Connect with us

POLKAM

Gubernur Viktor Laiskodat Bakal Adakan Festival Rumah Bersih di Seluruh NTT

Published

on

Foto: IST

Kupang, Penatimor.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat menyatakan akan mengadakan festival rumah bersih di seluruh wilayah provinsi berbasis kepulauan itu.

Hal ini disampaikan Gubernur Viktor dalam sambutannya pada sidang paripurna istimewa dalam rangka HUT NTT ke-60 yang berlangsung di ruang sidang utama gedung DPRD NTT, Kamis (20/12/2018).

Gubernur mengatakan, mengingat ketertinggalan provinsi NTT terlampau jauh maka berdasarkan visi “NTT Bangkit, NTT Sejahtera” pemerintah mendesain 5 misi pembangunan NTT, dan misi yang pertama adalah pembangunan pariwisata, sebagai penggerak utama pembangunan ekonomi NTT.

“Satu-satunya provinsi yang menetapkan prime mover ekonomi pada sektor pariwisata adalah Provinsi Bali. Harusnya kalau waktu itu kita bersama-sama, mungkin kita akan terbang sama-sama seperti hari ini,” katanya.

Viktor mengemukakan, untuk pertama kalinya provinsi NTT meletakkan sektor pariwisata sebagai kunci pembangunan NTT. Hal ini, menurut Viktor, sesungguhnya sejalan dengan kecenderungan ekonomi global dan nasional, di mana pariwisata telah menjadi penyumbang signifikan dalam produk domestik bruto, pendapatan per kapita dan penciptaan lapangan kerja.

Pembangunan pariwisata ke depan, lanjutnya, selain mempromosikan dan meningkatkan kapasitas destinasi yang telah ada, akan dibangun pula destinasi-destinasi baru yang berstandar dunia demi terwujudnya pariwisata sebagai basis ekonomi NTT.

“Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk kerja sama pengawasan Taman Nasional Komodo. Komodo harus menjadi milik rakyat NTT seutuhnya, dan kita harus bertanggungjawab melestarikannya, dan mengambil manfaat ekonomi yang pantas,” ujarnya.

“Kami mengusulkan agar setiap wisatawan mancanegara yang datang ke Taman Nasional Komodo yang cantik dan unik itu, harus membayar harga yang layak. Kita harus siap menjadi provinsi pariwisata, karena pembangunan pariwisata yang kita lakukan terutama berbasis pada masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur mengajak semua komponen masyarakat untuk terus belajar memperlihatkan perilaku yang bersahabat dan profesional dalam melayani para wisatawan mancanegara dan nusantara. Terutama, peningkatan kesadaran lingkungan dengan disiplin mengelola sampah, karena dengan itu akan menjadi budaya bersih.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo pada kesempatan yang sama mengatakan, memperingati Hari Ulang Tahun secara filosofis mengandung 2 (dua) makna. Pertama, bermakna introspektif, artinya peringatan Hari Ulang Tahun patut dijadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri.

“Kedua, bermakna prospektif artinya melalui perayaan Hari Ulang Tahun, kita berupaya medesain atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian,” katanya.

Keberhasilan pembangunan di daerah pada saat ini dan juga dimasa mendatang banyak ditentukan oleh berbagai persyaratan, terutama oleh kemampuan untuk dapat mengoptimalkan sumber-sumber daya serta untuk mengeliminasikan timbulnya keterbatasan dan hambatan-hambatan yang ada.

“Dalam dua tahun terakhir, ekonomi NTT berhasil tumbuh di atas rata-rata nasional pada kisaran 5 persen,” sebutnya.

Dia menambahkan, dalam rangka mewujudkan visi pembangunan Indonesia yaitu “Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”, pihaknya berharap Pemerintah Provinsi NTT mampu menyelesaikan beberapa agenda prioritas yang tertera dalam Nawa Cita yaitu “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia”.

“Pemerintah telah berupaya mempercepat pembangunan daerah termasuk di dalamnya daerah pinggiran, kawasan tertinggal, kawasan timur Indonesia, kawasan pedesaan, kawasan marginal, perkotaan dan wilayah strategis lainnya,” tandasnya. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PENDIDIKAN & SASTRA

Neda Lalay Berbagi Kisah Inspiratif di Seminar Nasional Prodi Ilmu Politik Undana

Published

on

Seminar Nasional dengan tema "Keterwakilan Perempuan Pada Pemilu 2024: Antara Prosedural dan Ketimpangan," yang digelar oleh Program Studi Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang pada Senin, 13 Mei 2024.
Continue Reading

PILKADA

Marsianus Jawa Bersaing dalam Fit and Propertest Demokrat

Published

on

Marsianus Jawa (net)
Continue Reading

PILKADA

Menakar Calon Kuat Pilkada Lembata 2024: Popularitas, Elektabilitas, dan ‘Isi Tas’

Published

on

Kantor Bupati Lembata (net)
Continue Reading