Connect with us

PENDIDIKAN & SASTRA

Cegah Kanker Serviks, Alumni Spensa 88 Gelar Tes IVA

Published

on

Tes IVA dilakukan oleh Ikatan Alumni Spensa 88 di Puskesmas Bakunase, Kota Kupang, Sabtu (2/3).

Kupang, penatimor.com – Alumni SMP Negeri 1 Kupang angkatan tahun 1988 (Spensa 88) menggelar kegiatan tes IVA untuk mendeteksi kanker serviks atau kanker mulut rahim, Sabtu (2/3).

Dalam kegiatan peduli kesehatan ini, Spensa 88 bekerja sama dengan Puskesmas Bakunase.

Kegiatan IVA tes dimulai pukul 07.30 hingga selesai.

Ketua Panitia Johanes Bowakh saat diwawancarai, mengatakan, kegiatan tersebut sudah rutin dilaksanakan oleh Spensa 88.

Dan kegiatan kali ini merupakan tahun ketujuh, seiring terus bertambahnya anggota Spensa 88 yang saat ini berjumlah 160 orang.

“Untuk tahun ini ada dua kegiatan, yaitu tes IVA atau pemeriksaan dini kanker serviks terhadap ibu-ibu alumni Spensa 88, istri dari alumni, dan ibu guru SMP Negeri 1 Kupang,” kata Johanes.

Spensa 88 menargetkan 50 orang terlayani dalam kegiatan tersebut.

“Kami juga memberikan informasi kepada masyarakat penting nya pemeriksaan ini kepada ibu-ibu yang sudah berumah tangga,” jelas dia.

Masih menurut Johanes, kegiatan kedua bakal dilakukan pada Sabtu (9/3), yaitu membersihkan lingkungan almamater dan lingkungan sekitar Kelurahan Oetete.

“Kami juga akan melibatkan alumni kami sebelum nya, yaitu bapak Gubernur NTT Viktor Laiskodat, bapak Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore dan bapak Wakapolda NTT Jonhy Asadoma,” sebut Johanes.

Kegiatan kebersihan ini bakal dimulai pukul 07.00 sampai selesai, dan dilanjutkan dengan lomba pidato berbahasa Inggris.

“Kami alumni Spensa 88 juga turut menunjang program dari pemerintah daerah, supaya ikut mengalakan kebersihan di lingkungan. Kami juga menggalakan siswa agar fasih berbahasa Inggris di dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Lomba pidato dalam bahasa Inggris bakal diikuti satu peserta dari masing-masing kelas, dan yang menjadi juri adalah Gubenur NTT, Wali Kota Kupang dan Wakapolda NTT.

“Supaya para juri ini bisa memberikan motivasi kepada para siswa kalau belajar sungguh-sungguh bisa menjadi orang hebat seperti mereka,” imbuh Johanes.

Sementara, Kepala SMP Negeri 1 Kupang Margarice Ratu, S.Pd., mengaku bangga dan berterima kasih atas kegiatan alumni Spensa 88.

“Sebagai kepala sekolah saat ini, saya sangat bangga dengan kegiatan yang dibuat alumni. Mereka sangat peduli dengan almamater mereka, dan membuat kegiatan seperti program yang dibuat pemerintah, serta langsung diimplementasikan di sekolah,” ungkap Margarice.

“Kami sangat bersyukur karena kali ini mereka melakukan program mengenai kebersihan, english day, dan nanti mereka juga akan menyumbang kepada kita bak sampah,” lanjut dia.

Margarice juga menyatakan bangga kepada Spensa 88 yang mempunyai inisiatif menunjang program pemerintah.

“Terima kasih dan bangga karena mereka masih mengingat almamater mereka dan saya sangat berterima kasih,” pungkas mantan guru SMP Negeri 4 Kupang itu. (R3)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Program Peduli TJSL, BRI Cabang Kalabahi Bantu Renovasi Ruang Kelas di Dua Sekolah

Published

on

BRI Cabang Kalabahi menyerahkan bantuan TJSL untuk renovasi ruang kelas sekolah di Kabupaten Alor.
Continue Reading

KOTA KUPANG

Buka Kegiatan Pelatihan Jurnalis, Ketua AJI Kupang: Menulis adalah Kunci Keabadian

Published

on

Penyelenggara, pemateri dan peserta pelatihan jurnalis untuk generasi milinial di era digital berpose bersama.
Continue Reading

PENDIDIKAN & SASTRA

Alumni Smantiq Kupang Bergerak Memajukan Sekolah dan Saling Mendukung

Published

on

Roberth Jimmy Lambila berpose bersama beberapa alumni Smantiq Kupang beserta keluarga. Diabadikan di Cafe Ambuja Kupang, Jumat (22/9/2023) malam.
Continue Reading