Connect with us

NASIONAL

Hasto: Kesalahan Fatal Menyatakan Presiden Chief of Law Enforcement

Published

on

Foto: IST

Kupang, Penatimor.com – Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menilai Calon Presiden (Capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto bikin pernyataan blunder, yang mencerminkan karakter dasarnya bahwa menjadi Presiden itu sebagai chief of law enforcement.

“Pernyataan yang berbahaya. Presiden menentukan kebijakan politik hukum sebagai penjabaran fungsinya sebagai kepala pemerintahan. Presiden tidak boleh intervensi atas masalah hukum. Jadi apa yang disampaikan bahwa Presiden adalah Chief of Law Enforcement Officer adalah cermin bawah sadarnya untuk gunakan jabatan Presiden sebagai alat intervensi hukum,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini, Kamis (17/1/2019).

Atas pernyataan tersebut, Hasto menyatakan tidak heran mengapa Prabowo-Sandi terus melakukan kontrasting.

“Berbagai persoalan lapangan yang diangkat Sandi perlu dicek kebenaran sebagai real case atau bagian dari kemasan untuk menyerang Pak Jokowi,” ungkap Hasto.

Menurut Hasto, hal yang menarik dari debat tersebut adalah posisi Kyai Maruf Amin sebagai Cawapres yang memberikan dukungan sepenuhnya terhadap kebijakan Joko Widodo (Jokowi).

“Agresifnya Sandi sekedar menyampaikan pesan bahwa Sandi lebih proaktif. Namun dalam tata pemerintahan yang baik, apa yang ditampilkan Sandi dikhawatirkan akan menciptakan peluang konflik. Sebab konstitusi mengatakan Wapres itu membantu presiden. Dengan demikian posisi yang diambil Kyai Maruf sangatlah tepat, mendukung kebijakan Presiden,” paparnya.

Hasilnya, tambah Hasto, sekali bicara, pernyataan Kyai Maruf singkat namun menohok.

“Mengajak semua pihak membangun budaya menghormati kaum disabilitas. Ini menunjukkan kepiawaian dan kemampuan melihat solusi atas persoalan dan tidak hanya berorasi atau tebar janji,” tandasnya. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

NASIONAL

Seleksi Anggota KPI Pusat, Pansel: Kami Mencari Anak Bangsa yang Mampu Berinovasi di Sektor Penyiaran Indonesia

Published

on

Kantor Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat di Jakarta. (Foto: NET)
Continue Reading

NASIONAL

Semangat dan Kerja Keras, Dua Bekal Utama PIP Sampaikan Program Pemerintah ke Masyarakat

Published

on

Para pemateri dan peserta kegiatan Bimbingan Teknis PIP Rekrutmen 2022 Wilayah Papua Barat berpose bersama.
Continue Reading

NASIONAL

Jacki Uly Minta Negara Harus Hadir Mengayomi dan Melindungi Rakyat Papua

Published

on

Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilakukan oleh Komisi III DPR-RI pada Selasa, 22 Maret 2022, mendatangkan Amnesty Internasional Indonesia terkait pelanggaran HAM yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya, Papua.
Continue Reading
error: Content is protected !!