Connect with us

PENDIDIKAN & SASTRA

Dipimpin Beny Mauko, SMPN 6 Kupang jadi Tuan Rumah Hardiknas, Setelah 43 Tahun Berdiri

Published

on

Wali Kota Kupang Dr Jefri Riwu Kore bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Dumul Djami dan Kepala SMP 6 Kupang Beny Mauko saat puncak perayaan Hardiknas 2022, Sabtu (14/5/2022).

KUPANG, PENATIMOR – Keluarga besar SMP Negeri 6 Kupang patut berbangga karena terpilih menjadi tuan rumah perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 tingkat Kota Kupang.

Seremonial yang digelar pada Sabtu (14/5/2022) itu pun berjalan sukses, sarat dengan nuansa budaya dan meriah.

Penetapan SMPN 6 Kupang sebagai tuan rumah perayaan Hardiknas 2022 dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Dumul Djami pada saat menggelar perayaan Natal bersama beberapa waktu lalu.

Kepala SMPN 6 Kupang Beny Mauko, S.Pd.,M.Hum., mengatakan, kepercayaan tersebut merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi SMPN 6 Kupang.

Keputusan menjadikan SMPN 6 sebagai tuan rumah Hardiknas, menurut Beny Mauko, merupakan keputusan yang cepat dan mendadak yang diambil oleh Kepala Dinas.

Namun sebagai kepala sekolah, Beny merasa bangga karena meski sekolah ini berada di pinggiran kota, namun dipilih untuk menjadi penyelenggara upacara peringatan Hardiknas tahun 2022.

Beny Mauko mengaku keluarga besar SMPN 6 Kupang sangat berterima kasih kepada pemerintah atas kepercayaan tersebut.

“Walaupun sekolah kami ini berada di pinggiran kota, namum ini merupakan sebuah penghargaan yang patut kami bayar lunas dengan cara mempersiapkan segala sesuatu dengan baik berkenaan dengan upacara ini,” sebut Beny.

“Selama 43 tahun SMP ini ada di Kota Kupang, ini merupakan momen perdana bagi SMP 6 Kupang untuk mengelola sebuah kegiatan yang sangat besar. Mohon maaf atas semua kelemahan kami dalam mempersiapkan upacara ini,” lanjut dia.

Sebelum puncak peringatan Hardiknas tersebut, SMPN 6 Kupang juga telah melaksanakan serangkaian kegiatan, seperti bakti sosial di sepanjang pantai, dan ziarah ke makam para guru dan kepala sekolah yang pernah mengabdi di SMPN 6 sebagai refleksi dan penghargaan kepada jasa mereka.

Selain itu, melaksanakan kegiatan lomba dengan dua kategori, yakni untuk kategori SD dilaksanakan lomba TikTok edukasi dan bagi SMP dilaksanakan lomba reportasi.

Para pemenang dari kedua kategori lomba ini juga diberikan penghargaan berupa uang tunai dan sertifikat yang diserahkan secara langsung baik oleh Wali Kota Kupang maupun Kepala Dinas dan jajaran terkait.

Pada kesempatan itu juga diumumkan SMPN 6 Kota Kupang menjadi juara 2 lomba karya ilmiah tingkat SMP yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Keberhasilan ini merupakan suatu kebanggaan bagi SMPN 6 Kupang karena mampu memberikan prestasi, bukan saja di bidang non akademik, namun juga di bidang akademik.

Beny berharap, kedepannya SMPN 6 Kupang lebih menjadi sekolah yang memiliki mutu yang baik lewat program Merdeka Belajar.

“Program Merdeka Belajar tidak hanya lahir dari konsep, namun bisa diterapkan sehingga berdampak pada pembelajaran di masa yang akan datang,” tandas Beny Mauko.

Pantuan media ini di sela-sela puncak perayaan Hardiknas, dilakukan penyerahan hadiah kepada para siswa-siswi yang menjuarai lomba karya tulis ilmiah tingkat SD-SMP lingkup Kota Kupang.

Adapun pemberian penghargaan kepada 27 sekolah penggerak di Kota Kupang untuk tingkat SD-SMP.

Selain itu pemberian penghargaan kepada tiga orang pemerhati pendidikan di Kota Kupang, dan juga penghargaan kepada para pemenang lomba Olimpiade Sains Nasional.

Kepala SMPN 6 Kupang juga mengajak Wali Kota Kupang Dr Jefri Riwu Kore beserta jajaran dan para tamu undangan untuk mengelilingi satu lokasi destinasi literasi dan wisata edukasi yang dibangun oleh SMPN 6 dan terletak di belakang sekolah itu.

Wali Kota Jefri Riwu Kore dan para tamu undangan juga disuguhi dengan aneka kuliner khas NTT hasil olahan para siswa SMPN Kupang. (wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PENDIDIKAN & SASTRA

MERIAH! Gebyar Pembagian Raport SMPN 6 Kupang, Guru dan Siswa Dapat Penghargaan

Published

on

BAGI RAPORT. Pembagian raport bagi siswa SMP Negeri 6 Kupang dikemas dengan cara yang aktraktif menggunakan konsep "Gebyar Pembagian Raport", Senin (20/6/2022).
Continue Reading

PENDIDIKAN & SASTRA

SMPN 6 Kupang Lepas 248 Lulusan dengan Prosesi Unik, Kepsek Beberkan Segudang Prestasi, Komite dan Orangtua Beri Apresiasi

Published

on

LEPAS LULUSAN. Kepala SMPN 6 Kupang, Beny Mauko, S.Pd., M.Hum.,menyerahkan map yang berisi raport dan SKL kepada para lulusan dalam sebuah prosesi yang unik di aula sekolah itu, Rabu (15/6/2022).
Continue Reading

PENDIDIKAN & SASTRA

Presiden Jokowi Kunjungi Taman Renungan Bung Karno di Ende

Published

on

Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana mengunjungi Taman Renungan Bung Karno, di Ende, NTT, Rabu (01/02/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Continue Reading
error: Content is protected !!