Connect with us

HUKRIM

Pantau Pemindahan Narapidana, Kakanwil Kemenkumham Apresiasi Lapas Kupang

Published

on

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) NTT Marciana Djone melakukan kunjungan ke Lapas Kelas IIA Kupang, Kamis (2/7/2020).

Kupang, penatimor.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) NTT Marciana Djone melakukan kunjungan ke Lapas Kelas IIA Kupang, Kamis (2/7/2020).

Kunjungan ini dalam rangka memantau 15 orang narapidana yang telah dipindahkan dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kupang ke Lapas Kupang.

Marciana pada kunjungan tersebut mengatakan, pemindahan narapidana
ini dilakukan untuk mencegah over kapasitas dan untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

“Pemindahan ini dilakukan mengingat para narapidana tersebut telah memiliki putusan yang berkekuatan hukum tetap (incracht), serta untuk mencegah over kapasitas dan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban,” kata Marciana.

Dengan pemindahan para narapidana yang dilakukan agar dapat memperhatikan protokol kesehatan yaitu dengan melakukan pencucian tangan, penggunaan masker, pengukuran suhu tubuh dan penempatan ke-15 narapidana di ruang isolasi yang telah disediakan selama 14 hari.

Pada kesempatan itu Marciana yang didampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kupang, Badarudin, menyempatkan diri untuk berkomunikasi dengan narapidana pada blok isolasi.

Menurut warga binaan pemasyarakatan ini, kondisi di Lapas Kupang sangat nyaman, bersih dan luas, sehingga mereka mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kakanwil Kemenkumham NTT untuk memindahkan mereka dari Rutan ke Lapas.

Usai memantau ruang isolasi, Kakanwil berkeliling di beberapa blok hunian untuk melihat keadaan dan berbincang dengan para narapidana.

Salah satu narapidana yang ditemui mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi terhadap pelayanan pada Lapas Kelas II A Kupang.

Menurutnya Lapas Kupang telah memberikan yang terbaik dalam proses pembinaan serta pemenuhan hak-hak narapidana seperti pemberian layanan kesehatan, pemberian makanan yang sehat dan bergizi serta ketersediaan air yang cukup.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Ibu Kakanwil dan Kalapas serta petugas Lapas Kupang yang dengan ramah memberikan pelayanan dan proses pembinaan kepada kami. Begitu juga dengan makanan yang diberikan kepada kami sangat layak dan rasanya seperti masakan yang kami makan di rumah kami sendiri,” ujar salah satu narapidana.

Mengakhiri kunjungan Marciana berpesan kepada Kalapas dan jajaran agar mempertahankan dan terus meningkatkan pelayanan yang dilaksanakan pada Lapas Kupang.

“Saya lihat pelayanan di Lapas Kupang sudah baik. Ini perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan untuk kebaikan kita bersama, dan juga untuk narapidana agar mereka dapat merasa aman, nyaman dan tidak tertekan selama menjalani masa pidana,” tutup Marciana. (*/wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Mantan Kacab Bank NTT Surabaya Dihukum 10 Tahun Penjara, JPU-Terdakwa Banding

Published

on

Sidang virtual dengan agenda pembacaan putusan majelis hakim untuk terdakwa Dedakus Leba di Pengadilan Tipikor Kupang, Jumat (20/11/2020).
Continue Reading

HUKRIM

Kejati NTT Pulihkan Kerugian Negara Rp 128 M, Dikembalikan Seluruhnya dalam Bentuk Uang dan Aset

Published

on

Kasi Penkum Kejati NTT, Abdul Hakim.
Continue Reading

HUKRIM

JPU Kejati NTT Tuntut Siswanto Kodrata Dipenjara 8 Tahun, Bayar Denda Rp 750 Juta

Published

on

Sidang virtual dengan agenda pembacaan tuntutan JPU untuk terdakwa Siswanto Kodrata di Pengadilan Tipikor Kupang, Kamis (26/11/2020).
Continue Reading