Connect with us

EKONOMI

Bantu Ekonomi Masyarakat Saat Pandemi Covid-19, GMIT Hosana Sungkaen Gelar Pasar Rakyat

Published

on

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore didampingi Ketua Majelis Klasis Kota Kupang Timur, Pdt. Samuel Pandie, S.Th., dan Ketua Tim Penggerak Ekonomi Klasis Kota Kupang Timur, Absalom Sine, memantau stand pasar rakyat Loti K3T.

KUPANG, PENATIMOR – Peran aktif gereja sangat dibutuhkan agar dapat membantu pemerintah dalam percepatan ekonomi bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Hal ini dilakukan oleh Jemaat GMIT Hosana Sungkaen, Klasik Kota Kupang Timur dengan membuka UMKM “Pasar Rakyat Loti K3T”.

Kegiatan UMKM GMIT Hosana Sungkaen ini merupakan peran dari Majelis Klasik Kota Kupang Timur.

Pasar Rakyat Loti K3T” berada di Jalan Jembatan Petuk 2, Kecamatan Maulafa Kota Kupang.

Ketua Majelis Klasis Kota Kupang Timur, Pdt. Samuel Pandie, S.Th., dan Ketua Tim Penggerak Ekonomi Klasis Kota Kupang Timur, Absalom Sine.

Kegiatan UMKM dengan menjual kuliner pangan lokal ini dilaunching langsung oleh Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore, Selasa (19/10/2021) petang.

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore pada kesempatan itu, mengatakan, kegiatan kuliner sangat membantu masyarakat Kota Kupang khusus Jemaat GMIT Hosana Sungkaen.

“Ini juga merupakan sponsor kreativitas luar biasa dari Klasis Kota Kupang Timur dalam membantu perekonomian yang saat ini sangat lesu,” ujar Wali Kota.

Stan Pasar Rakyat Loti K3T.

Lanjutnya, gereja adalah bagian terpenting dalam kemitraan bersama pemerintah, sehingga peran aktif sangat dibutuhkan. Contohnya lewat kegiatan UMKM yang dilaksanakan.

Wali Kota juga mengucapkan terima kasih atas peran gereja, khususnya Klasis Kota Kupang Timur yang membantu pemerintah dalam kegiatan percepatan ekonomi.

Sementara, Ketua Tim Penggerak Ekonomi Klasis Kota Kupang Timur, Absalom Sine, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan karena pandemi Covid-19 telah mempengaruhi semua sendi kehidupan masyarakat dan di dalamnya ada jemaat Klasis Kota Kupang Timur.

“Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi seluruh sendi kehidupan masyarakat. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan kehilangan kesempatan untuk berusaha. Sehingga dibentuklah tim percepatan ekonomi, dimana kami mulai mendata persoalan ekonomi yang dihadapi oleh jemaat Klasis Kota Kupang Timur,” jelas Absalom.

“Setelah itu, menciptakan peluang pasar bagi pelaku usaha khususnya bagi usaha kecil mikro yang bergerak di bidang industri olahan, khususnya pangan atau kuliner bagi jemaat, untuk membantu meningkatkan ekonomi jemaat klasis Kota Kupang Timur,” lanjut dia.

Sementara, Ketua Majelis Klasik Kota Kupang Timur, Pdt. Samuel Pandie, S.Th., katakan kegiatan pasar rakyat untuk meningkatkan ekonomi jemaatnya.

“Pasar rakyat dilakukan setiap hari Senin sampai Sabtu dimulai pukul 10.00 pagi sampai 20.00 malam dengan 15 stan UMKM. Lokasi sendiri juga merupakan pilihan jemaat GMIT Hosana Sungkaen,” kata Samuel.

Lanjutnya, target UMKM di wilayah Klasis Kota Kupang Timur ada 100 UMKM, dan akan dipermanenkan dalam tahun ini dengan melibatkan semua gereja di wilayah Klasis Kota Kupang Timur.

“Kita juga akan menggandeng stakeholder untuk bisa membantu menata lokasi ini dengan baik,” imbuhnya.

Untuk pasar rakyat berikutnya akan dibuka oleh Jemaat GMIT Marturia yang akan membuka lokasi UMKM pangan lokal. (wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Masyarakat Sao di Ngada Belajar Metode Hutan Bambu Lestari

Published

on

Sebanyak 30 orang perwakilan komunitas Sao di Desa Radabata, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur mengikuti Sosialisasi dan Workshop Metode Hutan Bambu Lestari (HBL) & Pengelolaan Keuangan Keluarga di Kampus Desa Bambu Turetogo, Yayasan Bambu Lestari yang berlangsung 23-25 November 2021.
Continue Reading

EKONOMI

Cari Kebutuhan di SPEKTRA FAIR Penuh Cuan Raih Diskon Angsuran Sebesar Rp 500 Ribu

Published

on

Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya (kiri), dan Astra Multifinance President Director (SPEKTRA), Ardian Prasetya (kanan), saat meresmikan penyelenggaraan SPEKTRA FAIR yang dilaksanakan di 49 titik di Indonesia mulai 23-30 November 2021.
Continue Reading

EKONOMI

UMP 2022 Tak Berpihak ke Pekerja Media, AJI Pusat Sentil Kasus PHK Jurnalis TIMEX

Published

on

Logo Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Foto: NET
Continue Reading
error: Content is protected !!