Connect with us

UTAMA

Sekilas Tentang Gua Batu Cermin yang Dikunjungi Presiden dan Ibu Negara

Published

on

Foto: IST

Labuan Bajo, penatimor.com – Presiden Joko Widodo alias Jokowi bersama Ibu Negara Iriana mengunjungi kawasan Batu Cermin, Labuan Bajo, Manggarai Barat dalam kunjungan kerjanya ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/7).

Lokasi itu dituju Jokowi setelah menikmati suasana alam bebas Pulau Rinca di Taman Nasional Komodo, serta singgah di Pelabuhan Labuan Bajo. Gua Batu Cermin berada sekitar empat kilometer dari pusat kota Labuan Bajo.

Kedatangan Presiden dan rombongan di kawasan gua itu disambut antusias oleh masyarakat sekitar yang telah menanti sejak pagi hari.

Sebelum memasuki gua, Jokowi menyimak panel-panel yang berisi informasi mengenai rencana pengembangan kawasan wisata itu.

Nantinya, Gua Batu Cermin akan memiliki pusat belanja kreatif Kampung Festival Labuan Bajo (Kafela), dengan segala pelengkapnya mulai dari area parkir, taman bermain anak, panggung terbuka, hingga pusat kuliner.

Tak berselang lama, Jokowi dan rombongan berjalan menuju Gua Batu Cermin yang berjarak sekitar 300 meter dari pintu masuk. Mereka melewati deretan pohon bambu yang cukup rimbun di sepanjang perjalanan.

Presiden dan Ibu Iriana pun memutuskan untuk memasuki gua utama. Mereka mulai menyusuri gua pembuka dengan jalur yang relatif luas dan mudah untuk dilalui. Beberapa pohon terlihat merambat dengan akar yang cukup besar menempel di dinding gua pembuka.

Di bagian tengah gua, terdapat satu ruang yang bisa ditempati hingga 15 orang. Di satu titik terdapat lorong buntu, dan di atasnya ada celah tempat sebongkah cahaya masuk. Jika momennya tepat, cahaya yang masuk akan terefleksi pada dinding gua dan membentuk cermin alami. Inilah asal muasal nama Gua Batu Cermin.

Kementerian Pariwisata melansir, gua ini pertama kali mendapat perhatian dunia pada tahun 1951 berkat penelitian arkeolog sekaligus misionaris asal Belanda, Theodore Verhoven. Jutaan tahun lalu, posisi gua ini ada di bawah laut.

Dulu, sempat ada pergeseran atau patahan lempeng bumi, lalu terjadi gempa, sehingga ada beberapa wilayah di Pulau Flores yang tenggelam. Ada beberapa juga yang bahkan naik ke permukaan, salah satunya adalah gua cermin ini.

Usai menyusuri gua selama sekitar 20 menit, Presiden dan Ibu Iriana pun keluar gua melalui pintu gua yang berbeda dari pintu masuk. Keduanya lantas melanjutkan perjalanan untuk santap siang, lalu kembali ke Jakarta. (jim)

Loading...


Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Lakukan Pencurian, Oknum Pelajar di Kupang Dicokok Polisi

Published

on

Kapolsek Kelapa Lima, AKP Andry Setiawan, SH., SIK.
Continue Reading

HUKRIM

Keroyok Petugas Kebersihan, Empat Pemuda Diamankan Polisi

Published

on

Korban Hermanus Waisang saat melaporkan kasus pengeroyokan yang dialaminya di Mapolsek Kelapa Lima, Rabu (20/11).
Continue Reading

UTAMA

Polda NTT Periksa Pejabat Pemkab TTU

Published

on

Penyidik Subdit Tipidkor Polda NTT memintai klarifikasi dari Kepala BKAD Kabupaten TTU, Bonefasius Ola Kian selaku Sekretaris TAPD, Jumat (15/11).
Continue Reading




Loading…

error: Content is protected !!