Connect with us

HUKRIM

Belasan Karyawan Bank NTT Terlibat Kredit Macet Rp 139 Miliar

Published

on

Direktur Kepatuhan Bank NTT, Hilarius Minggu.

Kupang, penatimor.com – Direktur Kepatuhan Bank NTT Hilarius Minggu membenarkan adanya oknum karyawan Bank NTT yang terlibat dalam kredit macet Bank NTT Cabang Surabaya tahun 2018 senilai Rp 139 miliar dengan estimasi kerugian negara Rp 127 miliar.

Menjawab wartawan usai menjalani pemeriksaan di kantor Kejati NTT, Selasa (30/6/2020), Hilarius katakan oknum karyawan Bank NTT yang terlibat persoalan ini ada belasan orang dan semuanya telah disanksi.

Ada yang dikenai sanksi pemutusan hubungan kerja (PHK), non job hingga turun pangkat.

Yang diPHK adalah Beni Pellu yang saat itu menjabat Kepala Divisi Pemasaran Kredit, dan Adi Leba yang sebelumnya adalah Kepala Bank NTT Cabang Surabaya.

Menurut Hilarius, ada penyimpangan dalam proses kredit ini, seperti tidak dilakukan pemeriksaan langsung ke lokasi aset-aset yang dijadikan agunan oleh debitur.

“Saya sangat meragukan agunan-agunan itu, karena tidak on the spot. Memang ada berita acara taksasi, tapi saya ragukan itu. Aprisal yang menghitung juga tidak bonafide sehingga hasilnya tidak sesuai, dan bahkan nilainya bisa di bawah atau tidak bisa menutup nilai kredit,” jelas Hilarius.

Dia juga menyebutkan bahwa pemeriksaan terhadap dirinya berlangsung cukup lama, karena harus memberikan keterangan untuk ketujuh tersangka.

Hilarius sebelumnya diperiksa penyidik Pidsus Kejati NTT pada Senin (29/6/2020), kemudian kembali diperiksa tambahan pada Selasa (30/6/2020).

Hilarius akan menjalani pemeriksaan tambahan pada Rabu (1/7/2020) untuk tersangka Stefanus Sulaiman. (wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Mantan Kacab Bank NTT Oelamasi Segera Diadili

Published

on

Tersangka Jhon Nedy Charles Sine, SE., alias Jhon Sine alias Jhon (Mantan Pimpinan Cabang Bank NTT Oelamasi-Kabupaten Kupang) hendak dilimpahkan ke Kejari Kabupaten Kupang, Rabu (2/11/2020).
Continue Reading

HUKRIM

Stefanus Sulayman Divonis 18 Tahun Penjara, Yohanes Sulayman 12 Tahun

Published

on

Sidang virtual dengan agenda pembacaan putusan majelis hakim untuk terdakwa Stafanus Sulayman di Pengadilan Tipikor Kupang, Selasa (1/12/2020).
Continue Reading

HUKRIM

Besok, Penyidik Kejati NTT Periksa Gories Mere dan Karni Elyas

Published

on

Kasi Penkum Kejati NTT, Abdul Hakim.
Continue Reading