Connect with us

HUKRIM

Vonis 2,8 Tahun Penjara Inkracht, Polce Lani Cs Segera Dieksekusi ke Lapas Kupang

Published

on

Polce Lani cs saat dibawa JPU ke Rutan Kelas IIB Kupang untuk menjalani penahanan.

OELAMASI, PENATIMOR – Polce Lani cs, terdakwa pencurian ternak sapi di Kabupaten Kupang segera menjalani masa hukuman sebagai terpidana di Lapas Kelas IIA Kupang.

Polce yang juga pecatan anggota Polri itu bersama 7 terdakwa lain telah divonis bersalah oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Oelamasi, Kabupaten Kupang.

Sesuai amar putusan yang dibacakan hakim di persidangan pada (29/12/2021), Polce Lani dan 5 terdakwa lainnya yang berperan sebagai eksekutor dijatuhi hukuman penjara, masing-masing selama 2 tahun, 8 bulan.

Sedangkan dua terdakwa lainnya yang berperan sebagai penadah divonis hukuman 1 tahun, 4 bulan penjara.

Pasca pembacaan putusan ini, pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan Penasehat Hukum terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Namun hingga waktu yang diberikan majelis hakim untuk pikir-pikir tersebut usai, tidak ada pihak yang melakukan upaya hukum banding, dengan demikian putusan tersebut secara otomatis telah berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

Dengan inkracht nya putusan tersebut, JPU Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kupang berencana pada pekan depan segera melakukan eksekusi terhadap para terpidana di Lapas Kelas IIA Kupang.

“Kita rencana minggu depan akan melakukan eksekusi terhadap para terdakwa ke Lapas Kupang,” kata JPU Shelter F. Wairata, SH.

Vonis hukuman terhadap para terdakwa ini jauh lebih rendah dari tuntutan JPU sebelumnya.

Sebelumnya, Polce Lani cs dituntut JPU Kejari Oelamasi dengan hukuman penjara masing-masing selama 4 tahun.

Sementara untuk dua terdakwa yang berperan sebagai penadah, Yonathan Soludale dan Karel Antonius Napa, dituntut masing-masing 2 tahun penjara.

Surat tuntutan dibacakan JPU Vinsya Murtiningsih, SH., dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Oelamasi, Rabu (15/12/2021) siang.

Polce Lani yang adalah pecatan anggota Polri itu bersama 5 rekannya menjadi terdakwa perkara tindak pidana pencurian dua ekor ternak sapi di Desa Sumlili, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Keenam terdakwa ini berperan sebagai eksekutor, masing-masing Polce Lani (43), Magelhans Yonas Y. Adu alias Hans (42), Rio Mooy (35), Yonathan Ndun alias Nathan (39), Agustinus Adu alias Agus (38) dan Fransiskus Soge Watun alias Ola Soge (45).

Perbuatan para terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 363 ayat (1) ke-1 dan ke-4 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sidang perkara ini dipimpin Hakim Ketua Ikrarniekha Elmayawati Fau, SH., MH., didampingi Hakim Anggota Afhan Rizal Alboneh, SH., dan Fridwan Fina, SH.

Sementara tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dihadiri Pethres M. Mandala, SH., Shelter F. Wairata, SH., dan Vinsya Murtiningsih, SH. (wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

TPDI Bakal Laporkan Kajari Ende ke Jaksa Agung

Published

on

Petrus Salestinus
Continue Reading

HUKRIM

Polda Periksa Buang Sine, Sempat Berdebat dengan Rudy Soik

Published

on

Buang Sine saat bertemu Rudy soik di Mapolda NTT.
Continue Reading

HUKRIM

Eddy Latuparissa Cs Segera Disidangkan, Kuasa Hukum: Ada Ketidakadilan Hukum

Published

on

Kuasa hukum tersangka, San Albrenus Fattu, SH., dan Petrus Ufi, SH., saat memberikan keterangan pers, Senin (17/1/2022).
Continue Reading
error: Content is protected !!