Connect with us

UTAMA

BMKG Pastikan Informasi Badai di Kupang Hoax

Published

on

Logo BMKG

Kupang, penatimor.com – Pihak BMKG El Tari Kupang memastikan informasi yang beredar luas di masyarakat melalui media sosial dan lain nya yang menyebutkan bakal ada badai di Kota Kupang adalah tidak benar alias hoax.

Kepala Stasiun BMKG Kupang Bambang Setiajid, MT., , saat dikonfirmasi wartawan terkait informasi yang sangat mencemaskan warga Kota Kupang dan sekitarnya itu, menegaskan prakiraan kecepatan angin permukaan selama 7 hari ke depan rata-rata 3 – 15 knot.

“Kecepatan angin yang kami pantau lewat model, kecepatan angin di NTT rata-rata berkisar 3 – 15 knot,” kata Bambang.

Kembali dia memastikan informasi tersebut hoax, dan mengenai potensi angin kencang yang mencapai 45 knot.

“Video dan gambar yang beredar tersebut memang dari situs BMKG, merupakan salah 1 model angin. Namun, angin pada video dan gambar yang dipakai untuk berita hoax, ini adalah model angin di lapisan 850 mb (1500 meter) yang mana angin di atas pasti lebih kencang dari angin di permukaan,” jelas Bambang.

“Jadi sekali lagi informasi tersebut kami pastikan tidak benar. Dari pantauan model angin yang dipakai kami selama 1 minggu ke depan tidak ada peningkatan kecepatan angin. Untuk wilayah perairan NTT pun selama 1 minggu ke depan kecepatan angin berkisar 3 – 15 knot,” lanjut dia.

Sementara BMKG Kupang juga mengupdate peringatan dini cuaca NTT tanggal 13 Maret 2019 pukul 17.00 Wita masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 17.30 Wita di Sulamu, Amfoang Selatan, Amfoang Utara, Takari, Mollo Selatan, Fatuleu, Kupang Timur, Semau, Amanuban Selatan, Kota Kafamenanu, Miomafo Timur, Passabe, Oesilo, dan dapat meluas ke wilayah Amanuban Barat, Mollo Utara, dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 19. 00 Wita.

Sekadar tahu, sejak pagi beredar informasi melalui media sosial dan WhatsApp group bahwa bakal ada badai di Kota Kupang pada tanggal 17 Maret 2019 mendatang.

Informasi yang beredar demikian: “Kwan donk yg punya pohon bsar di dkat rumah tolng di tebang mulai…bsok…karna tggal 17 mulai badai….dan punck badai d tggal 18 n 19…brakir tggal 20…..tlong….karna anginx sampai 45 knts”. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Jonas Salean ‘Bebas’

Published

on

Jonas Salean saat meninggalkan kantor Kejati NTT, Selasa (27/10/2020).
Continue Reading

HUKRIM

Kajati NTT jangan Campuradukkan Wewenang Administrasi Negara dan Wewenang Penuntutan Jaksa

Published

on

Petrus Salestinus (NET)
Continue Reading

UTAMA

VIRAL! Video Seorang Pria di NTT Digantung Kepala di Bawah, Ibu Korban Minta Keadilan

Published

on

Seorang pria dihukum dengan cara digantung kepala di bawah.
Continue Reading
loading...