Connect with us

UTAMA

Komisi I Apresiasi Dinas Dukcapil Kota Kupang, Dorong Pembangunan Kantor Dilanjutkan

Published

on

Yuvensius Tukung

Kupang, penatimor.com – Komisi I DPRD Kota Kupang menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang.

Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang, Yuvensius Tukun dan dihadiri Kadis Dukcapil Kota Kupang Drs. Agus Ririmasse, Selasa (18/8/2020) siang.

Yuvensius Tukun pada kesempatan itu, menjelaskan RDP dimaksudkan untuk mendengarkan informasi yang berkaitan dengan pelayanan Dukcapil kepada masyarakat.

“Kita ingin tahu gambaran terkait perkembangan pelayanan yang sedang berjalan pada Dinas Dukcapil. Ini tentang pelayanan pemerintahan Kota Kupang melalui tugas dan peran dari Dinas Dukcapil,” kata Yuvensius.

Termasuk pelayanan melalui aplikasi Simpel (Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Terintegrasi Secara Elektronik) yang baru diluncurkan Dinas Dukcapil Kota Kupang.

“Sehingga kita juga ingin tau seperti apa kekurangan nya, dan seperti apa hambatannya,” kata Yuvensius.

Menurut legislatif asal Nasdem itu, pelayanan Dinas Dukcapil dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat oleh pemerintah Kota Kupang, merupakan tugas dan tanggung jawab bersama.

“Hal ini penting bagi kami mendapatkan informasi, agar menjadi referensi dalam hal intervensi kebijakan umumnya, termasuk bagaimana dari sisi politik anggarannya,” jelas Yuvensius.

“Sepintas kita juga sudah melihat ada progres dalam pelayanan pada masyarakat yang luar biasa. Ini sudah ditampilkan oleh Dinas Dukcapil Kota Kupang ini,” sambung dia.

Namun ada juga sisi lain yang menjadi pekerjaan rumah, yaitu penunjang pelayanan seperti anggaran yang masih sangat terbatas.

“Laporan yang kami terima dari pak Kadis Dukcapil bahwa masih kekurangan sarana prasarana, seperti kursi untuk pelayanan yang masih terbatas, ruang parkir kendaraan, komputer yang sangat terbatas, serta motor pelayanan yang terbatas,” sebut dia.

Dimana Dinas Dukcapil sangat bersemangat untuk memberikan pelayanan lebih dekat kepada masyarakat. Itu pun bisa di kecamatan dan kelurahan yang berbasis motor dan mobil.

Kemudian mereka juga berkerja dengan tensi yang tinggi bahkan untuk sementara masih berlaku pelayanan pada masyarakat 1 x 24 jam.

Walaupun sifatnya sementara dalam rangka HUT ke-75 Republik Indonesia sekaligus tiga tahun masa kepemimpinan Jefri Riwu Kore dan Hermanus Man

“Apalah arti jika semangat kerja melayani masyarakat ini kalau kemudian tidak ditunjangi dengan anggaran yang memadai. Sehingga kita berharap agar pemerintah daerah memperhatikan anggarannya,” tandas Yuvensius.

Adapun poin penting dalam RDP ini terkait dengan fasilitas perkantoran Dinas Dukcapil yang sampai saat masih dalam polimik dan belum selesai dibangun.

Sehingga Komisi I masih berkoodinasi dengan Komisi III DPRD Kota Kupang dan akan dibahas dalam sidang paripurna.

Komisi I akan mendorong agar pembangunan kantor Dinas Dukcapil dilanjutkan kerja pada tahun 2021.

“Namun kalau tidak jadi, kami berharap agar ada alternatif kantor mana yang bisa digunakan oleh Dukcapil Kota Kupang. Dari sekian poin ini yang kami prioritaskan nanti pada puncaknya di pembahasan,” sebutnya.

“Dengan RDP yang dilakukan sejak awal dan kita diskusikan bersama, sehingga kita lebih mudah nanti untuk mendorong atau menyepakati apa yang menjadi kebutuhan dalam postur angaran yang kita miliki nanti,” pungkas anggota DPRD dua periode ini. (wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

JPU Kejati NTT Ingin Loe Mei Lien Dihukum 18,5 Tahun Penjara

Published

on

Sidang virtual dengan agenda pembacaan tuntutan JPU untuk terdakwa Loe Mei Lien di Pengadilan Tipikor Kupang, Rabu (25/11/2020).
Continue Reading

HUKRIM

Total Tuntutan Hukuman untuk Wilyam Kodrata Capai 17 Tahun Penjara

Published

on

Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan JPU untuk terdakwa Wilyam Kodrata di Pengadilan Tipikor Kupang, Rabu (25/11/2020).
Continue Reading

HUKRIM

Usut Kasus Penganiayaan dengan Senjata Tajam di depan RS Dedari Kupang, Polisi Periksa Saksi Tambahan

Published

on

Kasat Reskrim Iptu Hasri Manasye Jaha, SH.
Continue Reading