Connect with us

PENDIDIKAN

Peringati Hardiknas 2021, Mendikbudristek Berbusana Khas NTT

Published

on

Mendikbudristek Nadiem Makarim saat memimpin upacara peringatan Hardiknas 2021 mengenakan pakaian khas dari Pulau Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jakarta, penatimor.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara Hardiknas 2021.

Dia tampak gagah dengan berbusana daerah asal Kabupaten Rote Ndao, Provinsi NTT.

Pada kesempatan tersebut, Nadiem menyampaikan pidatonya, yang bertema ‘Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar’.

“Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang,” tutur Nadiem Makarim pada upacara peringatan Hardiknas 2021 di halaman Kantor Kemendikbudristek Jakarta, Minggu (2/5).

Nadiem mengatakan, terdapat empat upaya perbaikan terus dikerjakan bersama dengan berbagai elemen masyarakat. Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi.

Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya, serta Keempat, yaitu perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

Menurut Nadiem, sebanyak sepuluh episode Merdeka Belajar juga telah diluncurkan dan masih banyak lagi terobosan-terobosan Merdeka Belajar mendatang yang akan dilakukan oleh Kemendikbudristek.

“Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan,” sambung Nadiem.

Menanggapi krisis pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, Nadiem mengingatkan bahwa krisis tersebut memberikan kesempatan kita bersama untuk menuai kemajuan.

Indonesia, lanjutnya, perlu memahami bahwa pandemi bukanlah satu-satunya tantangan yang dihadapi. Di depan, masih membentang sederet tantangan yang akan dan harus dilalui bersama.

“Mari kita lalui segala tantangan dengan inovasi dan solusi. Mari kita ciptakan sejarah yang gemilang dan tak terbantahkan oleh dunia,” ujar Nadiem.

Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kemendikbudristek Franka Makarim juga turut mengucapkan selamat Hardiknas 21.

Menurutnya, salah satu pelajaran yang didapat dari pandemi Covid-19 ini adalah tantangan bagaimana menjadi orang tua di saat anak-anak harus belajar dari rumah.

“Saya juga belajar banyak selama satu tahun terakhir, termasuk menyadari betapa besarnya peranan ibu dan bapak guru dalam memastikan anak-anak belajar dan berkembang serta membangun karakter mereka dengan baik,” ungkap Franka. (esy/eti)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

LUAR BIASA! Anak Petani Asal Sumba Barat Lolos Seleksi Akpol

Published

on

Richard Daddy Balli Leba Ari
Continue Reading

HUKRIM

Polda NTT Kirim 4 Catar Akpol ke Seleksi Pusat, Ada Johannes Jaha Asal Alor

Published

on

Empat calon taruna-taruni Akpol 2021 yang segera dikirim mewakili Polda NTT ke seleksi tingkat pusat di Semarang. Tampak mereka didampingi orangtua/wali sedang mendengar arahan dari Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif.
Continue Reading

PENDIDIKAN

Wapres Ma’ruf Amin Tutup Konferensi Nasional Sishankamrata Abad Ke-21

Published

on

Wakil Presiden RI K. H. Ma’ruf Amin menutup secara resmi Konferensi Nasional Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta Abad ke-21 pada tanggal 18 Juni 2021 di Kampus Bela Negara, Universitas Pertahanan RI.
Continue Reading