Connect with us

UTAMA

Hipercci NTT Gelar Kongres Perdana, jadi Bagian Penting di Rumah Sakit

Published

on

Kongres Hipercci Provinsi NTT berlangsung di Aula RSUD S.K. Lerik Kupang, belum lama ini.

Kupang, penatimor.com – Himpunan Perawat Critical Care Indonesia (Hipercci) Provinsi NTT yang merupakan bagian dari organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi NTT, menggelar kongres pertama di Aula RSUD S.K. Lerik Kupang.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktris RSUD S.K. Lerik dr. Marsiana Halek, didampingi Ketua PPNI Provinsi NTT Aemilianus Mau, belum lama ini.

Kongres ini sekaligus mengesahkan terbentuknya Hipercci Provinsi NTT beserta badan pengurusnya.

Hipercci Provinsi NTT adalah bagian dari PPNI Provinsi NTT yang khusus menjadi wadah perhimpunan bagi para perawat yang menangani pasien dengan kondisi kritis.

Perawat Critical Care adalah perawat yang biasa bertugas merawat pasien di ruangan ICU, TICU, NICU, ICCU dan HCU di rumah sakit.

Kongres Hipercci Provinsi NTT dihadiri perwakilan perawat critical care Indonesia dari seluruh kabupaten-kota dan dibuka Ketua DPW PPNI NTT Aemilianus Mau, S.Kep,Ns, M.Kep.

Acara pembukaan kongres juga dihadiri Direktur RSUD S.K. Lerik Kota Kupang, dr. Marsiana Halek dan pimpinan himpunan perawat lainnya.

Marsiana Halek pada kesempatan itu, mengatakan, tugas perawat yang bekerja di daerah critical care atau area kritis, misalnya di NICU, ICU dan lainnya, merupakan sebuah tugas yang penting.

“Semua perawat harus berbangga karena profesi ini merupakan sebuah tanggung jawab yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Bagaimana perawat menjadi salah satu profesi penting untuk menentukan hidup dan matinya pasien, terlebih yang bekerja di daerah kritis seperti NICU, ICU dan lainya,” kata Marsiana.

Dia juga berpesan agar semua perawat yang bertugas di berbagai fasilitas kesehatan, agar terus mengemban tugas dan tanggung jawab dengan bangga, karena tidak semua orang diberikan kesempatan untuk langsung berhubungan dan melayani masyarakat.

Hipercci menurut Marsiana, merupakan bagian terpenting dalam rumah sakit yang tidak bisa digantikan dengan lainnya.
Sementara itu, Ketua DPW PPNI NTT Aemilianus Mau, mengatakan, PPNI adalah satu-satunya organisasi profesi bagi para perawat, sementara Hipercci adalah bagian dari PPNI yang lebih sebagai wadah penghimpun para perawat dengan spesialisasi penanganan pasien kritis.

Karena itu, kehadiran Hipercci sangat penting artinya bagi para perawat yang bekerja di ruangan ICU, TICU, NICU, ICCU dan HCU rumah sakit.

“Di PPNI NTT saat ini sudah ada 6 himpunan perawat termasuk Hipercci. Ada juga himpunan perawat yang lain seperti himpunan perawat pasien sakit jiwa, himpunan perawat pasien anak dan lainnya,” kata Aemilianus Mau.

Karena itu, Aemilianus Mau berharap, Hipercci Provinsi NTT dapat berperan secara baik sebagai bagian dari organisasi profesi dalam menghimpun dan melindungi para perawat critical care di seluruh wilayah NTT.

Harapan yang sama juga disampaikan Direktur RSUD S.K. Lerik Kota Kupang, dr. Marsiana Halek.

Sementara, Ketua Panitia Kongres Provinsi Hipercci Provinsi NTT, Hanna Desa, dalam laporannya, mengatakan, Kongres Provinsi Hipercci Provinsi NTT merupakan kongres pertama yang digelar di bawah payung organsisasi PPNI Provinsi NTT.

“Hipercci Provinsi NTT adalah wadah bagi para perawat yang bertugas melayani pasien di ruangan ICU, TICU, NICU, ICCU dan HCU rumah sakit,” sebut Hanna Desa. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

NASIONAL

Kemkominfo Ajak Anak Muda NTT Inspiratif untuk Bangsa

Published

on

Koordinator Informasi dan Komunikasi Pertahanan dan Keamanan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Dikdik Sadaka.
Continue Reading

SPORT

Launching Adhyaksa Farmel FC di Kejagung RI, Putra NTT jadi Pelatih

Published

on

TUMPENG. Launching Adhyaksa Farmel FC di kantor Kejagung RI ditandai dengan pemotongan tumpeng, Kamis (29/9/2022) pagi.
Continue Reading

SPORT

Kualifikasi Liga 3 Lembata Ajang Mempererat Persaudaraan

Published

on

Ketua Asprov PSSI NTT Chris Mboeik dan Wakil Ketua Ridwan Angsar berdikusi dengan perangkat pertandingan Kualifikasi Liga 3 di Hotel Palm Indah Lewoleba, Kamis (29/9/2022) pagi.
Continue Reading
error: Content is protected !!