Connect with us

UTAMA

Tolak Jika Ada yang Titip Barang Saat di Bandara, Ini Alasannya!

Published

on

Ilustrasi/ foto: net

Kupang, Penatimor.com – Bagi Anda yang biasa bepergian dari satu daerah ke daerah lain menggunakan pesawat terbang, mungkin pernah mengalami langsung ataupun melihat kejadian di bandara dimana ada yang meminta untuk menitipkan barangnya.

Kebanyakan orang akan merasa sungkan untuk menolak karena merasa iba melihat orang yang meminta tolong tersebut memohon dengan cara memelas.

Ada pula yang bingung, apakah  harus menerima atau menolak ketika berada dalam situasi seperti itu. Namun, demi keamanan sebaiknya menolak jika mengalami situasi seperti ini. Simak alasan dan penjelasan berikut ini.

Dilansir dari akun instagram @fakta_penerbangan, Selasa (9/4/2019) menyebutkan, dewasa ini modus kejahatan berkedok penitipan barang kerap kali terjadi, bahkan di tempat yang dianggap aman sekalipun, seperti di bandara.

Penitipan barang dari orang tak dikenal ini biasanya berupa barang-barang terlarang seperti narkoba dan barang ilegal lainnya berkedok minta tolong sambil memelas.

Bahkan, Badan Narkotika Nasional (BNN), telah beberapa kali berhasil mengungkap kasus peredaran narkoba dengan modus tersebut.

Oleh karenanya, bagi Anda yang ingin berpergian menggunakan pesawat, mengetahui tips agar terhindar dari modus tersebut. Berikut beberapa TlPSnya :

1. Jangan Terlalu Ramah Terhadap Orang Asing

Modus ini biasanya menargetkan orang yang ramah terhadap orang asing. Untuk itu, ada baiknya Anda tidak bersikap terlalu ramah kepada orang asing saat di bandara agar pelaku pun merasa segan untuk meminta tolong menitipkan barang.

2. Awasi Barang Bawaan

Perhatikan benar-benar barang bawaan Anda. Pastikan tidak ada barang orang lain yang sengaja maupun tidak sengaja digabungkan ke barang bawaan Anda. Hal tersebut guna menghindari barang berbahaya atau terlarang masuk kedalam barang bawaan Anda yang sengaja dilakukan orang tak bertanggung jawab.

3. Tolak Jika Dititipkan Barang

Saat di bandara, jika Anda bertemu dengan seseorang yang meminta tolong untuk menitipkan barangnya. Maka sebaiknya Anda menolaknya. Meski yang menitipkan ibu- ibu dengan memelas sekalipun. Jika dalam perjalanan, terlebih tujuan ke luar negeri, waspadailah hal seperti ini.

4. Lapor ke Petugas

Terakhir, jika di bandara Anda mengalami pemaksaan atau hal-hal yang mencurigakan terkait penitipan barang yang terjadi di sekitar Anda, sebaiknya segera laporkan kepada petugas bandara. Hal tersebut agar dapat segera ditindaklanjuti demi keselamatan dan keamanan bersama. (Sumber: akun instagram @fakta_penerbangan/R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Seorang Karyawati SPBU di Kupang Ditemukan Tak Bernyawa, Diduga Dibunuh

Published

on

Berdy Susanti Gabriel (30), karyawati salah satu SPBU di Kota Kupang ditemukan tidak bernyawa di pinggir jalan, Senin (26/10).
Continue Reading

HUKRIM

Jonas Salean ‘Bebas’

Published

on

Jonas Salean saat meninggalkan kantor Kejati NTT, Selasa (27/10/2020).
Continue Reading

HUKRIM

Kajati NTT jangan Campuradukkan Wewenang Administrasi Negara dan Wewenang Penuntutan Jaksa

Published

on

Petrus Salestinus (NET)
Continue Reading
loading...