Connect with us

LIFESTYLE & KESEHATAN

Waspadai Kesehatan Anda Jika Bentuk Kuku Anda Seperti Ini

Published

on

Kuku dapat menjadi pintu untuk mengenali kesehatan tubuh seseorang. Bahkan sejumlah masalah kesehatan yang serius, seperti paru-paru, liver, dan jantung dapat dideteksi dengan mengamati bentuk kuku.

Berikut ini, beberapa ciri kuku yang mengisyaratkan kondisi kesehatan yang bermasalah. Sebagaimana dilansir dari Naturalmedicinehouse.com.

  1. Kuku pucat. Meskipun kuku pucat banyak kali berhubungan dengan factor usia, namun ia juga bisa menjadi tanda awal beberapa penyakit serius. Seperti Anemia, penyakit hati, malnutrizi, kegagalan jantung dan diabetes.
  2. Kuku putih. Jika keseluruhan kuku anda putih namun terdapat plek-plek hitam, atau noda hitam, maka itu mengindikasikan penyakit hati. Misalnya, hepatitis dan sakit kuning.
  3. Kuku kuning. Tanda ini menyisaratkan infeksi jamur. Jika dibiarkan bisa tambah parah. Namun, bisa juga dikarenakan masalah lain yang lebih parah. Di antaranya Psoriasis dan Tiroid.
  4. Kuku yang kebiruan. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan oksigen. Dimana disebabkan oleh infeksi paru-paru, atau pneumonia.
  5. Kuku bergelombang. Jika permukaan kuku anda pada ujungnya, terlihat seperti bergelombang, ini adalah indikasi peradangan sendi, atau psoriasis.
  6. Kuku retak dan sobek. Kuku yang kering, dan sering retak, berhubungan dengan penyakit tiroid.
  7. Lipatan kuku bengkak. Ketika kulit disekitaran area kuku mengalami pembengkakan dan merah, maka bertanda gangguan jaringan lupus. Tanda ini juga dikenal dengan peradangan kuku.

Garis gelap di bawah kuku. Apabila anda mendapati gejala ini, sebaiknya ditangani dengan segera. Karena berhubungan dengan salah satu jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Terkadang, ia juga disebabkan oleh Melanoma.

The post Waspadai Kesehatan Anda Jika Bentuk Kuku Anda Seperti Ini appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Akhiri Jabatan Kajari Kabupaten Kupang, Ridwan Angsar Gelar Outbound Family Gathering di Nekamese

Published

on

KOMPAK. Keluarga besar Kejari Kabupaten Kupang berpose bersama saat melakukan outbound family gathering di Sekolah Lapangan Nekamese pada Minggu (5/2/2023).
Continue Reading

LIFESTYLE & KESEHATAN

Rujukan Pasien Maternal dan Neonatal, Dinkes Malaka Ingatkan Semua Faskes Harus Gunakan SISRUTE

Published

on

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, J.F.K. Makbalin dan District Coordinator USAID Momentum Kabupaten Malaka, Silvester Nusa, pada pembukaan acara pertemuan evaluasi layanan SISRUTE.
Continue Reading

LIFESTYLE & KESEHATAN

20 Puskesmas dan Rumah Sakit di Malaka telah Registrasi pada Aplikasi SISRUTE

Published

on

Para peserta dari semua fasilitas kesehatan sedang serius mengikuti pertemuan evaluasi SISRUTE.
Continue Reading