Connect with us

UTAMA

Jokowi Jelaskan Makna Busana Adat TTS yang Dikenakannya

Published

on

Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Kabupaten TTS saat upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Kupang, penatimor.com – Presiden RI Ir. Joko Widodo alias Jokowi memperkenalkan pakaian adat asal Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dikenakannya saat perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Jokowi melalui laman akun fanpage facebook nya bahkan menjelaskan makna yang terkandung dari busana adat yang dipakainya.

“Tahukah Anda, dari daerah mana gerangan busana adat yang saya kenakan di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, hari ini? Dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur,” tulis Jokowi.

Busana ini menurut Presiden Jokowi, berupa kain tenun dengan motif Berantai Kaif Nunkolo. Motifnya dimodifikasi dari bentuk belah ketupat dengan batang tengah yang berartì sumber air. Bagian pinggirnya yang seperti bergerigi melambangkan wilayah berbukit dan berkelok-kelok.

Sementara, lanjut Jokowi, warna merah melambangkan keberanian laki-laki Nunkolo, serta berbagai aksesori yang menambah indah kain tenun ini, termasuk tas sirih pinang yang tersampir di samping. Makan sirih pinang adalah budaya persatuan, juga melambangkan tanda kasih dan hormat.

Pada postingan yang lain, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, hari ini, digelar secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Kendati begitu, kehadiran secara virtual para tamu undangan serta masyarakat yang mengikuti jalannya upacara dari berbagai tempat menjadikan upacara ini tetap meriah dan berwarna.

Tujuh belas dentuman meriam yang menggelegar dari arah Taman Monumen Nasional disertai sirene panjang, pembacaan naskah proklamasi, pengibaran bendera Merah Putih oleh tiga anggota Paskibraka, semuanya berlangsung lancar. Prosesi acara ditutup dengan persembahan lagu “Hari Merdeka” dan “Syukur” oleh Gita Bahana Nusantara.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengenakan pakaian adat asal Kabupaten Sabu Raijua, NTT.

“Saya menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD di Senayan, pagi ini, dan menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Kali ini saya datang dengan busana adat, dari salah satu pulau terdepan di ujung selatan Indonesia. Tahukah Anda, dari pulau mana gerangan busana yang saya kenakan ini?,” tulis Jokowi saat itu. (wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Mantan Karyawati Bank NTT Diamankan Polisi, Diduga Gelapkan Motor di Kupang

Published

on

Terlapor MYN alias Yolan (29) saat diperiksa penyidik Unit Reskrim Polsek Kelapa Lima.
Continue Reading

HUKRIM

Polda NTT Bekuk 3 Pencuri Battrey Tower Telkomsel di Kupang

Published

on

Tiga pelaku pencuri battrey tower PT Telkomsel ketika dibekuk tim Resmob Subdit III Jatanras, Ditreskrimum, Polda NTT.
Continue Reading

EKONOMI

Grab Bersama Emtek Targetkan Percepatan Digitalisasi UMKM di Kupang Melalui Program Kota Masa Depan

Published

on

Director of East Indonesia, Grab Indonesia, Halim Wijaya (kanan) secara simbolis menyerahkan donasib erupa oxygen generator kepada Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man (kiri) di Kupang (14/10/2021).
Continue Reading
error: Content is protected !!