Connect with us

POLKAM

Perekaman e-KTP Serentak di Lapas dan Rutan Dimulai Hari Ini

Published

on

Perekaman e-KTP di LP Klas I A Kupang oleh Disdukcapil Kota Kupang, Kamis (17/1/2019). (Foto.Ist)

Kupang, Penatimor.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten dan kota secara serentak melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP) di semua Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan).

Komisioner Bawaslu NTT, Jemris Fointuna sampaikan ini kepada wartawan, Kamis (17/1/2019). Menurut Jemris, kegiatan ini akan berlangsung mulai Kamis- Sabtu (17-19 Januari 2019).

Jemris mengatakan, perekaman KTP elektronik bagi pemilih di Lapas dan Rutan ini sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kepada seluruh kepala daerah (bupati/wali kota).

“Hal ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan Gerakan Nasional Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), khususnya untuk pemenuhan ‎KTP elektronik bagi warga di Lapas dan Rutan,” ungkap Jemris.

Selain itu, lanjut Jemris, juga sekaligus untuk mendukung terpenuhinya syarat hak konstitusional pemilih dalam Pilpres 2019. Karena itu, Disdukcapil akan melakukan perekaman KTP elektronik secara serentak pada tanggal 17 – 19 Januari 2019.

“Kegiatan itu dinamakan gerakan nasional jemput bola serentak di semua Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia,” kata Jemris.

Dia mengungkapkan, selain surat dari Mendagri, juga ada surat dari Menteri Hukum dan HAM RI melalui Kemenkumham RI Dirjen Pemasyarakatan tentang perekaman KTP elektronik di Lapas dan Rutan.

“Diharapkan semua penduduk potensi pemilih di Lapas dan Rutan yang belum punya KTP elektronik agar bisa direkam. Ini juga bertujuan agar mereka bisa diakomodir dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) ,” tandasnya.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu NTT ini menambahkan, hari ini di LP Klas I A Kupang, sebanyak 217 warga binaan melakukan perekaman e-KTP yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Kupang, Kamis (17/1/2019). (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KOTA KUPANG

Reses Bukan Wadah Kampanye: Bawaslu Kota Kupang Awasi Setiap Kegiatan Anggota DPRD yang Nyaleg 2024

Published

on

Ketua Bawaslu Kota Kupang, Yunior Adi Chandra Nange.
Continue Reading

POLKAM

Bawaslu Rote Ndao Ingatkan Peserta Pemilu Patuhi Jadwal Kampanye, Ancaman 1 Tahun Penjara, Denda Rp12 Juta

Published

on

Ketua Bawaslu Rote Ndao, Demsi Toulasik, SE.
Continue Reading

KOTA KUPANG

Lawan Terorisme, BNPT Dorong Simpul Pendidikan jadi Agen Perdamaian

Published

on

Kegiatan FKPT NTT dalam pencegahan radikal terorisme melibatkan para guru TK hingga SMA/SMK se-Kota Kupang di Asrama Haji Kupang, Selasa (10/10/2023).
Continue Reading