Connect with us

HUKRIM

Pengacara Bupati Manggarai Barat jadi Tersangka dan Ditahan Jaksa, Ini Tanggap Peradi Kupang

Published

on

Fransisco Bernando Bessi.

Kupang, penatimor.com – Penetapan tersangka terhadap advokat senior Peradi Kupang, Ali Antonius, SH., oleh penyidik Tipidsus Kejati NTT, menuai reaksi keras dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kupang.

Fransisco Bernando Bessi, SH.,MH., selaku kuasa hukum, mengatakan penetapan tersangka dan penahanan terhadap Ali Antonius yang adalah kuasa hukum Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dulla, sebagai bukti matinya keadilan di negeri ini.

“Ini bukti meninggalnya proses keadilan secara hukum. Tidak ada nurani bagi penegak hukum, karena menurut kami beliau menjalankan profesinya sebagai advokat,” ujar Fransisco usai mendampingi Ali Antonius, Kamis (17/2/2021).

Lanjut Fransisco, pihaknya menghargai proses hukum yang tengah dilakukan penyidik Kejati NTT.

Sebagai bentuk dukungan, Peradi Kupang akan melakukan pendampingan dalam proses hukum selanjutnya.

“Kalaupun berbeda pandangan dengan teman-teman penyidik di Kejati NTT itu merupakan hal biasa, tetapi tentu kami punya pendapat dan pandangan yang berbeda,” tandasnya.

Sebelumnya, dalam kasus dugaan pemberian keterangan palsu, Penyidik Kejati NTT telah menetapkan dua tersangka, yakni Fransiskus Harum dan Zulkarnain Djuje.

Penetapan Ali Antonius sebagai tersangka setelah tim penyidik Tipidsus Kejati NTT mengelar rekonstruksi dan juga menemukan tiga alat bukti, berdasarkan keterangan saksi-saksi yang bersesuaian, keterangan ahli dan petunjuk

Sehingga jaksa kemudian menetapkan advokat senior Peradi Kupang itu sebagai tersangka karena diduga sebagai aktor intelektual pengarahan saksi.

Keterangan palsu ini terungkap dalam sidang praperadilan kasus dugaan korupsi pengalihan aset tanah negara di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, seluas 30 hektare lebih, dimana Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dulla juga ditetapkan sebagai tersangka. (wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Tuntutan Belajar Online, Pelajar SMA di Kupang Nekat Curi HP

Published

on

Pelaku dan barang bukti diamankan tim Buser Polres Kupang Kota.
Continue Reading

HUKRIM

Penemuan Mayat Gadis 18 Tahun di Kupang, Banyak Luka Tusuk

Published

on

Penemuan mayat gadis di Kelurahan Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Reses, Nining Basalamah Edukasi Warga Kelapa Lima Cegah Covid-19

Published

on

Anggota DPRD Kota Kupang Nining Basalamah menggelar reses di wilayah RT 06/RT 07, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Jumat (20/2/2021) petang.
Continue Reading