Connect with us

POLKAM

Gubernur Viktor Laiskodat Bakal Adakan Festival Rumah Bersih di Seluruh NTT

Published

on

Foto: IST

Kupang, Penatimor.com – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat menyatakan akan mengadakan festival rumah bersih di seluruh wilayah provinsi berbasis kepulauan itu.

Hal ini disampaikan Gubernur Viktor dalam sambutannya pada sidang paripurna istimewa dalam rangka HUT NTT ke-60 yang berlangsung di ruang sidang utama gedung DPRD NTT, Kamis (20/12/2018).

Gubernur mengatakan, mengingat ketertinggalan provinsi NTT terlampau jauh maka berdasarkan visi “NTT Bangkit, NTT Sejahtera” pemerintah mendesain 5 misi pembangunan NTT, dan misi yang pertama adalah pembangunan pariwisata, sebagai penggerak utama pembangunan ekonomi NTT.

“Satu-satunya provinsi yang menetapkan prime mover ekonomi pada sektor pariwisata adalah Provinsi Bali. Harusnya kalau waktu itu kita bersama-sama, mungkin kita akan terbang sama-sama seperti hari ini,” katanya.

Viktor mengemukakan, untuk pertama kalinya provinsi NTT meletakkan sektor pariwisata sebagai kunci pembangunan NTT. Hal ini, menurut Viktor, sesungguhnya sejalan dengan kecenderungan ekonomi global dan nasional, di mana pariwisata telah menjadi penyumbang signifikan dalam produk domestik bruto, pendapatan per kapita dan penciptaan lapangan kerja.

Pembangunan pariwisata ke depan, lanjutnya, selain mempromosikan dan meningkatkan kapasitas destinasi yang telah ada, akan dibangun pula destinasi-destinasi baru yang berstandar dunia demi terwujudnya pariwisata sebagai basis ekonomi NTT.

“Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk kerja sama pengawasan Taman Nasional Komodo. Komodo harus menjadi milik rakyat NTT seutuhnya, dan kita harus bertanggungjawab melestarikannya, dan mengambil manfaat ekonomi yang pantas,” ujarnya.

“Kami mengusulkan agar setiap wisatawan mancanegara yang datang ke Taman Nasional Komodo yang cantik dan unik itu, harus membayar harga yang layak. Kita harus siap menjadi provinsi pariwisata, karena pembangunan pariwisata yang kita lakukan terutama berbasis pada masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur mengajak semua komponen masyarakat untuk terus belajar memperlihatkan perilaku yang bersahabat dan profesional dalam melayani para wisatawan mancanegara dan nusantara. Terutama, peningkatan kesadaran lingkungan dengan disiplin mengelola sampah, karena dengan itu akan menjadi budaya bersih.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo pada kesempatan yang sama mengatakan, memperingati Hari Ulang Tahun secara filosofis mengandung 2 (dua) makna. Pertama, bermakna introspektif, artinya peringatan Hari Ulang Tahun patut dijadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri.

“Kedua, bermakna prospektif artinya melalui perayaan Hari Ulang Tahun, kita berupaya medesain atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian,” katanya.

Keberhasilan pembangunan di daerah pada saat ini dan juga dimasa mendatang banyak ditentukan oleh berbagai persyaratan, terutama oleh kemampuan untuk dapat mengoptimalkan sumber-sumber daya serta untuk mengeliminasikan timbulnya keterbatasan dan hambatan-hambatan yang ada.

“Dalam dua tahun terakhir, ekonomi NTT berhasil tumbuh di atas rata-rata nasional pada kisaran 5 persen,” sebutnya.

Dia menambahkan, dalam rangka mewujudkan visi pembangunan Indonesia yaitu “Terwujudnya Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”, pihaknya berharap Pemerintah Provinsi NTT mampu menyelesaikan beberapa agenda prioritas yang tertera dalam Nawa Cita yaitu “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia”.

“Pemerintah telah berupaya mempercepat pembangunan daerah termasuk di dalamnya daerah pinggiran, kawasan tertinggal, kawasan timur Indonesia, kawasan pedesaan, kawasan marginal, perkotaan dan wilayah strategis lainnya,” tandasnya. (R2)

Advertisement


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POLKAM

Pidato Radio Gubernur NTT pada HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia

Published

on

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT, Josep Nai Soi.
Continue Reading

POLKAM

Pemkot Tak Hadiri RDP, DPRD Perjuangkan Nasib 80 PTT yang Dirumahkan

Published

on

Anggota Komisi I DPRD Kota Kupang saat bersama 80 PTT dalam agenda RDP.
Continue Reading

PILKADA

Ikrar PSU Sabu Raijua Aman, Damai dan Sehat, Bupati: ASN dan Penyelenggara Harus Netral

Published

on

Kegiatan ikrar bersama berlangsung di Aula Pemda Kabupaten Sabu Raijua, Sabtu (3/7/2021).
Continue Reading
error: Content is protected !!