Connect with us

UTAMA

IAD Pusat Bantu Korban Bencana di NTT

Published

on

Perwakilan pengurus IAD Wilayah NTT saat menyerahkan bantuan Ketua Umum IAD Pusat bagi korban bencana angin kencang di Kota Kupang dan diterima oleh Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore di kantor BPBD Kota Kupang, Kamis (14/3).

Kupang, penatimor.com – Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Pusat menyatakan kepedulian nya terhadap korban bencana alam di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bencana angin puting beliung terjadi di wilayah Kota Kupang, sementara banjir dan tanah longsor menimpah Kabupaten Manggarai Barat.

Ketua Umum IAD Pusat Ny. Ros Elyana Prasetyo pun turut prihatin dan peduli dengan kondisi para korban.

Melalui IAD Wilayah NTT, dia pun memberikan bantuan dengan harapan dapat meringankan beban penderitaan yang dialami korban bencana di dua wilayah ini.

Di Kota Kupang terjadi dua kali bencana angin puting beliung dan angin kencang disertai hujan lebat, dalam rentang waktu yang tidak begitu lama.

Bencana angin kencang terparah terjadi pada Minggu (10/3), yang mengakibatkan 527 rumah warga rusak dengan taksasi kerugiaan mencapai Rp 174 miliar.

Kamis (14/3), rombongan IAD NTT menyerahkan bantuan Ketua Umum IAD Pusat Ny. Ros Elyana Prasetyo.

Bantuan kepada para korban bencana diserahkan melalui Posko Komando Penanganan Darurat di kantor BPBD Kota Kupang.

Bantuan diserahkan oleh perwakilan pengurus IAD Wilayah NTT dan diterima langsung oleh Wali Kota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore, didampingi Penjabat Sekda Kota Kupang Yos Rera Beka, Plt. Kepala BPBD Kota Kupang Ade Manafe dan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang drg. Retnowati.

Wali Kota mengapresiasi dan berterima kasih atas kepedulian dari IAD Wilayah NTT yang berkenan membantu para korban bencana.

“Kita ucapkan terima kasih kepada korps kejaksaan, khususnya IAD Wilayah NTT yang punya empati untuk membantu saudara-saudara kami di Kota Kupang. Mereka menunjukan simpati dan empati yang luar biasa dan memberikan bantuan-bantuan. Kami hanya berharap agar apa yang mereka berikan ini bisa kita pakai sebaik-baik nya untuk masyarakat yang menjadi korban bencana,” kata Wali Kota.

Sementara itu, bantuan yang diberikan IAD Wilayah NTT berupa 15 Kg paku seng, 10 Kg paku 7 cm, 10 Kg paku 10 cm dan 200 lembar seng kaisko.

Bantuan lainnya adalah kayu balok 5/10 dengan panjang 4 meter sebanyak 100 batang.

Hari ini juga, IAD melakukan bakti sosial yang sama di Kabupaten Manggarai Barat yang dikoordinir oleh ketua dan pengurus IAD Daerah Manggarai Barat.

Ketua IAD Wilayah NTT Ny. Rugun Febrie Adriansyah, melalui salah satu pengurus, Ny. Nurcholis, mengatakan, terjadinya bencana di Manggarai Barat berupa longsor dan banjir serta angin puting beliung di Kota Kupang menimbulkan keprihatinan yang mendalam dari Ketua Umum IAD Pusat Ny. Ros Elyana Prasetyo.

“Sehingga beliau menunjukan kepeduliannya kepada korban bencana melalui IAD Wilayah dan IAD Daerah se- NTT untuk kami salurkan bersamaan harinya di Kota Kupang dan Manggarai Barat hari ini,” kata Ny. Nurcholis.

Ketua IAD Pusat, lanjut dia, juga mengirimkan bantuan dana kepada IAD Wilayah NTT untuk disalurkan ke Kota Kupang dan Kabupaten Manggarai Barat.

“Jadi penyaluran bantuan ini juga menjadi bagian program kerja IAD Wilayah NTT yang tanggap bencana,” imbuh nya.

Untuk Manggarai Barat, lanjut Ny. Nurcholis, IAD memberikan bantuan dalam bentuk bahan makanan serta pakaian, susu, pamper dan kebutuhan para pengungsi.

Terpantau, penyerahan bantuan dilakukan Ketua IAD Wilayah NTT Ny. Rugun Febrie Adriansyah diwakili oleh pengurus IAD NTT, masing-masing Ny. Nurcholis, Ny. John Unaraja, Ny. Alfons Lou Mau, Ny. Carlos de Fatima dan puluhan pengurus IAD Wilayah NTT.

Dari BPBD Kota Kupang, rombongan IAD Wilayah NTT langsung menuju rumah John Lamoli, salah satu petugas cleaning service di kantor Kejati NTT.

Di rumah John Lamoni yang beralamat di Kelurahan Sikumana itu, IAD NTT juga memberikan bantuan berupa bahan bangunan untuk pembangunan kembali rumahnya yang rusak.

Sebelumnya, IAD Wilayah NTT juga membantu korban bencana angin puting beliung di Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Bantuan diserahkan pada Selasa (5/3) pagi, berupa 190 paket sembako.

Tiap paket terdiri dari 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, 10 bungkus mie instan dan 1 kaleng besar sarden.

Bantuan tersebut diserahkan langsung ke posko penanganan bencana angin puting beliung.

Kegiatan penyerahan bantuan tersebut dipimpin Ketua IAD Wilayah NTT Ny. Rugun Febrie Adriansyah didampingi beberapa pengurus serta anggota nya.

Ikut bersama Kajari Kota Kupang Winarno, SH., para Asisten, Koordinator dan Kasi lingkup Kejati NTT.

Rombongan IAD Wilayah NTT diterima Camat Oebobo Bernadinus Mere dan Lurah Liliba Viktor Makoni.

Penyerahan bantuan secara simbolis juga dilakukan Ny. Rugun kepada Camat Oebobo, Lurah Liliba dan perwakilan korban bencana puting beliung.

Ny. Rugun pada kesempatan itu, mengatakan, pihaknya turut prihatin atas bencana puting beliung yang menimpah warga RT 26-27 Kelurahan Liliba dan sebagian warga Kelurahan Penfui.

“Kami menyatakan rasa kepedulian terhadap para korban, dan hari ini kami salurkan bantuan sembako. Semoga dapat membantu para korban,” ungkap istri Kejati NTT Dr. Febrie Adriansyah itu.

Dia menjelaskan, kegiatan bakti sosial tersebut sebagai bentuk kepedulian organisasi IAD Wilayah NTT terhadap masyarakat yang tertimpa bencana.

Selain itu juga melaksanakan program kerja yang telah digariskan oleh IAD Pusat yaitu tanggap bencana bidang sosial budaya, dimana segera menginfomasikan dan segera memberi bantuan kepada masyarakat yang tertimpa bencana.

“Kami prioritaskan tiap KK (kepala keluarga) mendapat 1 paket. Informasi yang kami terima ada 184 KK yang terkena bencana. Semoga bantuan kami bisa sedikit meringankan beban mereka yang sedang kesusahan dan juga kami berharap keberadaan organisasi IAD mendapat nilai positif di masyarakat dan dikenal,” pungkas Ny. Rugun. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Seorang Karyawati SPBU di Kupang Ditemukan Tak Bernyawa, Diduga Dibunuh

Published

on

Berdy Susanti Gabriel (30), karyawati salah satu SPBU di Kota Kupang ditemukan tidak bernyawa di pinggir jalan, Senin (26/10).
Continue Reading

HUKRIM

Jonas Salean ‘Bebas’

Published

on

Jonas Salean saat meninggalkan kantor Kejati NTT, Selasa (27/10/2020).
Continue Reading

HUKRIM

Kajati NTT jangan Campuradukkan Wewenang Administrasi Negara dan Wewenang Penuntutan Jaksa

Published

on

Petrus Salestinus (NET)
Continue Reading
loading...