Connect with us

HUKRIM

Lapas Kalabahi Digeledah, Sejumlah Barang Dimusnahkan

Published

on

Tim Divpas Kanwil Kemenkumham NTT melakukan pemeriksaan warga binaan di Lapas Kalabahi, Kabupaten Alor.

KALABAHI, PENATIMOR – Sebagai bagian dari upaya mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban pada Lapas/Rutan serta modus pengendalian peredaran narkoba yang dilakukan warga binaan, Tim Satgas Kamtib dari jajaran Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT kembali melaksanakan razia dan penggeledahan pada blok hunian Lapas Kelas IIB Kalabahi, Senin (22/11/2021) pukul 09.00 Wita.

Kegiatan ini, dipimpin Kabid Kabid Peltah, Watkesrehab, Lola Basan/Baran, dan Keamanan, Wagiso, dan 7 anggota Divisi Pemasyarakatan, bersama Regu pengamanan yang bertugas saat itu.

Dalam arahannya sebelum pelaksanaan razia dan penggeledahan, Wagiso mengingatkan bahwa kewaspadaan terhadap adanya gangguan kamtib penting untuk terus dilakukan dan ditingkatkan.

“Kegiatan ini adalah upaya bersama dalam melakukan deteksi dini untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban dalam Lapas. Dan hal ini tentu saja harus dilakukan secara berkesinambungan, baik secara rutin maupun insidentil, guna mewaspadai penyelundupan barang-barang seperti handphone dan narkoba, yang penggunaannya dilarang di dalam Lapas/Rutan” ujarnya.

Kegiatan penggeledahan ini dilaksanakan pada blok I dan II yang telah ditentukan dengan mengeluarkan seluruh penghuni agar tidak berada di dalam kamar hunian sehingga tim yang melakukan sidak dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Penggeledahan badan dan kamar terhadap dua blok tersebut untuk memastikan tidak adanya barang-barang terlarang yang dapat memicu terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Kalabahi, seperti handphone, narkoba, dan senjata tajam juga sarana instalasi listrik secara liar yang mungkin berada di dalam blok hunian.

Selanjutnya, dari hasil penggeledahan tersebut, Tim Satgas menyita dan mencatat barang-barang yang tidak diperbolehkan berada di dalam kamar hunian, seperti pemantik, botol kaca, paku, sendok besi, dan pakaian melebihi batas yang ditentukan.

Kondisi kamtib dalam Lapas Kalabahi terpantau aman dan terkendali selama Tim gabungan melakukan razia dan penggeledahan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Usai penggeledahan, Tim Satgas Kamtib Kanwil NTT langsung melakukan pendataan dan pemusnahan barang-barang yang berhasil diamankan saat itu juga sesuai berita acara pemusnahan. (wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Penangkapan Advokat DWW, Perekat Nusantara Protes Keras Jaksa Agung

Published

on

Petrus Salestinus
Continue Reading

HUKRIM

Polisi Tetapkan Randy sebagai Tersangka

Published

on

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Rishian Krisna.
Continue Reading

HUKRIM

Iban Medah Diduga Rugikan Negara Rp 9,6 Miliar

Published

on

Ibrahim Agustinus Medah saat hendak dibawa ke Rutan Kupang untuk menjalani penahanan.
Continue Reading
error: Content is protected !!