Connect with us

UTAMA

Meriahkan HUT Kota Kupang, Pemkot Bakal Pecahkan Rekor Se’i Terpanjang

Published

on

Rapat membahas tentang rangkaian kegiatan menyambut HUT Kota Kupang berlangsung di ruang Garuda, Balai Kota Kupang, Senin (18/3).

Kupang, penatimor.com – Pemerintah Kota Kupang menggelar pertemuan dengan semua pimpinan OPD serta 11 Kepala Puskesmas di Kota Kupang, untuk membahas tentang rangkaian kegiatan menyambut HUT Kota Kupang.

Pertemuan di ruang rapat Garuda, Senin (18/3), dipimpin oleh Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man didampingi Kepala Bagian Kesra Setda Kota Kupang Rita Lay sebagai penanggungjawab acara.

Wakil Wali Kota mengatakan, karena HUT Kota Kupang berdekatan dengan pelaksanaan Pileg dan Pilpres juga pekan suci Paskah, maka kegiatan menyambut HUT Kota Kupang akan efektif pada tanggal 23 sampai 25 April saja.

Menurut Hermanus, rencana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang untuk memeriahkan HUT Kota Kupang dengan membagikan KTP-e kepada masyarakat juga harus meriah.

“Semua petugas dan staf harus menggunakan pakaian adat, masing-masing OPD agar mengarahkan stafnya secara baik. Pakaian adat juga sangat penting sebagai salah satu bentuk pameran budaya NTT, masing-masing orang mengenakan pakaian adat daerahnya,” katanya.

Orang nomor dua di Pemkot Kupang itu menjelaskan, semua pameran-pameran lainnya digabungkan dengan kegiatan pameran buku.

Gerakan masyarakat (Germas) juga dilibatkan, termasuk akan ada olahraga bersama masyarakat di arena Car Free Day.

“Selain itu akan ada demo atau simulasi pemadam kebakaran yang melibatkan masyarakat agar perayaan HUT Kota lebih meriah. Prinsipnya berbasis budaya dengan memakai pakaian adat,” katanya.

Selain itu, lanjut Hermanus, akan ada lomba tari, pameran produk dari UKM yang diakomodir oleh Dinas Koperasi, dengan memasang umbul-umbul HUT Kota Kupang serta menyiapkan moto atau tema untuk disebarluaskan ke pelaku-pelaku usaha, BUMN, BUMD, organisasi dan perusahaan yang bersifat memotivasi dan menggerakan masyarakat.

“Kegiatan ini juga harus melibatkan organisasi keagamaan termasuk saat pawai dan menampilkan ciri khas budaya masing-masing,” ujarnya.
Dinas Pendidiman juga akan menggelar lomba menari dan permainan tradisional antar SD dan SMP di Kota Kupang.

Sementara, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyiapkan pameran buku dan lomba pidato serta bercerita.

Dinas Ketahanan pangan bersana TP PKK Kota Kupang juga akan menyiapkan lomba pangan lokal.

Sementara, Dinas Pemuda dan Olahraga menyiapkan aksi bakti sosial pemuda, sosialisai bahaya narkoba bagi pemuda, pemberian penghargaan bagi insan dan penggerak olahraga.

Dinas Dukcapil mempersiapkan pembagian KTP-e sebanyak 15.372 yang pencetakannya dilakukan di Kemendagri beberapa waktu lalu, dengan tujuan semua warga kota sudah memiliki KTP-e saat HUT Kota KUpang nanti.

Dinas Koperasi menyiapkan pameran hasil UKM, TP PKK menyiapkan festival se’i terpanjang dengan membentuk kalimat HUT Kota Kupang dan mengundang Leprit.

Asisten II Setda Kota Kupang Elly Wairata, mengatakan, bagian Kesra dapat menginformasikan ke semua stakeholder untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Juga agar pada awal April nanti semua umbul-umbul menyambut HUT Kota sudah terpasang,” katanya.

Selain itu, akan ada pesta hiburan rakyat dan pesta kembang api. Semua kegiatan dikoordinasikan dengan bagian Kesra agar tidak tumpang tindih. Saat upacara semua staf PTT dan ASN wajib menggunakan pakaian adat. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Hasil Swab Reaktif Covid-19, 5 Calon Polisi Langsung Digugurkan

Published

on

Panitia penerimaan anggota Polri saat memberikan pengarahan sebelum proses pemeriksaan kesehatan tahap I.
Continue Reading

UTAMA

IJTI Provinsi NTT Bantu Jurnalis Televisi Terdampak Seroja di Kupang

Published

on

Ketua IJTI NTT Fabianus Benge ketika menyerahkan bantuan sembako pada jurnalis televisi di Kota Kupang.
Continue Reading

HUKRIM

Anita Gah Cek Data Beasiswa PIP di BRI, Surat Kuasa Tidak Sesuai Juknis

Published

on

Anggota DPR RI Komisi X Anita Jacoba Gah mengecek langsung data penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) pada BRI KCP Tenau, Kupang, NTT, Rabu (5/5/2021).
Continue Reading