Connect with us

UTAMA

NTT Bagian dari Pasifik

Published

on

Tantowi Yahya

Wellington, penatimor.com – Indonesia berupaya menguatkan posisinya sebagai bagian dari Pasifik.

Rencananya, Indonesia akan menggelar Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru pada 12-14 Juli mendatang.

Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga Tantowi Yahya mengatakan, Indonesia memiliki lima provinsi yang menjadi bagian dari Pasifik. Kelima provinsi itu adalah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dari sisi sosial dan budaya, lebih dari separuh komunitas Melanesia dan Polinesia di dunia ada di Indonesia. Berdasar dukungan data dan fakta ini, saya katakan dengan bangga bahwa Indonesia adalah bagian tak terpisahkan dari Pasifik, bagian dari komunitas Melanesia dan Polinesia di dunia,” ujar Tantowi sebagaimana siaran pers KBRI Wellington.

Tantowi mengatakan, dirinya pada Selasa lalu (26/3) menjelaskan hal serupa kepada para akademisi, pengusaha serta perwakilan pemerintah Selandia Baru dan negara-negara lain di Pasifik.

Ambasador berlatar belakang entertainer itu menambahkan, Indonesia sebagai bagian dari middle income group countries dan anggota G20 berupaya memberikan kontribusi lebih bagi kawasan Pasifik.

Karena itu Indonesia menginisiasi Pacific Exposition 2019 yang akan diikuti 19 negara Pasifik Selatan.

Menurut Tantowi, Pacific Exposition 2019 merupakan prakarsa Indonesia yang kemudian diadopsi menjadi program bersama dalam kerangka trilateral cooperation yang melibatkan Australia dan Selandia Baru.

Dalam Pacific Exposition 2019 itu akan dipamerkan semua produk ekspor dan potensi investasi serta pariwisata setiap negara di Pasifik Selatan.

“Bagi Indonesia, Pacific Exposition adalah peluang untuk menghubungkan lima provinsi kita di timur dengan negara-negara di Pasifik secara ekonomi,” tuturnya.

Tantowi mengharapkan Pacific Expo 2019 juga akan menjadi ajang interaksi pengusaha negara-negara Pasifik Selatan dengan calon mitra.

“Bagi para pengusaha, pengekspor dan investor kita, inilah peluang untuk masuk ke pasar yang belum banyak digarap selama ini,” pungkasnya. (R4)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Tim Penyidik Kejati NTT Geledah Kantor BPN Provinsi NTT

Published

on

Tim penyidik Kejati NTT saat menggeledah Kanwil BPN Provinsi NTT, Senin (19/10/2020).
Continue Reading

HUKRIM

Diduga Aniaya Suami, IRT di Kupang Resmi Tersangka

Published

on

Kasat Reskrim Iptu Hasri Manasye Jaha, SH.
Continue Reading

UTAMA

Seorang Nelayan di Kupang Tewas Tenggelam

Published

on

Penemuan mayat nelayan di Pantai Kelapa Lima, Kota Kupang.
Continue Reading
loading...