Connect with us

PENDIDIKAN & SASTRA

Biddokes Polda NTT Peduli Kesehatan Pelajar SD

Published

on

Petugas Biddokes Polda NTT mengajarkan siswa SDK St. Arnoldus Penfui cara menyikat gigi yang baik dan benar. FOTO: WILIAM

Kupang, penatimor.com – Kegiatan Dokkes Peduli Masyarakat NTT di bidang kesehatan terus gencar dilakukan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda NTT.

Bid Dokkes juga melakukan kegiatan peduli kesehatan gigi siswa di SDK St. Arnoldus Penfui Kupang.

Kegiatan dipimpin drg Rosita R, SpKG dari Bid Dokkes Polda NTT dan melibatkan Poltekes Kesehatan Gigi Kupang.

Di sela-sela kegiatan ini, drg Rosita menyebutkan kalau selama ini orang baru ke dokter gigi setelah sakit gigi padahal pada masa kanak-kanak bisa dilakukan deteksi dini kesehatan gigi.

Masyarakat NTT juga banyak mengalami kanker rongga mulut karena sejak dini tidak merawat kesehatan gigi.

Untuk itu perlu menjaga dan merawat kesehatan rongga mulut sejak anak-anak sehingga kedepan kebersihan mulut dan gigi menjadi kebutuhan.

Peduli kesehatan gigi bagi anak sekolah dasar oleh Bid Dokkes Polda NTT merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan sebagai program rutin Mabes Polri.

Dalam program peduli kesehatan ini, Bid Dokkes Polda NTT sudah melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat di tempat umum seperti di lokasi Taman Nostalgia bagi masyarakat yang berolahraga dan melakukan aktivitas di tempat umum.

Selama ini, orang terkadang meremehkan kesehatan gigi padahal kerusakan pada gigi bisa menjalar hingga ke jantung dan paru-paru.

“Tanamkan tentang kesehatan gigi pada anak sejak dini,” ujar dokter Rosita mengenai alasan melakukan kegiatan di sekolah dasar.

Regina Sonbai, siswa kelas V SDK St Arnoldus Penfui yang ditemui disela-sela kegiatan tersebut mengaku senang dengan program tersebut karena ada ilmu baru soal cara merawat gigi dan membersihkan gigi.

“Selama ini kita dapat ajaran dari orang tua mengenai cara sikat gigi. Sekarang kita senang karena ada ilmu baru dari dokter dan tenaga kesehatan,” ujarnya.

Disaksikan wartawan di lokasi SDK St Arnoldus Penfui, para siswa dikumpulkan di ruang kelas dan diberikan penjelasan soal kesehatan gigi.

Masing-masing siswa diminta membersihkan mulut dengan air dan selanjutnya petugas memperagakan cara membersihkan gigi yang baik dan benar.
Petugas juga memeriksa satu per satu gigi siswa dan selanjutnya petugas mencatat setiap temuan.

Dokter Rosita pun memandu cara menyikat gigi yang benar. Namun sebelumnya petugas medis membagikan sikat gigi dan pasta gigi kepada anak sekolah dasar.

Selanjutnya puluhan siswa ini mempraktekkan cara menyikat gigi dan membersihkan mulut di halaman sekolah dipandu guru dan petugas medis.
Para siswa pun dengan sukacita memperagakan semua ilmu yang diperoleh dan berjanji akan mengajarkan kepada rekan mereka. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PENDIDIKAN & SASTRA

Polemik Kepemilikan Stikes Nusantara Kupang, LLDIKTI Terima Laporan, Ada yang Tidak Sah

Published

on

Kampus Stikes Nusantara Kupang. (Istimewa)
Continue Reading

PENDIDIKAN & SASTRA

Bersama Tokoh Nasional, Bunda Julie Laiskodat Raih Penghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka 2022

Published

on

PENGHARGAAN. Julie Sutrisno Laiskodat merupakan Bunda Baca dan Bunda Literasi Provinsi NTT mendapat penghargaan prestisius di tingkat nasional.
Continue Reading

PENDIDIKAN & SASTRA

Sukses Gelar Festival Budaya dan Pensi, SMPN 6 Kupang Banjir Pujian, jadi Contoh bagi Seluruh Sekolah

Published

on

BELANJA. Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Drs. Dumuliahi Djami, M.Si., bersama Anggota DPRD Kota Kupang saat membeli produk UMKM yang disediakan para guru dan siswa SMPN 6 Kupang, Jumat (11/11/2022).
Continue Reading