Connect with us

UTAMA

Libatkan 38 AJI Kota, MataMassa Kawal Pemilu 2019

Published

on

Ilustrasi (NET)

Jakarta, penatimor.com – Platform pemantauan pemilu berbasis digital MataMassa kembali hadir untuk mengawal Pemilu 2019.

Melalui MataMassa, publik dapat berpartisipasi menggunakan Android atau pun website untuk melaporkan pelanggaran-pelanggaran Pemilu 2019.

“Seperti halnya Pemilu 2014, MataMassa mengajak publik untuk berpartisipasi memantau pelanggaran-pelanggaran berupa politik uang, hoax, intimidasi dalam pemilu, pengerahan ASN untuk memilih calon tertentu, penggunaan fasilitas publik atau negara untuk pemilu, sampai ketidaknetralan penyelenggara pemilu dan TNI-Polri,” kata Ketua AJI Jakarta, Asnil Bambani, Senin (15/4).

MataMassa juga akan melibatkan anggota 38 AJI Kota di seluruh Indonesia.

“Kami juga mengajak rekan-rekan jurnalis untuk berpartisipasi,” tambah Asnil.

Sementara itu, Ketua KoDe Inisiatif, Veri Junaidi mengatakan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam masa tentang hingga waktu pencobolosan adalah politik uang.

“Publik tak boleh permisif terhadap aktivitas korup ini, laporkan saja melalui aplikasi ini,” katanya.

Dalam pelaporan MataMassa, publik juga diajak belajar menjadi jurnalis warga. Laporan yang diunggah melalui aplikasi atau website menggunakan 5W+1H beserta bukti dalam bentuk gambar atau pun video.

“Terdapat pilihan kategorisasi dugaan pelanggaran administrasi, pidana, pelanggaran lainnya, kekerasan pemilu, ancaman, pengrusakan hingga DPT,” kata Pendiri iLab, Nanang Syaifudin.

Dalam kolom pelaporan tersedia judul laporan, keterangan laporan, keterangan waktu dan memilih lokasi berdasarkan penandaan geografis. Identitas publik yang melaporkan pelanggaran juga tidak akan dipublikasi oleh MataMassa.

“Dengan begitu, kami berharap tidak ada keragu-raguan publik melaporkan pelanggaran pemilu, bahkan jika itu dilakukan oleh tetangganya sendiri,” lanjut Nanang.

Peneliti Hukum Perludem, Fadli Ramadhanil menambahkan, MataMassa akan melaporkan temuan pelanggaran dari publik ini ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Harapannya nanti ditindaklanjuti pihak penegak hukum, agar laporan ini tidak semata menjadi laporan,” katanya.

MataMassa telah terlibat dalam Pemilu 2014 lalu untuk memberikan kemudahan bagi publik untuk mengawal pemilu. Hal demikian juga dilakukan di Pemilu 2019.

Hari ini masyarakat dimudahkan untuk berpartisipasi dalam pemilu karena perkembangan digitalisasi. MataMassa merupakan platform hasil kerja bareng AJI Jakarta, iLab, KoDe Inisiatif, dan Perludem. (R4)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Terindikasi Korupsi, Kejati NTT Bidik Proyek Rehabilitasi Sekolah pada BPPW NTT

Published

on

Kondisi proyek rehabilitasi dan revonasi sekolah di Kabupaten Alor yang mangkrak.
Continue Reading

EKONOMI

Bazar Ramadhan Kejati NTT, 3,5 Ton Beras dan Aneka Kebutuhan Pokok Ludes Terjual

Published

on

Plt. Kepala Kejaksaan Tinggi NTT, Riono Budisantoso.
Continue Reading

EKONOMI

Gandeng Bulog dan Pegadaian, IAD NTT Gelar Bazar Ramadhan, Sediakan Sembako Murah

Published

on

Plt. Kajati NTT Riono Budisantoso, SH.,MA., bersama Ketua IAD Wilayah NTT Ny. Wolse Riono Budi Santoso, saat membuka kegiatan Bazar Ramadhan 2024 di halaman kantor Kejati NTT, Selasa (265/3/2024) siang.
Continue Reading