Connect with us

SOSBUD

Rayakan HUT Pattimura, IWASMA NTT Siapkan Pentas Budaya dan Baksos

Published

on

Pengurus IWASMA NTT pose bersama di kediaman Ketua Panitia Zetyo Ratuarat, Kamis (7/3).

Kupang, penatimor.com – Memperingati hari ulang tahun ke-202 pahlawan nasional asal Provinsi Maluku, Thomas Matulesi atau Pattimura, Ikatan Warga Asal Maluku (IWASMA) NTT akan menggelar aneka kegiatan sosial dan pentas seni budaya di Kota Kupang.

Ketua Panitia HUT 202 Pattimura IWASMA NTT, Zeyto Ratuarat mengatakan, rangkaian kegiatan sosial akan dilakukan IWASMA sebelum HUT Patimura yang jatuh pada tanggal 15 Mei mendatang.

Panitia sudah menyiapkan beberepa agenda kegiatan seperti donor darah, bakti sosial bersama pemerintah, baik itu dengan Pemerintah Provinsi NTT maupun Pemerintah Kota Kupang.

Sementara untuk acara puncak, IWASMA NTT berencana mengundang Gubernur Maluku untuk hadir dalam kegiatan acara puncak.

Tujuan diundangnya Gubernur Maluku adalah agar dapat turut berpartisipasi dan memeriahkan acara ini, sekaligus menjalin kerja sama yang baik dengan Pemerintah Provinsi NTT dan Kota Kupang.

“Gubernur Maluku harus melihat bahwa banyak juga warga asal Maluku yang merantau di Provinsi NTT serta menjadi pelaku-pelaku pembangunan di daerah ini,” katanya.

Zeyto Ratuarat menjelaskan, tujuan panitia menghadirkan Gubernur Maluku pada acara puncak perayaan HUT ke 202 Pattimura, untuk menunjukan bahwa warga asal Maluku yang berdomisili di NTT memiliki keakraban walaupun di daerah rantauan.

Selain itu kata Zetyo, Gubernur Maluku juga harus hadir menyaksikan kegiatan IWASMA NTT dan mengetahui budaya Provinsi NTT bersama masyarakatnya sehingga budaya NTT juga dapat dipromosikan dan saling mengenal budaya daerah masing-masing.

Zeyto mengaku, untuk kesuksesan kegiatan itu maka ia sangat mengharapkan kerja sama dan dukungan dari berbagai elemen warga IWASMA di NTT sehingga warga asli  NTT juga mengetahui bahwa ada IWASMA di NTT.

“Panitia telah bekerja sejak bulan Januari sampai saat ini, struktur kepanitian pun sudah terbentuk, dan kami sudah mulai bekerja dan mengajak semua warga Maluku yang ada di NTT untuk ikut bergabung,” katanya.

Sementara, Ketua IWASMA NTT Urbanus Mahoklory menjelaskan bahwa untuk memperingati HUT Patimura tahun 2019, Badan Pengurus IWASMA NTT telah melakukan pertemuan awal pada tanggal 5 Januari.

Pertemuan kedua pada tanggal 2 Februari dimana dalam pertemuan itu telah disepakati untuk membentuk panitia pelaksana.

Urbanus mengaku, sejak diberikan SK kepada panitia, maka panitia bertanggung jawab melaksanakan kegiatan pra sampai kegiatan puncak HUT Pattimura pada 15 Mei mendatang.

Dia menjelaskan, rangkaian kegiatan yang akan digelar yaitu, melakukan kunjungan ke sesepuh yang ada di Kota Kupang sebagai bentuk penghargaan kepada jasa mereka yang sudah membesarkan IWASMA NTT.

“Jika dihitung, maka jumlah IWASMA yang ada di NTT mencapai 10 ribu anggota, namun masih banyak yang belum terdaftar secara baik, karena itu kami harapkan semua keluarga besar dapat mengambil bagian dalam kegiatan ini,” ujarnya. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SOSBUD

Pameran Pembangunan di Kefamenanu Perketat Protokol Kesehatan

Published

on

Salah satu pengunjung pameran tampak mencuci tangan sebelum memasuki stan pameran.
Continue Reading

SOSBUD

Gubernur VBL: Lontar Pohon Kehidupan Masyarakat NTT

Published

on

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat
Continue Reading

SOSBUD

Keluarga Besar Lamaholot di Kupang Gelar Silaturahmi Tahun Baru 2020

Published

on

Ketua IKAL Dr. Kotan Y. Stefanus, S.H, M.Hum., dalam jumpa pers (30/1/2020) petang.
Continue Reading
loading...