Connect with us

UTAMA

Bye Bye Jakarta, Ibu Kota Baru Rampung 2024

Published

on

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro.

Jakarta, penatimor.com – Pemerintah telah menyiapkan timline pembangunan ibu kota negara RI yang baru di luar Jawa. Sesuai perencanaan, pembangunanya selesai 2024.

Demikian disampaikan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro saat diskusi media bertajuk “Berapa Lama Membangun Ibukota Baru?” di Kantor KSP, Jakarta pada Senin (13/5).

Saat itu hadir juga sebagai pembicara, Anggota DPR RI Komisi XI Mukhamad Misbakhun, dan Deputi IV KSP Eko Sulistyo.

Menurut Bambang, pemerintah sudah memasukkan program tersebut ke dalam RPJMN 2020 2024.

“Kajian ini akan kami finalkan tahun ini, sehingga keputusan lokasi 2019, dan 2020 bisa dilakukan persiapan pembangunan khusunya infrastruktur dasar,” ucap Bambang yang merangkap Kepala Bappenas.

Dia menyebutkan, diperlukan sejumlah produk hukum awal mulai rencana tata ruang (RTR) direvisi untuk wilayah ibukota baru. Namun sebelum itu, pemerintah bersama DPR akan membahas regulasi yang diperlukan. Antara lain berupa penetapan Undang-Undang sekaligus persetujuan ibu kota baru tersebut.

Dikatakan mantan menteri keuangan itu, pembangunan secara masif akan berjalan selama tiga tahun, yakni periode 2022-2024.

Setidaknya dalam kurun waktu tersebut sudah mulai dilakukan pemindahan pusat pemerintahan.

“Ada berbagai cara. Ada yang pindahnya sekaligus kayak di Putrajaya atau bertahap seperti Sejong. Dua tahun pertama penyiapan infrastruktur dasar dan tiga tahun membentuk kotanya,” jelasnya.

Pihaknya mengklaim sudah memiliki desain utuh dari ibu kota baru tersebut, meskipun perlu perbaikan-perbaikan untuk kawasan inti pusat pemerintahan. Perkiraan sementara, 2.000 hektare untuk kawasan inti dan 40.000 hektare untuk perkotaan. (R4)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

HUKRIM

Notaris-PPAT di Kupang Turun ke Jalan, Suarakan Stop Kriminalisasi Albert Riwu Kore

Published

on

AKSI. Para Notaris-PPAT Wilayah NTT menggelar aksi solidaritas untuk mendukung proses hukum yang menimpa Albert Wilson Riwu Kore. Aksi berlangsung di Jalan El Tari, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Rabu (10/8/2022) siang.
Continue Reading

SPORT

Kejar Tiket 8 Besar Soeratin Cup, Pertarungan di Pool C Bakal Saling ‘Membunuh’

Published

on

Klasemen sementara turnamen Soeratin Cup U-17 2022 di Ende per tanggal 10 Agustus 2022.
Continue Reading

INTERNASIONAL

Pakai Busana Tenunan Alor dan Amarasi, Putra-Putri SBD Raih Prestasi di Malaysia

Published

on

BERSAMA. Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda NTT saat berpose bersama Ayu Munandar Alam dan Franklin Rudolf Kalumbang, Miss dan Mr. Petite Global.
Continue Reading
error: Content is protected !!