Connect with us

HUKRIM

Profil Lengkap Henderina Malo: Kajari Sikka yang Baru

Published

on

Kajari Sikka, Henderina Malo, S.H., M.Hum.

KUPANG, PENATIMOR – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Nusa Tenggara Timur (NTT), Zet Tadung Allo, S.H., M.H., akan melantik dan mengambil sumpah enam pejabat eselon III dalam jabatan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) dan Koordinator pada Kamis (20/6/2024).

Acara pelantikan, pengambilan sumpah, dan serah terima jabatan eselon III ini akan digelar di Aula Lopo Sasando kantor Kejati NTT pada pukul 09.00 Wita.

Salah satu pejabat yang akan dilantik adalah Henderina Malo, S.H., M.Hum., yang akan menjabat sebagai Kajari Sikka. Berikut profil lengkap Henderina Malo.

 

Latar Belakang Pendidikan

Henderina Malo, yang akrab disapa Ina Malo, lahir di Kupang pada 13 November 1975. Ia berasal dari keluarga sederhana yang menanamkan nilai-nilai kerja keras dan dedikasi sejak dini.

Pendidikan dasar ditempuhnya di SD Inpres Oeba 1 Kupang, lulus pada tahun 1988. Setelah itu, ia melanjutkan ke SMP Negeri 2 Kupang dan lulus pada tahun 1991, kemudian ke SMEA Negeri Kupang (sekarang SMK Negeri 1 Kupang), lulus pada tahun 1994.

Keinginan kuat untuk menuntut ilmu membawa Henderina ke Fakultas Hukum Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang, di mana ia berhasil menyelesaikan studi hukumnya pada tahun 2001.

Tidak berhenti sampai di situ, ia melanjutkan pendidikan pascasarjana dan meraih gelar Magister Humaniora dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang pada tahun 2014.

Karier di Kejaksaan

Henderina Malo memulai kariernya di institusi Kejaksaan pada 1 Maret 1997 sebagai staf Tata Usaha di Kejagung RI. Kariernya di institusi penegak hukum ini terus berkembang, menunjukkan kemampuan dan integritas yang tinggi.

Pada 1 September 1998, ia dipindahkan ke Kejati NTT sebagai staf Tata Usaha. Beberapa tahun kemudian, pada 3 Agustus 2004, ia dipercaya menjadi Kepala Sub Seksi Tata Usaha Negara Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati NTT.

Pada 19 September 2006, Henderina dipromosikan menjadi Jaksa Fungsional di Kejari Rote Ndao. Kinerjanya yang cemerlang membawanya ke posisi Kepala Sub Seksi Penuntutan di Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Sikka pada 22 Desember 2006, diikuti dengan jabatan Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus di Kejari yang sama.

Tidak berhenti di situ, pada 17 September 2012, Henderina dipercaya sebagai Kepala Seksi Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi, dan Eksaminasi Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati NTT.

Pada 26 April 2017, ia dimutasi ke Kejati Nusa Tenggara Barat sebagai Kepala Seksi Pertimbangan Hukum Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara.

Tak lama kemudian, pada 14 Agustus 2017, ia kembali ke NTT sebagai Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejari Kota Kupang dan mendapat promosi sebagai Koordinator di Kejati NTT pada 6 Maret 2019.

Puncak kariernya sebelum menjabat sebagai Kajari Sikka adalah ketika ia dilantik sebagai Kajari Kolaka Utara pada 8 Agustus 2022.

Di Kolaka Utara, Henderina menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan sukses menangani sejumlah kasus korupsi berskala besar. Salah satu prestasi yang menonjol adalah pengungkapan kasus dugaan korupsi proyek pematangan dan penyiapan lahan bandara Kolaka Utara tahun anggaran 2020 dan 2021, yang berujung pada penahanan tiga tersangka.

Penghargaan dan Pengakuan

Sepanjang kariernya di Kejaksaan RI, Henderina Malo telah menerima berbagai penghargaan dan tanda jasa sebagai pengakuan atas dedikasi dan kontribusinya.

Pada tahun 2008, saat bertugas di Kejari Sikka, ia dianugerahi Tanda Jasa Satyalancana Karya Satya X Tahun oleh Presiden RI. Penghargaan ini diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan.

Kemudian, pada tahun 2022, ia menerima Tanda Jasa Satyalancana Karya Satya XX Tahun saat bertugas di Kejati NTT.

Kehidupan Pribadi

Ina Malo juga dikenal sebagai istri dari Absalom Sine, SE., yang pernah menjabat sebagai Plt. Direktur Utama Bank NTT.

Keharmonisan keluarga dan dukungan dari suaminya turut menjadi sumber kekuatan bagi Henderina dalam menjalani tugas-tugas beratnya sebagai penegak hukum.

Visi dan Misi sebagai Kajari Sikka

Sebagai Kajari Sikka yang baru, Henderina Malo memiliki visi untuk memperkuat penegakan hukum yang adil dan transparan di wilayahnya.

Ia berkomitmen untuk memberantas korupsi dan berbagai bentuk kejahatan lainnya, serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Misinya mencakup peningkatan kinerja dan profesionalisme jajaran Kejari Sikka, serta memperkuat koordinasi dengan instansi terkait untuk menciptakan sistem hukum yang lebih efektif.

Dengan rekam jejak yang luar biasa dan pengalaman yang luas, Henderina Malo diharapkan dapat membawa perubahan positif di Kejari Sikka.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini menjadi langkah penting dalam melanjutkan tugas dan tanggung jawab besar di Kejaksaan Negeri Sikka.

Komitmennya untuk integritas dan keadilan menjadi inspirasi bagi banyak pihak, serta memberikan harapan baru bagi masyarakat NTT dalam upaya penegakan hukum yang lebih baik.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah ini bukan hanya seremonial, tetapi juga simbol dari perjalanan panjang seorang profesional yang berkomitmen pada tugas dan pengabdian kepada negara.

Henderina Malo akan melanjutkan perjuangan untuk memastikan hukum tegak dan keadilan tercapai di setiap langkahnya sebagai Kajari Sikka yang baru. (bet)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Zulkarnaen dan Rizky Kase Kembali jadi Tersangka Korupsi Beras Premium Bulog Waingapu, Kasus CBP Tambah 2 Tersangka

Published

on

Lerry Peresly Messakh dan Muhammad Farhan Efendi langsung hendak ditahan di Rutan Kelas II-B Kupang, Kamis (18/7/2024) malam.
Continue Reading

HUKRIM

Upah Tak Dibayar, Puluhan Buruh Mogok Kerja dan Segel Kantor PT Adhi Karya di Kupang

Published

on

Puluhan buruh bangunan menggelar aksi mogok kerja di depan kantor proyek PT Adhi Karya Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Sadis! Suami di NTT Bacok Istri Hingga Tewas Gegara Belum Siapkan Makan Siang

Published

on

Ilustrasi (net)
Continue Reading