Connect with us

UTAMA

Wujudkan Pelayanan Prima, Rutan Kupang Resmikan Layanan Terpadu

Published

on

Kakanwil Kemenhumkam NTT, Marciana Dominika Jone menggunting pita sebagai tanda diresmikan layanan terpadu di Rutan Kelas IIB Kupang, Kamis (28/5/2020) pagi.

Kupang, penatimor.com – Meningkatkan pelayanan pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kupang meresmikan layanan terpadu.

Layanan terpadu ini meliputi layanan bantuan hukum, layanan pengaduan, Yankimas, layanan informasi, layanan kunjungan, ruang laklasi, ruang bantuan hukum dan ruang ramah anak.

Kegiatan ini berlangsung di Rutan Kelas IIB Kupang, Kamis (28/5/2020) pagi tadi.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kemenhumkam NTT, Marciana Dominika Jone, SH., Ketua Ombudsman NTT Darius Beda Daton, dan Kepala BPS Provinsi NTT.

Kakanwil Kemenhumkam NTT, Marciana Dominika Jone, dalam sambutannya, mengatakan, sebagai kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia, Kementerian Hukum dan HAM memiliki visi dan misi agar masyarakat memperoleh kepastian hukum yang jelas.

“Sebagai upaya implementasi visi dan misi tersebut maka layanan terpadu perlu diwujud nyatakan,” kata Marciana.

Dikatakan, adanya layanan terpadu tentu akan menjamin kepastian hukum bagi masyarakat, sekaligus menjamin pemenuhan hak asasi manusia.

Layanan terpadu tersebut merupakan derivasi dari berbagai layanan sesuai tugas pokok dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM yang sinergi dan integratif sehingga tercipta pelayanan prima.

“Layanan terpadu yang diresmikan hari ini adalah bentuk pelayanan prima secara sinergi dan integratif yang berperspektif pada pemenuhan HAM,” imbuh Marciana.

Dia berharap agar semua pihak dapat berpartisipasi aktif dalam mengawal pelaksanaan layanan terpadu ini.

“Kami membuka diri untuk setiap kritikan dan masukan demi terwujudnya pelayanan terpadu yang berkualitas,” tandas dia.

Marciana mengapresiasi jajaran Rutan Kupang yang sudah berinovasi untuk mensinergikan delapan layanan sebagai layanan terpadu yang sinergi dan integratif.

“Ketika memberikan pelayanan, berikanlah pelayanan dengan senyuman dari hati yang tulus,” pesan Marciana.

Sementara, Kepala Rutan Kupang, Yohanes Varianto, A.md.IP.,SH., mengatakan, selama tiga bulan pihaknya menyiapkan tempat pelayanan terpadu untuk merubah pelayanan Rutan Kupang.

Dengan peresmian layanan terpadu ini, Rutan Kupang siap untuk meraih WBK/WBN. “Kami siap juga untuk dikritik,” kata Ka Rutan.

Dengan adanya pelayanan informasi maka semua nomor kontak akan dipasang pos terpadu, sehingga masyarakat juga bisa memberikan kritik tentang pelayanan Rutan Kupang.

“Adapun layanan bantuan hukum dari LBH Surya Kupang yang sudah kami siapkan khusus, sehingga kepada masyarakat yang kurang mampu bisa mendapatkan pelayanan hukum yang gratis,” jelas Ka Rutan Kupang. (wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UTAMA

235 Casis Polri di NTT Ikut Tahapan PMK dan Wawancara Psikologi

Published

on

Proses seleksi Bintara Polri di Polda NTT.
Continue Reading

UTAMA

Bupati Lembata Terima Penghargaan Sebagai Pemimpin Visioner Pembawa Perubahan

Published

on

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, menerima penghargaan Indonesian The Best Innovative Figures & Potential Destination Award 2020 di Harris Hotel & Residences Sunset Road, Bali, Jumat (23/10/2020) malam.
Continue Reading

HUKRIM

Polisi Ciduk Pelaku Penganiayaan di Kupang, Gunakan Parang, Korban Pegawai Navigasi

Published

on

Jeskial Lodo Ndilu alias Eky alias Bartex (29), warga Jalan Banteng, Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja.
Continue Reading
loading...