Connect with us

UTAMA

Sambut HUT Kota Kupang, Wali Kota Bagi KTP-e Secara Massal

Published

on

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore secara simbolis membagikan KTP-e kepada masyarakat penerima di Balai Kota Kupang, Kamis (11/4).

Kupang, penatimor.com – Wali Kota
Kupang Jefri Riwu Kore membagikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e) kepada masyarakat Kota Kupang di lapangan Balai Kota Kupang, Kamis (11/4).

Kegiatan ini terselenggara atas inisiasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang yang beberapa waktu lalu mencetak 15 ribu keping KTP-e di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Masyarakat Kota Kupang tampak antusias memadati lapangan upacara Balai Kota. Mereka langsung menuju stand kelurahan masing-masing, dimana 51 kelurahan sudah ada stand atau tenda pelayanannya masing-masing, sehingga masyarakat langsung terlayani dengan baik.

Kegiatan ini diikuti oleh para pejabat di lingkup Pemkot Kupang.

Wali Kota didampingi Penjabat Sekda Yos Rera Beka, Asisten II Elly Wairata, Asisten III Thomas Jansen Ga, Kepala Dinas Sosial drg Retnowati, Kepala Dinas Komimfo Balina Ully, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nuri Sengkono, dan pimpinan OPD lainnya.

Selain itu, hadir juga dari DPRD Kota Kupang yaitu Ketua Komisi I Padron Paulus didampingi Adrianus Talli, Zetyo Ratuarat, dan anggota Komisi I lainnya.

Kegiatan pembagian KTP-e secara massal ini direncanakan akan digelar selama tiga hari, mulai Kamis sampai Sabtu mendatang, dengan total KTP-e yang akan dibagikan sebanyak 16 ribu keping.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore mengatakan, sangat mengapresiasi Dinas Dukcapil Kota Kupang, karena kreatif dalam melakukan inovasi dalam pelayanan di Kota Kupang.

“Selama ini kita tahu bersama bahwa Dinas Dukcapil selalu menjadi sorotan, dimana masyarakat sering mengeluhkan pelayanannya, sampai dimaki-maki dan bentuk protes lainnya. Tetapi hari ini, di bawah pimpinan Agus Ririmase, Dukcapil membuktikan bahwa perubahan dan perbaikan selalu dapat dilakukan dengan bekerja sungguh dan inovasi kreatif,” katanya.

Wali Kota mengaku, dengan dilakukan berbagai inovasi pelayanan, maka dapat dikatakan suatu pimpinan itu berhasil membawa perubahan dalam ruang kerjanya, dan berdampak baik bagi pelayanan di masyarakat.

“Saya berharap pelayanan di Dinas Dukcapil akan terus membaik dan membawa perubahan, agar masyarakat Kota Kupang yang ingin mengurus administrasi kependudukan bisa terlayani dengan baik,” ujarnya.

Jefri menambahkan, jika diperlukan, maka Dinas Dukcapil juga dapat meminta bantuan DPRD untuk membagikan KTP-e di wilayahnya masing-masing, karena DPRD juga merupakan wakil rakyat, yang tentunya mengenal warganya secara baik.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang Agus Ririmase, mengatakan, sejak dirinya dilantik menjadi Plt. Kepala Dinas Dukcapil, dia sudah mulai bekerja dengan program jemput bola.

“Kami juga akan melakukan jemput bola di beberapa tempat, yaitu di Lapas Anak, Lapas Perempuan, Rumah Sakit Jiwa dan tempat lainnya. Prinsipnya adalah, masyarakat harus mendapatkan idenditas kependudukan,” ujarnya.

Agus mengaku, semua tim di Dinas Dukcapil mempunyai komitmen untuk memperbaiki dan melayani masyarakat dengan cepat, tepat dan nyaman.

Sehingga apabila masyarakat merasa tidak nyaman dengan pelayanan Dinas Dukcapil, maka dapat disampaikan agar diperbaiki.

Agus Ririmase yang juga mantan Camat Kelapa Lima itu mengaku, Dinas Dukcapil juga membagikan KTP-e ini agar masyarakat juga dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pileg dan Pilpres pada 17 April mendatang.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang Padron Paulus, mengatakan, terobosan ini memang sangat luar biasa, dan diharapkan akan terus menghadirkan terobosan-terobosan baru yang dapat mempercepat pelayanan di masyarakat.

“Tetapi ada satu catatan penting yaitu jika KTP-e semuanya sudah dicetak, lebih baik dibagikan ke kelurahan agar kelurahan membaginya per RT, karena di kelurahan dan di RT, ada anggaran operasional yang digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ini saran saya yang dapat digunakan ke depannya,” kata Padron.

Tetapi kegiatan ini menurut dia, sangat bermanfaat kepada masyarakat, karena sebagai salah satu rangkaian acara HUT Kota Kupang.

Selain itu, Padron Paulus katakan, seperti yang disampaikan Wali Kota Kupang bahwa meminta bantuan DPRD untuk membagikan KTP-e, tentunya DPRD akan mendukung, karena DPRD juga bekerja untuk melayani masyarakat.

Harapannya, kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Tentunya jangan sampai pelayanan di Kantor Dukcapil menjadi terhambat karena semua petugas turun dalam kegiatan ini,” harap Padron Paulus. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

TPDI Bakal Laporkan Kajari Ende ke Jaksa Agung

Published

on

Petrus Salestinus
Continue Reading

HUKRIM

Polda Periksa Buang Sine, Sempat Berdebat dengan Rudy Soik

Published

on

Buang Sine saat bertemu Rudy soik di Mapolda NTT.
Continue Reading

HUKRIM

Eddy Latuparissa Cs Segera Disidangkan, Kuasa Hukum: Ada Ketidakadilan Hukum

Published

on

Kuasa hukum tersangka, San Albrenus Fattu, SH., dan Petrus Ufi, SH., saat memberikan keterangan pers, Senin (17/1/2022).
Continue Reading
error: Content is protected !!