beda, dengan semua kelengkapan dan sarana prasarana yang ada, yang penting adalah pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dengan terakreditasinya semua Puskesmas di Kota Kupang, Ari berharap masyarakat juga bisa dilayani dengan baik, terlebih sekarang Kota Kupang sedang dalam masa KLB DBD, sehingga sangat diperlukan peran Puskesmas untuk sampai di masyarakat dengan melakukan berbagai upaya pencegahan.

“Posko DBD juga terus siaga 24 jam. Puskesmas juga merupakan fasilitas kesehatan pertama yang dekat dengan masyarakat, diharapkan agar terus berperan aktif dalam peningkatan pelayanan,” tutup Ari Wijana. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Diduga Terlibat Pengeroyokan, Oknum Sipir Rutan Kupang dan Rekannya Ditangkap Polisi, Terancam 5 Tahun Bui

Published

on

Tim Jatanras Polres Kupang Kota berhasil menangkap seorang oknum sipir rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Kupang dan rekannya yang diduga terlibat kasus tindak pidana pengeroyokan.
Continue Reading

HUKRIM

Kajati Jateng Lantik 11 Kajari Baru, Ada 1 Putra NTT

Published

on

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jateng Ponco Hartanto melantik 11 Kajari baru di Semarang, Kamis (20/6/2024).
Continue Reading

HUKRIM

Resmi Kajari di SOLO RAYA, Roberth Lambila Komit Bawa Semangat Baru Penegakan Hukum

Published

on

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah Ponco Hartanto, S.H., M.H., saat melantik Dr Roberth Jimmy Lambila, S.H., M.H., sebagai Kajari Karanganyar pada Kamis (20/6/2024).
Continue Reading