Connect with us

POLKAM

Jalin Kerja Sama, Pemerintah India Tawarkan Kursus Singkat bagi Pemuda NTT

Published

on

Dok. Ist

Kupang, Penatimor.com – Pemerintah India menawarkan kerja sama berbagai bidang dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT).  Tawaran kerja sama ini difokuskan pada bidang bidang ekonomi, pendidikan dan pariwisata.

Konsulat Jenderal (Konjen) India di Bali, R.O. Sunil Babu sampaikan ini saat berkunjung ke NTT, Selasa (19/3/2019). Kunjungan Konjen Sunil diterima Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi di ruang kerjanya.

Konjen Sunil mengatakan, untuk kerja sama bidang pendidikan, Pemerintah India memberikan beasiswa kursus atau pelatihan singkat selama 6 minggu sampai dengan 6 bulan.

“Semua pembiayaan ditanggung oleh Pemerintah India mulai dari tiket, akomodasi, uang harian asuransi kesehatan dan pembiayaan lainnya,” ungkap Sunil.

Kursus singkat yang ditawarkan ini mencakup banyak bidang baik itu pertanian, pariwisata, bahasa inggris, jurnalisme, ekonomi, budaya, penanggulangan bencana dan juga pemerintahan.

“Kami mengajak para pemuda termasuk ASN untuk memanfaatkan kesempatan ini,” kata Sunil.

Menurut Sunil, kursus singkat ini akan berlangsung sepanjang tahun. Untuk pesertanya  berasal dari berbagai negara dengan kuota terbatas yakni 25 sampai dengan 30 orang untuk setiap jenis kursus.

“Peserta yang boleh mendaftar berusia sekurang-kurangnya 25 tahun dan maksimal 45 tahun. Karena kuotanya terbatas, harus cepat untuk mendaftar. Untuk informasi dan pendaftaran dapat dilihat di link http://www.itecgoi.in,” sebutnya.

Sunil juga mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan India ke Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Dari catatan Kedutaan Besar (Kedubes) dan Konjen India, sejauh ini India sudah menempati urutan ke-3 terbesar untuk jumlah kunjungan wisman ke Indonesia.

“Banyak wisatawan India khususnya kaum milenial yang mencari tempat wisata di Indonesia lewat internet. Kami berharap pemerintah provinsi dapat meningkatkan promosi tempat-tempat wisata baru di NTT lewat dunia maya. Kebanyakan orang India hanya kenal Komodo dan Labuan Bajo, padahal masih banyak tempat wisata menarik lainnya di NTT,” paparnya.

Wagub NTT, Josef Nae Soi menyambut positif dan mengapresiasi kunjungan Konjen India itu. Tawaran kursus singkat bagi para pemuda NTT tersebut sejalan juga dengan program yang dicanangkan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur untuk mengirimkan banyak pemuda belajar berbagai bidang keterampilan di luar negeri.

Pada kesempatan itu, Wagub Nae Soi juga menjelaskan, program unggulan pemerintah provinsi lima tahun ke depan yakni pariwisata sebagai prime mover.

“Kami menyambut baik tawaran dari pemerintah India. Kami meminta Pemerintah India dapat memfasilitasi para pemuda NTT untuk belajar pertanian, peternakan dan bidang lainnya di India. Kami juga berharap pihak konsulat untuk lebih mempromosikan NTT dan menarik banyak wisatawan India berkunjung ke NTT,” harap Nae Soi. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

EKONOMI

Fraksi Golkar DPRD NTT Minta Audit PT Flobamor, Sam Haning: Harus Sesuai Aturan!

Published

on

Komisaris Utama PT Flobamor, Dr Samuel Haning.
Continue Reading

HUKRIM

Amankan Demo Saat Pelantikan Pengurus Partai Demokrat NTT, Polda NTT Siagakan 525 Personel

Published

on

Aparat kepolisian saat mengamankan aksi demonstrasi simpatisan Jeriko di sela-sela pelantikan Badan Pengurus Partai Demokrat Provinsi NTT di Hotel Kristal Kupang, Jumat (11/3/2022) siang.
Continue Reading

POLKAM

Reni Un Resmi Keluar dari Ormas Bravo Lima NTT Pimpinan Jeriko

Published

on

Kader Partai Demokrat yang juga Ketua Fraksi Gabungan DPRD Provinsi NTT, Reni Marlina Un.
Continue Reading
error: Content is protected !!