Connect with us

HUKRIM

Tersangka Korupsi, Jaksa Tahan Sekdis Kominfo Sabu Raijua

Published

on

Iwan Kurniawan

Kupang, penatimor.com – Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sabu Raijua (Sarai), melakukan penahanan terhadap Marianus Martinus Raja Thalo, selaku tersangka perkara dugaan tindak pidana korupsi.

Penahanan dilakukan penyidik Kejari Sarai pada Rabu (12/12).

Kasi Penkum dan Humas Kejati NTT Iwan Kurniawan yang dikonfirmasi wartawan di Kupang, membenarkan.

Dia mengatakan, sesuai laporan informasi yang diterima dari Kejari Sarai, menyebutkan tersangka diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam kegiatan pengadaan bibit ayam buras, pengadaan pakan, dan pengadaan vaksin di Kecamatan Hawu Mehara.

“Jadi kegiatan pengadaan ini juga di Desa Gurimonearu, Desa Daieko, Desa Molie, Desa Tanajawa, dan Desa Lobohede, yang bersumber dari dana pemberdayaan Kabupaten Sabu Raijua Tahun Anggaran 2014,” jelas Iwan Kurniawan.

Dijelaskan, akibat perbuatan tersangka, telah merugikan keuangan negara berdasarkan hasil penghitungan kerugian keuangan negara oleh BPKP Perwakilan Provinsi NTT sebesar Rp 309.875.000.

Iwan Kurniawan melanjutkan, tersangka menjabat Pelaksana Tugas/Sekretaris Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sabu Raijua dan juga Camat Hawu Mehara Tahun 2014.

“Tersangka ditahan selama 20 hari kedepan dengan jenis penahanan Rutan,” imbuh Iwan.

Perbuatan tersangka dinilai melanggar Primair Pasal 2 Ayat (1) Jo Pasal 18 Undang-Undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Subsidair Pasal 3 Jo Pasal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Tersangka akan diberangkatkan dari Sabu menuju Rutan Klas IIB Kupang di Kupang pada malam ini pukul 21.00 dengan pengawalan polisi,” pungkas Iwan Kurniawan. (R1)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HUKRIM

Adi Roma Sanda, Mantan Ajudan Aspidsus Kejati NTT Terpilih jadi Pasukan Perdamaian Dunia

Published

on

Brigpol Adi Roma Sanda berpose bersama Aspidsus Kejati NTT Ridwan Sujana Angsar, SH.,MH., di arena Car Free Day Jalan El Tari Kupang, Sabtu (20/4/2024) pagi.
Continue Reading

HUKRIM

Kades Napan-TTU Dihukum Ringan, Pengacara Apresiasi Putusan Hakim

Published

on

Penasehat Hukum Dominikus Boimau, SH., bersama terdakwa dan keluarga usai sidang putusan.
Continue Reading

HUKRIM

Toleransi dalam Pelukan Halal Bihalal: Kisah Inspiratif dari RT 40 Sikumana

Published

on

Warga RT 040 Sikumana berpose bersama dengan senyum yang merefleksikan kebahagiaan dan harmoni yang mereka rasakan.
Continue Reading