Connect with us

UTAMA

Dukcapil Kota Kupang Rekam dan Cetak KTP-e di Sekolah

Published

on

Ilustrasi (NET)

Kupang, penatimor.com – Salah satu program yang kini gencar dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang adalah melakukan pelayanan jemput bola.

Beberapa waktu lalu telah dilakukan di Mako Brimob Polda NTT, dan kali ini Dukcapil akan melakukan program jemput bola di sekolah SMA-SMK serta Perguruan Tinggi yang ada di Kota Kupang.

Upaya ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang akan digelar 17 April mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang Agus Ririmase, mengatakan, untuk program jemput bola yang akan digelar di sekolah ini, sebenarnya sudah dilakukan minggu lalu, namun karena sekolah masih menyelenggarakan ujian, maka harus ditunda.

“Kami sebenarnya sudah siap untuk turun di sekolah, namun karena masih ujian kami harus menundanya. Sampai saat ini kami masih menunggu momen yang tepat yaitu selesai ujian nanti,” kata Agus Ririmase saat diwawancarai di kantornya, Rabu (27/3).

Dia menjelaskan, karena sasaran pelayanan di SMA dan SMK adalah siswa-siswi kelas XI dan XII, yang sekarang ini tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian.

Selain ke SMA dan SMK, Dukcapil juga membuka pelayanan di kampus yang ada di Kota Kupang.

“Program ini sesuai dengan instruksi Dirjen Adminduk, bahwa kebanyakan siswa-siswi dan mahasiswa yang wajib KTP-e belum melakukan perekaman dan belum memiliki KTP-e, dan mereka juga merupakan pemilih pemula yang haknya sama dengan warga negara lainnya yaitu menjadi peserta pesta demokrasi ini,” terangnya.

“Selain itu, siswa-siswi ini juga dalan waktu dekat ketika lulus SMA, tentunya akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi atau langsung masuk ke dunia kerja, tentunya kelengkapan administrasi kependudukan menjadi bagian penting dalam proses ini,” katanya.

Agus Ririmase mengaku, karena tidak semua SMA dan SMK dapat dikunjungi, maka akan dilajukan rapat tim untuk menentukan sekolah-sekolah mana saja yang akan dijangkau, sementara sekolah lainnya juga bisa ikut mengambil bagian dengan mendatangi sekolah yang dipilih untuk pelayanan.

Sosok yang juga mantan Camat Kelapa Lima itu, mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kupang agar segera mengurus administrasi kependudukan, baik itu KTP-e maupun administrasi kependudukan lainnya.

“Jangan tunggu sampai sudah butuh baru diurus, karena bisa saja saat dibutuhkan, ada terkendala jaringan dan server sehingga membutuhkan proses yang lama, karena itu masyarakat harus segera mengurusnya,” terangnya.

Saat hal ini, Agus Ririmase sampaikan stok blanko KTP-e yang tersedia di Dinas Dukcapil masih tersisa 2.000 blanko, sehingga bagi masyarakat yang ingin mengurusnya dapat dilakukan segera.

Dia mengaku, sudah mengusulkan ke Dirjen untuk memberikan 20.000 blanko KTP-e kepada Kota Kupang, dan dalam waktu dekat ini akan ada staf yang berangkat ke Jakarta untuk mengambilnya.

“Minggu depan saya akan kirim staf untuk mengambil blanko KTP-e, kita upayakan agar tidak terjadi kekosongan. Supaya permintaan masyarakat terus dilayani dengan baik, maka sebelum blanko habis, bisa langsung diusulkan untuk ditambah lagi,” pungkas Agus Ririmase. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Tim Penyidik Kejati NTT Geledah Kantor BPN Provinsi NTT

Published

on

Tim penyidik Kejati NTT saat menggeledah Kanwil BPN Provinsi NTT, Senin (19/10/2020).
Continue Reading

HUKRIM

Diduga Aniaya Suami, IRT di Kupang Resmi Tersangka

Published

on

Kasat Reskrim Iptu Hasri Manasye Jaha, SH.
Continue Reading

UTAMA

Seorang Nelayan di Kupang Tewas Tenggelam

Published

on

Penemuan mayat nelayan di Pantai Kelapa Lima, Kota Kupang.
Continue Reading
loading...