Connect with us

UTAMA

Kodim 1604/Kupang Sosialisasi Cegah Radikalisme dan Separatisme

Published

on

Dandim 1604/Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P membuka kegiatan sosialisasi.

Kupang, penatimor.com – Kodim 1604/Kupang melaksanakan kegiatan pembinaan Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme Triwulan I Tahun 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung Serba Guna Makodim 1604/Kupang dengan mengusung tema, “Merawat Kebhinekaan untuk Bentuk Tangkal Radikalisme dan Separatisme dalam bingkai NKRI, Kamis (12/3/2020).

Dandim 1604/Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P membuka sosialisasi dengan menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara selalu mendapat rongrongan dari kelompok radikalisme yang ada di Indonesia.

Di antaranya Radikal Kiri (RAKI), Radikal Kanan (RAKA) dan Radikal Lain (RALA). Yang semua itu memiliki tujuan yang sama yaitu merubah ideologi Pancasila yang merupakan falsafah bangsa Indonesia.

“Gerakan inilah yang perlu kita waspadai dan antisipasi di wilayah kita,” kata Dandim.

Untuk itu dia mengajak bukan saja kepada anggota TNI dan Polri, melainkan kepada seluruh elemen masyarakat dengan harapan akan tumbuh kepedulian kita dalam upaya mencegah dan menangkal.

Sebagai komando kewilayahan, Kodim 1604/Kupang harus senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman radikalisme seperti ancaman bahaya laten komunis maupun ancaman radikal lainnya.

“Untuk itu kita sebagai prajurit Kodim 1604/Kupang dituntut memiliki lima kemampuan teritorial di wilayah diantaranya penguasaan wilayah, deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat guna mencegah terjadinya ancaman dari kelompok radikalisme,” sebut Dandim Kupang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdim 1604/Kupang Letkol Inf Sugeng Prihatin Sos., M.Sc., M.Tr., Hanla, Pasiter Kodim 1604/Kupang Mayor Inf Tasdiq Prawoto S.I.P, Kapolsek Alak Kompol I Gede Sucitra, SH.

Turut hadir, Camat Alak Ridhon Alexander Bire, S.IP, Camat Kota Raja Muhammad Khairil, SSTP., M.Si., Lurah Kuanino Estherfina Banik, Lurah Fatululi Donatus N.Samon, dan Lurah Sikumana.

Termasuk, perwakilan Kesbangpol Kota Kupang Jeri Lakusa, S.H., para perwira atas, para Danramil jajaran Kodim 1604/Kupang serta Bintara, Tamtama, PNS dan Babinsa, Babinkabtimnas, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta perwakilan para pelajar yang berjumlah 70 orang. (*/wil)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UTAMA

Lagi, Pasien Covid-19 di Kupang Meninggal di RSU Siloam

Published

on

Evakuasi jenazah, para petugas menggunakan APD lengkap sesuai protap pencegahan berstandar pencegahan Covid-19.
Continue Reading

HUKRIM

Enam Pejabat Pemkot Kupang jadi Saksi di Sidang Perkara Jonas Salean

Published

on

Enam orang saksi diambil sumpah sebelum diperiksa di sidang Pengadilan Tipikor Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Putusan Kasasi, Linda Liudianto Tetap Dihukum 8 Tahun Penjara

Published

on

Linda Liudianto menyalami JPU S. Hendrik Tiip saat persidangan di Pengadilan Tipikor Kupang.
Continue Reading