Connect with us

UTAMA

Masyarakat Adat Sumba Timur Adukan PT MSM ke KPK

Published

on

Ilustrasi KPK RI (NET)

Jakarta, penatimor.com – Perwakilan masyarakat adat dari Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama Direktur Lokataru Haris Azhar menyambangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/7).

Mereka datang untuk mengadukan dugaan suap terkait perizinan PT MSM (Muria Sumba Manis) yang melakukan okupasi sepihak terhadap tanah yang mereka kelola.

“Kami dari Sumba Timur, NTT, menyampaikan permohonan ke KPK agar menginvestigasi. Ada kecurigaan kami berkaitan dengan masuknya PT MSM (Muria Sumba Manis), perusahaan perkebunan tebu,” ucap Paulus Ana Mana, selaku perwakilan masyarakat adat, saat ditemui wartawan, usai mengadu ke KPK.

Sebagai masyarakat adat yang mengelola kawasan tersebut, kata Paulus, mereka merasa dirugikan oleh pendudukan sepihak terhadap puluhan ribu hektare lahan di sana. Mereka juga tidak mendapat sosialisasi mengenai investasi itu.

“Kami melaporkan izinnya dan dugaan suap. Artinya dalam pemberian izin itu dugaan kami ada suap menyuap. Kami tidak dilibatkan sebagai pemilik lahan, ada pendudukan sepihak,” jelasnya.

Dalam prosesnya di lapangan, tambah Paulus, dari sekitar 52 ribu hektare permohonan lahan dari perusahaan, hampir 20 ribu hektare yang telah digarap.

“Permohonan perusahaan ada 52 ribu hektare, yang sudah digarap hampir 20 ribu hektare. Tanah yang kami kelola diambil, hutannya dibabat,” tandasnya. (mel)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Oknum Honorer di Kupang Nodai Bocah 7 Tahun Saat Tertidur

Published

on

Ilustrasi (NET)
Continue Reading

HUKRIM

Anggota Polda NTT Tangkap DPO Polres Malaka di Posko Covid, Sindikat Penggelapan Ranmor Antar Negara

Published

on

Brigpol Theorangga Rohi saat mengamankan Paulus Yoseph Loe alias Paulus alias Botak, DPO kasus penggelapan kendaraan bermotor di Kecamatan Polen, Senin (1/6/2020).
Continue Reading

UTAMA

Jadi Kajati NTT, Yulianto Sujud Syukur

Published

on

Kajati NTT Yulianto saat tiba di Bandara El Tari Kupang, Rabu (3/6) pagi.
Continue Reading
loading...