Connect with us

EKONOMI

Juni 2019, NTT Alami Deflasi 0,19 Persen

Published

on

Kepala BPS NTT, Maritje Pattiwaellapia (tengah) saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di kantornya, Senin (1/7/2019).

Kupang, Penatimor.com – Pada bulan Juni 2019, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami deflasi sebesar 0,19 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 134,72. Kota Kupang mengalami deflasi sebesar 0,31 persen sedangkan Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 0,61 persen.

“Pada bulan Juni secara nasional mengalami inflasi 0,05 persen, sementara NTT mengalami deflasi 0,19 persen,” ungkap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTT, Maritje Pattiwaellapia kepada wartawan di kantornya, Senin (1/7/2019).

Maritje menjelaskan, deflasi pada bulan Juni 2019 di NTT tersebut terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada 4 kelompok pengeluaran, dimana kelompok Bahan Makanan mengalami penurunan terbesar yaitu sebesar 1,11 persen.

“Sedangkan kelompok kesehatan mengalami penurunan sebesar 0,08 persen, kelompok pendidikan sebesar 0,05 dan transpor sebesar 0,01 persen. Sementara kelompok makanan jadi, perumahan, dan sandang mengalami kenaikan indeks harga masing-masing sebesar 0,32, 0,04, dan 0,28 persen,” jelasnya.

Dia menyebutkan, pada Juni 2019, dari 82 kota sampel IHK Nasional, 76 kota mengalami inflasi dan 6 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Manado sebesar 3,60 persen dan terendah terjadi di Kota Singaraja dengan inflasi sebesar 0,02 persen.

“Sedangkan Deflasi terbesar terjadi di Kota Tanjung Pandan sebesar 0,41 persen dan terendah terjadi di kota Jayapura 0,08 persen,” sebut Maritje.

Maritje menyampaikan, Indeks Harga Konsumen (IHK) merupakan salah satu indikator ekonomi yang sering digunakan untuk mengukur tingkat perubahan harga (inflasi/deflasi) di tingkat konsumen, khususnya di daerah perkotaan. Perubahan IHK dari waktu ke waktu menunjukkan pergerakan harga dari paket komoditas yang dikonsumsi oleh rumah tangga.

“Di Indonesia, tingkat inflasi diukur dari persentase perubahan IHK dan diumumkan ke publik setiap awal bulan (hari kerja pertama) oleh Badan Pusat Statistik (BPS),” katanya. (R2)

Loading...


Loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EKONOMI

Pakai Ti’i Langga, Gubernur Ganjar Pranowo Resmikan Mall Pelayanan Publik Ketiga di Jateng

Published

on

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tampil beda saat meresmikan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Batang, Kamis (23/1).
Continue Reading

EKONOMI

Bukalapak Luncurkan Gratis Ongkir dan Gratis Streaming Bagi Pembeli Prioritas

Published

on

Dari (kiri) Victor Lesmana, Director of Payment, Fintech, dan Virtual Products Bukalapak menyerahkan box merah sebagai tanda simbolis dimulainya kerja sama dengan Vidio kepada Pembeli Prioritas (tengah) dan disaksikan oleh Ade Muti Dilapanga (kanan) selaku Head of Marketing Vidio.
Continue Reading

EKONOMI

Pelabuhan Logistik di Labuan Bajo Akan Dipindah ke Wae Kelambu

Published

on

Menhub Budi Karya Sumadi di pelabuhan Labuan Bajo. Foto: Humas Kemenhub
Continue Reading
loading...




Loading…